Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Kulit

15 June 2022
Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Kulit
BY Awal Mula

Kemiri banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia terutama bijinya sebagai bumbu dapur. Selain biji kemiri, minyaknya juga ternyata memiliki segudang manfaat. Selain manfaat minyak kemiri untuk rambut, berikut beberapa khasiat lain dari minyak kemiri untuk kesehatan dan kecantikan.

Ragam Kandungan dan Khasiat Minyak Kemiri

Nah, inilah beberapa khasiat minyak kemiri untuk rambut dan kulit yang perlu Anda ketahui.

Memelihara Kesehatan Kulit

Minyak kemiri mungkin lebih populer sebagai salah satu produk perawatan rambut. Ternyata minyak kemiri juga bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut beberapa khasiat minyak kemiri untuk merawat kecantikan kulit dengan penggunaan teratur.

Melembapkan Kulit

Minyak kemiri ternyata bisa digunakan untuk menjaga kulit tetap lembap. Kandungan vitaminnya dapat menutrisi kulit dan mencegah kulit kering. Asam strearat dan antioksidan pada minyak kemiri membantu menjaga kelembapan sehingga kulit lebih sehat.

Menyamarkan Kerutan di Kulit Wajah

Minyak kemiri mengandung antioksidan alami yang bagus untuk meningkatkan produksi kolagen. Membantu mengatasi kerutan terutama di area bawah mata atau yang biasa disebut crow’s feet. Kandungan minyak esensial pada minyak kemiri juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah lebih segar dan sehat.

Baca Juga: 6 Manfaat Vitamin Rambut dan Cara Memakainya

Melindungi Kulit dari Efek Sinar UV

Paparan sinar ultraviolet yang berlebih dapat merusak jaringan kulit dari waktu ke waktu. Butuh antioksidan untuk memperbaiki dan melindungi kulit dari bahaya sinar UV tersebut. Salah satu antioksidan alami ada pada minyak kemiri yang dapat melindungi kulit dari sinar uv, membantu regenerasi kulit, dan menjaga kesehatan kulit.

Membuat Kulit Lebih Bercahaya

Kandungan antioksidan dan vitamin pada minyak kemiri dapat melindungi kulit hingga ke sel-sel terdalam. Kulit tampak lebih segar dan bercahaya karena kandungan minyak kemiri yang membantu proses regenerasi kulit. Tidak hanya manfaat minyak kemiri untuk rambut, mengoleskan minyak kemiri juga bisa membuat kulit terasa lebih lembut.

Baca Juga: Awas Salah!, Kenali Perbedaan Hair Tonic dan Hair Serum

Mengatasi Penyakit Kulit

Minyak kemiri memiliki sifat antibakteri untuk mengatasi jerawat, meredakan peradangan kulit, dan mencegah infeksi kulit. Kandungan asam linoleate dan asam alfa linolenat pada minyak kemiri berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit kulit seperti kulit terbakar sinar matahari, kulit pecah-pecah, dan eksem.

Menyembuhkan Kulit Terbakar

Luka kulit seperti kulit terbakar, pembengkakan, atau radang dapat disembuhkan dengan minyak kemiri. Minyak yang mengandung asam linoleate dan asam alfa linoleate dapat diserap kulit dan memperbaiki kerusakan kulit. Kandungan senyawa pada minyak kemiri juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan menyembuhkan luka bakar di kulit.

Menjaga Kesehatan Rambut

Minyak kemiri sering digunakan untuk merawat rambut anak-anak. Kandungan asam amino dan asam lemak esensial dalam minyak kemiri memang bagus untuk kesehatan rambut. Anda bisa memperoleh beragam khasiat dari minyak kemiri seperti berikut.

Baca Juga: Tips Cara Memakai Master Rambut

Melembapkan Kulit Kepala

Kandungan tanin pada minyak kemiri berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Penggunaan minyak kemiri dapat membuat kulit kepala lebih bersih dan sehat. Selain itu, asam linoleat yang ada pada minyak kemiri juga berfungsi sebagai anti radang untuk mengatasi permasalahan kulit kepala berketombe.

Membuat Rambut Berkilau

Bagi Anda yang memiliki permasalahan rambut kering, minyak kemiri dapat digunakan untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Asam amino di dalam minyak kemiri dapat menembus kulit kepala dan membuat rambut lebih sehat dan lembap. Kandungan asam linolenic pada minyak kemiri juga bagus untuk rambut sehat berkilau.

Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Penggunaan minyak kemiri untuk rambut sudah sering dilakukan untuk membantu mempercepat pertumbuhan helai rambut. Minyak kemiri dipercaya dapat menutrisi kulit kepala untuk mencegah kebotakan. Asam linoleate minyak kemiri juga bagus untuk menutrisi rambut dan membuatnya lebih kuat.

Mengatasi Psoriasis

Psoriasis merupakan masalah kesehatan kulit kepala dengan gejala seperti gatal, kulit bersisik, dan rambut rontok. Peradangan dan rasa gatal pada kulit kepala ini dapat diatasi dengan menjaga kelembapan kulit kepala. Minyak kemiri dapat menjadi pelembap alami untuk meringankan peradangan akibat psoriasis dan menutrisi kulit kepala agar lebih sehat.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain manfaat minyak kemiri untuk rambut, manfaat lainnya dari minyak kemiri adalah membantu menjaga daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas. Tubuh lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit akibat penyebaran virus atau bakteri seperti flu.

Memelihara Kesehatan Jantung

Mengandung senyawa baik yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Kandungan kalium pada kemiri juga dapat memberikan efek relaksasi pada dinding pembuluh darah. Aliran darah menjadi lebih lancar sehingga kinerja jantung pun lebih ringan.

Mencegah kanker

Kandungan tanin pada kemiri dapat menjadi imunostimulan yang berfungsi untuk meningkatkan sekresi tumor. Senyawa anti kanker pada minyak kemiri berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker. Selain anti kanker, rempah ini juga berfungsi sebagai antiproliferative yang dapat menginduksi apoptosis.

Itulah beberapa manfaat minyak kemiri untuk rambut dan kulit serta kesehatan. Biasanya minyak kemiri diperoleh dengan cara menghaluskan biji kemiri dan membiarkan beberapa hari hingga minyaknya terpisah. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa membeli minyak kemiri berkualitas di beli minyak kemiri murah untuk menikmati beragam khasiatnya.