7 Manfaat Oatmeal untuk Diet dan Kesehatan yang Penting Diketahui

24 March 2022
7 Manfaat Oatmeal untuk Diet dan Kesehatan yang Penting Diketahui
BY Awal Mula

Avena sativa atau Oatmeal merupakan gandum bebas gluten yang mengandung sumber vitamin, serat, mineral, dan antioksidan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Oatmeal sering dijadikan makanan diet untuk bantu turunkan berat badan. Namun tidak hanya itu, manfaat oatmeal bagi kesehatan juga sangat beragam. Yuk, simak pembahasan lengkapnya di artikel ini!

Manfaat Oatmeal

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi oatmeal yang bisa Kawan Mula dapatkan ketika mengkonsumsinya:

Mengontrol Berat Badan

Konsumsi oatmeal dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, mengkonsumsi oatmeal dapat membantu mengontrol atau menurunkan berat badan seseorang. 

Bagi orang yang menjalani diet untuk turunkan berat badan, makanan satu ini dapat menjadi alternatif karbohidrat yang baik. Biasanya karbohidrat sering dihindari oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan, padahal konsumsi karbohidrat saat diet sangatlah penting.

Melindungi Kesehatan Jantung dan Usus

Sebagai salah satu jenis gandum, oatmeal mengandung avenanthramides atau sumber antioksidan yang hanya ada di dalam gandum. Kandungan tersebut telah terbukti dapat berguna sebagai anti-inflamasi dan memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit seperti jantung koroner, iritasi kulit, dan kanker usus besar. Tidak hanya itu, oatmeal juga memainkan peran penting dalam mengendalikan tekanan darah.

Baca Juga: 8 Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung Kamu

Mengandung Vitamin & Mineral

Manfaat oatmeal yang kedua adalah kaya akan sumber vitamin dan mineral, sehingga baik dijadikan sebagai makanan saat jalani diet. Beberapa kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya, yaitu:

  • Selenium: Berperan sebagai antioksidan yang penting untuk berbagai proses dalam tubuh. Jika tingkat selenium dalam tubuh rendah, hal ini dapat meningkatkan risiko gangguan fungsi kekebalan tubuh, mental, bahkan risiko kematian dini. 
  • Fosfor: kandungan ini berguna untuk memelihara jaringan dan kesehatan tulang.
  • Zat besi: dapat berperan sebagai komponen hemoglobin, yaitu protein yang berperan penting untuk membawa oksigen ke dalam darah.
  • Magnesium: memiliki peran penting dalam berbagai proses dalam tubuh.
  • Zinc: mineral ini sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Rekomendasi 17 Cemilan Sehat Rendah Kalori Untuk Diet

Turunkan Tekanan Darah

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi oat memiliki efektivitas yang sama dengan minum obat anti-hipertensi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bagi Kawan Mula yang ingin mengontrol tekanan darah, bisa menjadikan oatmeal sebagai pilihan makanan sehat yang dapat bantu turunkan tekanan darah.

Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Oatmeal sangat baik dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit diabetes tipe 2 karena dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, oatmeal juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Efek tersebut berkaitan dengan kemampuan beta-glukan yang dapat membantu penyerapan glukosa ke dalam darah.

Menurunkan Kolesterol

Penyakit jantung merupakan salah satu faktor penyebab utama kematian yang terjadi secara global. Hal yang dapat memicu penyakit jantung adalah kolesterol darah yang tinggi. Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, Kawan Mula dapat mengkonsumsi oatmeal. 

Berdasarkan banyak penelitian, kandungan serat beta-glukan yang terkandung dalam oatmeal dapat secara efektif membantu mengurangi kadar kolesterol total. Dengan adanya beta-glucan, hal ini dapat membantu meningkatkan ekskresi empedu yang kaya kolesterol, sehingga membantu mengurangi kadar kolesterol yang bersirkulasi di dalam darah. 

Membantu Meringankan Sembelit

Orang lanjut usia biasanya sering mengalami konstipasi, dengan buang air besar secara tidak teratur atau jarang. Selain mengonsumsi obat pencahar untuk meredakan sembelit, Kawan Mula juga dapat menambahkan asupan oatmeal. 

Berdasarkan hasil studi pada oat menunjukkan bahwa lapisan luar yang kaya akan serat dapat membantu meringankan masalah sembelit pada orangtua. Apabila kamu susah buang air besar atau memiliki masalah sembelit, Kawan Mula dapat mencoba untuk menambahkan asupan oatmeal.

Itulah beberapa manfaat oatmeal yang bisa Kawan Mula dapatkan ketika mengkonsumsinya. Apabila kamu tertarik untuk mencobanya, Kawan Mula bisa mendapatkannya di awalmula.co.id. 

Awal Mula memiliki berbagai jenis oat yang bisa dipesan sesuai kebutuhan saat menjalani diet sehat. Diantaranya yaitu Instant Oatmeal varian  Cookies 'n Cream, Cereal Oats Mix Fruits yang di dalamnya juga mengandung chia seeds, biji bunga matahari, dan biji labu, serta oatmeal dengan rasa coklat. Yuk, pesan dan dapatkan oatmeal di Awal Mula untuk dukung diet dan pola makan sehat.