Rutin Minum Teh Daun Kelor, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan Kamu

16 August 2022
Rutin Minum Teh Daun Kelor, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan Kamu
BY Awal Mula

Minum teh daun kelor merupakan salah satu cara mengonsumsi daun kelor yang cepat untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Daun kelor sudah terkenal sejak dulu sebagai bahan herbal yang digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Manfaat Minum Teh Daun Kelor Secara Rutin

Buat Kamu pecinta kesehatan, teh daun kelon ini wajib menjadi salah satu minuman yang perlu Kamu masukkan ke dalam daftar minuman herbal yang menyehatkan. Pasalnya, teh daun kelor dipercaya mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti halnya berikut ini:

1. Melawan Radikal Bebas

Teh daun kelor kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan ini mempunyai peranan untuk melawan radikal bebas pada tubuh. Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi bisa menyebabkan stres oksidatif, yang erat kaitannya dengan penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Baca Juga: Manfaat Teh Hitam Untuk Diet

Salah satu jenis antioksidan, yakni quercetin ini termasuk antioksidan kuat yang membantu menurunkan tekanan darah. Serta asam klorogenat, yang membantu dalam menurunkan kadar gula darah setelah mengonsumsi makanan.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Gula darah yang tinggi biasanya menjadi masalah kesehatan yang serius. Sebab, hal tersebut merupakan gejala utama dari diabetes. Seiring berjalannya waktu, tingginya kadar gula darah akan meningkatkan resiko berbagai masalah kesehatan serius, termasuk penyakit jantung.

Baca Juga: Makanan Olahan dari Sorgum, Pengganti Nasi Penurun Gula Darah

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kadar gula darah dalam batas aman. Untungnya, Kamu bisa menurunkan kadar gula darah dengan mengkonsumsi teh daun kelor secara rutin. Sebab, berdasarkan hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh daun kelor bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah.

3. Mengurangi Peradangan di dalam Tubuh

Peradangan merupakan respon alami tubuh ketika ada infeksi maupun cedera. Dimana peradangan ini adalah mekanisme perlindungan yang sangat penting. Namun, akan menjadi masalah bagi kesehatan jika terjadi dalam jangka waktu yang lama. Faktanya, peradangan yang berkelanjutan erat kaitannya dengan berbagai masalah kesehatan kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Manfaat Air Rebusan Cengkeh Untuk Kesehatan

Untuk bisa meredakan peradangan tersebut, Kamu bisa mengkonsumsi buah, sayur dan rempah-rempah, yang sebagian besar mengandung senyawa anti-inflamasi. Namun, keefektifannya tergantung pada jumlah senyawa anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya.

Berdasarkan hasil penelitian dari Bioorganic and Medicinal Chemistry, menjelaskan bahwa senyawa isothiocyanate, yang banyak ditemukan pada daun kelor ampuh untuk melawan peradangan.

4. Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi sering dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Untungnya, saat ini ada banyak makanan nabati yang efektif untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Air Rebusan Nanas Untuk Kesehatan

Termasuk daun kelor. Dimana hasil penelitian menjelaskan bahwa teh daun kelor mempunyai efek menjanjikan untuk menurunkan kadar kolesterol.

5. Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi teh daun kelor secara rutin akan melancarkan metabolisme, menyeimbangkan kadar gula darah, memicu pembakaran kalori dan juga meningkatkan energi. Semua kemampuan tersebut tentunya akan membantu dalam proses penurunan berat badan Kamu.

6. Mempercepat Proses Penyembuhan

Kandungan vitamin C pada daun kelor ternyata juga berguna untuk mempercepat proses penyembuhan. Sebab, mempunyai kemampuan untuk membantu pembentukan sel baru pada tubuh. Selain itu, vitamin C akan memicu produksi kolagen dan mempercepat pembekuan darah.

Kandungan Teh Daun Kelor

Secara umum, teh daun kelor dibuat dengan mengeringkan daun kelor. Kemudian menyeduhnya dengan air panas. Selain itu, saat ini juga ada banyak sekali produk ekstrak daun kelor dalam bentuk bubuk, yang nantinya bisa Kamu seduh menjadi teh daun kelor.

Sebagai tanaman herbal yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut ini berbagai kandungan yang ditemukan dalam daun kelor:

  • Vitamin A,
  • Vitamin B1,
  • Vitamin B2,
  • Vitamin B3,
  • Folat,
  • Kalsium,
  • Potasium,
  • Seng,
  • Magnesium,
  • Fosfor,
  • Tembaga.

Waktu Terbaik Minum Teh Kelor

Meskipun mempunyai segudang manfaat untuk tubuh, mengkonsumsinya secara sembarangan akan mengurangi keefektifan manfaat dari teh daun kelor. Oleh sebab itu, Kamu perlu tahu waktu-waktu terbaik untuk minum teh daun kelor, guna memaksimalkan manfaatnya.

1. Pagi Hari

Mayoritas orang lebih suka memulai pagi dengan meminum secangkir kopi untuk memicu adrenalinnya. Namun, buat Kamu yang lebih menyukai teh, teh daun kelor bisa menjadi alternatif karena bisa melancarkan metabolisme tubuh.

2. Setelah Makan

Mengkonsumsi teh daun kelor setelah makan bisa menjadi langkah yang tepat buat Kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan. Pasalnya, teh daun kelor mempunyai senyawa yang bisa melancarkan metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak.

3. Siang Hari

Siang hari merupakan waktu yang berbahaya bagi pekerja kantoran, sebab produktivitas akan menurun lantaran kantuk menyerang. Nah, untuk mengatasi hal ini minum secangkir teh daun kelor bisa menjadi alternatif karena teh ini akan membantu meningkatkan energi.

Teh daun kelor adalah salah satu minuman herbal yang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Mulai dari mencegah radikal bebas, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, hingga menurunkan berat badan.

Meski demikian, mengkonsumsi teh daun kelor haruslah di waktu yang tepat. Sebab hal ini dapat memaksimalkan manfaat dari teh daun kelor untuk kesehatan tubuh. Selain itu, menerapkan gaya hidup sehat juga akan memaksimalkan efeknya.

Cara Membuat Teh Daun Kelor Sendiri

Meski sudah banyak beredar ekstrak daun kelor yang bisa diseduh untuk dijadikan teh. Ternyata membuat teh daun kelor sendiri sangatlah mudah. Dimana Kamu hanya memerlukan daun kelor, perasan air lemon, madu dan air panas saja.

Lantas bagaimana cara membuatnya? Berikutnya langkah-langkah membuat teh daun kelor sendiri:

  • Ambil 3-4 batang daun kelor, usahakan pilih daun yang sudah tua.
  • Keringkan daun kelor secara alami dengan menjemurnya di tempat teduh. Bisa juga dengan menggunakan alat pengering makanan.
  • Haluskan daun dan batang kelor yang sudah kering menggunakan blender.
  • Tuang bubuk daun kelor ke dalam gelas dan tambahkan air panas secukupnya.
  • Tunggu hingga berubah warna. Kemudian tambahkan perasan lemon dan madu untuk memperkaya rasanya.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat dari teh daun kelor serta waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya. Semoga bisa menjadi panduan bagi Kamu yang ingin mendapatkan manfaat dari teh daun kelor.