Puasa Bikin Malas Olahraga? Yuk, Kenali 5 Manfaat Olahraga saat Puasa Ini!

21 March 2022
Puasa Bikin Malas Olahraga? Yuk, Kenali 5 Manfaat Olahraga saat Puasa Ini!
BY Awal Mula

Menjalani puasa bukan berarti Kawan Mula tidak berolahraga. Justru olahraga merupakan aktivitas yang penting dan perlu dilakukan saat menjalani berpuasa. Hal ini dikarenakan puasa memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Di artikel ini akan dibahas beberapa manfaat olahraga saat puasa. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Manfaat Olahraga Saat Puasa Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat olahraga saat puasa yang perlu kamu ketahui:

1. Memperlancar Metabolisme Tubuh

Puasa bukan alasan untuk kamu tidak olahraga, sebab berolahraga dapat menjaga metabolisme tubuh tetap berjalan lancar. Metabolisme tubuh manusia akan bekerja secara maksimal apabila kamu sering bergerak. Dengan berolahraga tubuh juga akan terus fit meski sedang puasa. Jika tubuh dibiarkan begitu saja atau jarang bergerak, yang ada lemak di tubuh akan semakin menumpuk. 

2. Menghilangkan Rasa Kantuk dan Malas

Tubuh mudah merasa lelah dan mengantuk ketika berpuasa. Apabila hal itu terjadi, konsentrasi dan aktivitas akan terganggu. Untuk mencegah hal itu, Kawan Mula bisa rutin olahraga agar tubuh terbebas dari rasa kantuk dan malas. Dengan berolahraga lemak di tubuh juga dapat berubah menjadi glukosa, yang kemudian dapat mengusir rasa kantuk dan lelah.

Baca Juga: Puasa Tapi Tetep Diet? Bisa! Ini 7 Cara Tetap Diet Saat Puasa

3. Melancarkan Pencernaan Tubuh

Selain melancarkan metabolisme tubuh, olahraga juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Ketika kamu berpuasa, sistem pencernaan tubuh beristirahat akibat tidak ada asupan makanan atau minuman yang masuk. Namun dengan olahraga sirkulasi darah yang terdapat di tubuh akan berjalan lancar. Tidak hanya itu saja, kelenjar getah bening juga akan meningkat sehingga proses detoksifikasi akan berjalan baik selama puasa di bulan Ramadan.

4. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Punya masalah dengan berat badan atau ingin mempertahankan berat badan tetap ideal? Berolahraga dapat menjadi salah satu cara untuk mempertahankan berat badan tetap ideal atau bahkan menurunkannya. Menjalani puasa bukan berarti berat badan seseorang akan turun. 

Justru banyak orang yang berat badannya bertambah selama puasa. Mengapa hal itu terjadi? Hal itu dikarenakan kebiasaan makan saat sahur dan buka puasa dalam jumlah banyak, sedangkan aktivitas tubuh berkurang. 

Baca Juga: Wajib Dicoba! Minuman Segar Rendah Gula Ennak Untuk Buka Puasa

Karena hal itu, lemak di tubuh menumpuk dan menyebabkan kegemukan atau obesitas. Oleh karena itu, olahraga saat puasa menjadi hal yang penting dilakukan demi mengimbangi antara konsumsi makanan dan aktivitas tubuh.

5. Mencegah Risiko Penyakit Diabetes

Umumnya orang mengonsumsi makanan yang manis seperti es buah, kolak, dan makanan manis lainya. Makanan seperti itu tentunya bisa meningkatkan kadar gula darah seseorang menjadi tinggi. Hal tersebut terjadi karena terlalu banyak asupan gula atau glukosa. Dengan rutin olahraga selama puasa, Kawan Mula bisa membantu meningkatkan insulin untuk mencegah penyakit diabetes.

Kapan Waktu Terbaik Olahraga Saat Puasa?

Setelah mengetahui manfaat olahraga saat puasa, mungkin Kawan Mula bertanya-tanya, “lantas kapan waktu terbaik untuk berolahraga ketika puasa?”

Ada tiga waktu yang bisa kamu lakukan untuk olahraga selama bulan puasa. Waktu terbaik untuk olahraga dapat dilakukan sebelum buka puasa, setelah buka puasa, dan setelah sahur. 

  1. Sebelum buka puasa

Jika kamu memilih sebelum buka puasa, lakukan olahraga sesaat sebelum Kawan Mula berbuka puasa. Selain membantu menurunkan berat badan, kamu bisa makan setelah buka puasa untuk menambah energi yang hilang. Oleh karena itu, olahraga sebelum buka dapat menjadi pilihan yang tepat. 

  1. Setelah buka puasa

Selain sebelum puasa, kamu juga bisa melakukannya setelah berbuka puasa. Apabila memilih setelah buka puasa, pastikan untuk melakukannya dua sampai tiga jam setelah kamu berbuka. Hal ini untuk memastikan tubuh mencerna makanan dengan baik agar kamu bisa mendapatkan energi lagi.

  1. Setelah sahur

Apabila sebelum buka puasa dan setelah buka puasa kamu tidak bisa berolahraga, kamu bisa lakukan olahraga setelah sahur. Pada saat itu, tubuh kamu telah mendapatkan energi sehingga bisa berolahraga. Kawan Mula cukup melakukan hal ini dengan intensitas ringan, namun rutin agar mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Nah, itulah pembahasan mengenai manfaat olahraga saat puasa bagi kesehatan hingga waktu terbaik untuk olahraga. Setelah mengetahuinya, tidak ada alasan lagi untuk Kawan Mula bermalas-malasan dalam berolahraga selama puasa. Selain itu, Kawan Mula perlu bijak dalam memilih jenis olahraga supaya tidak mengakibatkan dehidrasi dan kelelahan. Dengan begitu, puasa tetap berjalan lancar.

Kawan Mula bisa memilih olahraga yang ringan seperti bersepeda, berjalan, dan jogging. Sebaiknya hindari olahraga dengan intensitas yang tinggi agar tidak cepat lelah, karena tubuh mungkin belum mampu untuk melakukannya.

Selain itu, Kawan Mula juga perlu mengatur asupan makanan selama berpuasa. Coba perbanyak konsumsi protein dan karbohidrat untuk mendapatkan energi yang cukup. Tidak hanya itu, perbanyak konsumsi air saat malam hari untuk mencegah dehidrasi.