10 Manfaat Mengkonsumsi Daun Suruhan

26 October 2022
10 Manfaat Mengkonsumsi Daun Suruhan
BY Awal Mula

Bagi sebagian orang, mungkin hampir tidak mengenal tumbuhan bernama Daun Suruhan. Bahkan, tidak sedikit yang menganggap Daun Suruhan sebagai tanaman pengganggu atau gulma. Terkadang, nama Daun Suruhan bisa berbeda-beda di tiap daerah sehingga kamu bisa definisikan tanaman ini sesuai tempat tinggal.

Pada dasarnya, daun suruhan juga dikenal sebagai daun tumpangan air karena selalu tumbuh di persawahan atau media tanam yang cukup lembab. Walaupun dianggap sebagai tanaman pengganggu, Daun Suruhan ini ternyata memiliki banyak manfaatnya.

Untuk mengetahui apa saja manfaat mengkonsumsi Daun Suruhan, simak ulasanya di bawah ini.

1. Dapat mengatasi Pegal Linu

Manfaat pertama mengkonsumsi Daun Suruhan ini adalah dapat mengatasi pegal linu. Kamu yang sering mengalami masalah pegal linu dapat memanfaatkan khasiat dari daun suruhan tersebut.

Bahkan, mengkonsumsi Daun Suruhan ini dipercaya dapat mengembalikan stamina dan menaikan energi kita. Oleh sebab itu, sebagian orang sudah menganggap tanaman ini sebagai obat herbal.

2. Obat Anti Radang

Manfaat daun suruhan lainnya adalah sebagai obat anti radang yang menyebabkan hal-hal seperti demam, batuk, pilek, sakit kepala, hingga radang sendi. Bahkan, di dalam penelitian Journal of Ethnopharmacology, ekstrak daun suruhan ini dapat menunjukan anti inflamasi dan juga analgesic.

Aktivitas sebagai anti inflamasi ini sering dikaitkan dengan gangguan sintesis prostaglandin. Di dalam penelitian lain yang dilakukan pada kelinci, ekstrak daun suruhan ini dapat menunjukan aktivitas antipiretik. Hal itu menunjukan bahwa kandungan ekstrak daun suruhan setara dengan aspirin standar.

3. Pencegah Penyakit Jantung

Kandungan di dalam daun suruhan ini dipercaya mempunyai peran penting untuk mencegah terjadinya penyakit kronis, khususnya kanker dan jantung. Bahkan, daun suruhan ini diketahui memiliki sumber antioksidan yang sangat tinggi.

Kandungan antioksidan yang ada di dalam daun suruhan dapat mencegah penumpukan kolesterol jahat (LDL) di dalam pembuluh darah. Sekadar info, ketika kamu menumpuk banyak kolesterol jahat, maka dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi. Hal itulah yang berkembang menjadi penyakit kainnya seperti serangan jantung, hingga stroke.

4. Dapat Menurunkan Risiko Diabetes

Di dalam sebuah studi menunjukan bahwa daun suruhan dapat menurunkan kadar gula darah. Khasiat satu ini sangat berguna jika kamu menderita penyakit diabetes.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa daun suruhan mampu menunjukan penurunan jumlah kolesterol jahat (LDL) dan dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL). Walaupun dianggap dapat menurunkan risiko diabetes, namun hal ini masih perlu dikaji lagi lebih lanjut.

5. Dapat Mengobati Sakit Kepala

Di dalam daun suruhan dapat kamu manfaatkan sebagai obat sakit kepala secara alami. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun suruhan, maka dipercaya sebagai obat herbal sakit kepala atau sering disebut dengan migrain.

Jika kamu sering mengalami sakit kepala atau migrain, maka bisa minum air rebusan daun suruhan secara berkala. Selain itu, Daun suruhan juga dapat menyembuhkan vertigo secara alami.

6. Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi daun suruhan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, khasiat tersebut sebenarnya sudah diketahui sejak lama. Biasanya masyarakat lokal meracik daun suruhan tersebut menjadi rebusan dan meminumnya sebagai penguat imun.

Hal tersebut didukung karena kandungan antioksidan di dalam daun suruhan cukup tinggi. Sebagaimana diketahui bahwa antioksidan ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Kandungan tersebut sangat bagus untuk membunuh bakteri dan kuman di dalam tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

7. Dapat Merawat Ginjal

Kandungan alami di dalam daun suruhan ternyata sangat baik untuk ginjal. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun suruhan secara teratur maka dapat merawat kesehatan ginjal kita.

Hal tersebut menjadikan daun suruhan sebagai obat herbal untuk ginjal. Pastikan kamu selalu minum air rebusan daun suruhan yang baru dimasak.

8. Mengurangi Asam Urat di dalam Darah

Pada sebuah studi terkontrol melibatkan tikus, ekstrak dari daun suruhan, dan pemantauan kadar asam urat. Hasilnya, tikus yang diberi ekstrak daun suruhan menunjukan penurunan kadar asam urat dalam darah sebesar 44 persen.

Hal tersebut menunjukan bahwa manfaat daun suruhan bisa sebagai pengontrol kadar asam urat di dalam darah. Dengan begitu, ekstrak daun suruhan ini bisa sebagai alternatif pengobatan alami asam urat.

9. Percepat Penyembuhan Tulang Retak

Manfaat lainnya dari daun suruhan ini adalah mempercepat penyembuhan tulang retak. Bahkan, manfaat daun suruhan pada kesehatan ini sangat ampuh untuk menyembuhkan tulang yang patah lebih cepat.

Dari studi dan penelitian tersebut, telah terbukti daun suruhan ini bekerja secara efektif pada tubuh. Bahkan, hal itu sering dikaitkan dengan kandungan mineral yang ada di dalam daun suruhan tersebut.

10. Dapat Melindungi Lambung

Khasiat Daun Suruhan yang terakhir adalah dapat melindungi lambung dari sakit maag. Sebuah studi mengemukakan bahwa ekstrak dari daun suruhan menunjukan perlindungan penting dari kerusakan mukosa lambung atau lapisan selaput lendir lambung.

Hal tersebut membuat daun suruhan bisa menjadi obat alami untuk penderita maag. Meskipun begitu, khasiat ini perlu diteliti lebih lanjut.

Demikian 10 manfaat mengkonsumsi daun suruhan untuk tubuh kita. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Baca Juga: