Inilah Manfaat Psyllium Husk Untuk Kesehatan

18 November 2022
Inilah Manfaat Psyllium Husk Untuk Kesehatan
BY Awal Mula
manfaat psyllium husk

Apa kamu tahu tanaman bernama Psyllium Husk? Mungkin hampir sebagian orang kurang mengenal jenis tanaman yang satu ini. Meskipun begitu, khasiat yang diberikan pada tubuh sangat banyak. Oleh sebab itu, banyak orang juga yang mengincar tanaman ini.

Pada dasarnya, Psyllium Husk merupakan sekam atau kulit biji yang berasal dari biji Plantago Ovata atau sering disebut juga dengan ispaghula. Bahkan, tanaman itu dikenal juga memiliki sifat laksatif dan memiliki kandungan seperti Kalori, Serat larut air, Kalsium, Natrium, hingga Zat Besi.

Manfaat Psyllium Husk Untuk Kesehatan

Saat kamu mengkonsumsi Psyllium Husk, maka ada beberapa manfaat pada tubuh sebagai berikut.

1. Mengatasi Sembelit dan Diare

Manfaat pertama saat menggunakan Psyllium Husk adalah dapat mengatasi sembelit dan juga diare. Sekam Psyllium kerap ditemukan pada obat pencahar alami untuk dapat mengatasi susah BAB. Ketika serat larut dikonsumsi, maka serat ini akan menyerap air dan membentuk gel di dalam usus. Jel tersebut membuat tekstur feses melunak sehingga sangat mudah dikeluarkan dengan lancar.

Selain itu, gel pada serat larut air ini bisa mengentalkan atau memadatkan feses. Ketika feses dalam keadaan padat, maka bisa mempercepat gerakan sisa makanan di dalam usus. Hal itu membuat kotoran pun keluar dengan cepat.

2. Dapat Mengendalikan Gula Darah

Khasiat dari Psyllium Husk ternyata bisa mengendalikan gula darah atau mampu mengatasi diabetes. Hal tersebut dapat diketahui dalam studi yang diterbitkan pada sebuah jurnal The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2015 lalu.

Dengan mengonsumsi sekam biji Psyllium sebelum makan, dapat mengurangi kadar gula darah puasa pada diabetes sebanyak 37 mg/dl. Hal itu dikarenakan Psyllium mengandung serat larut air. Serat juga merupakan salah satu jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh.  Apalagi serat tidak dipecah menjadi gula di dalam tubuh sehingga konsumsi Psyllium tidak mempengaruhi kadar gula darah.

3. Dapat menyeimbangkan Bakteri Baik di Dalam Usus

Pada dasarnya, jenis serat larut air pada Psyllium Husk bersifat prebiotik. Artinya, dapat menjaga kehidupan bakteri baik di dalam usus. Jel yang terbentuk dari serat larut air ini akan dipecah oleh bakteri atau mikrobiota usus dan menghasilkan zat senyawa asam lemak rantai pendek.

Senyawa itulah yang memberikan tenaga pada bakteri baik agar tetap hidup didalam usus. Mikrobiota usus yang sembang dapat membantu dalam menurunkan risiko peradangan dan juga menjaga sistem kekebalan tubuh kita.

4. Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengkonsumsi Psyllium Husk juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Hal itu diperkuat pada studi dalam jurnal Plos One di tahun 2012. Di dalam jurnal tersebut, ditemukan bahwa konsumsi 6 gram Psyllium Husk perhari selama enam minggu mampu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat sebanyak enam persen.

Untuk cara kerjanya, jel kental yang terbentuk dari serat larut air akan mengikat lemak dan asam empedu yang mengandung kolesterol. Nantinya, asam empedu tersebut akan dikeluarkan dari tubuh melalui feses. Dengan begitu, kolesterol tidak dilepaskan ke pembuluh darah sehingga kadarnya pun berkurang.

5. Dapat Mengontrol Berat Badan

Manfaat Psyllium Husk selanjutnya adalah dapat mengontrol berat badan. Sebuah studi juga menemukan bahwa konsumsi sekam biji Psyllium Husk sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar. Bahkan, bisa juga menurunkan hasrat ingin makan diantara waktu makan.

Pada kasus ini, Psyllium Husk yang dikonsumsi akan membentuk senyawa kental. Senyawa tersebut mampu memperlambat pengosongan perut sehingga perasaan kenyang akan lebih lama. Dengan begitu, keinginan untuk makan berlebihan juga bisa berkurang.

Pada kondisi tersebut, maka asupan kalori bisa dikendalikan. Perlu kamu ketahui, bahwa asupan kalori yang lebih besar dari kalori yang digunakan untuk aktivitas bisa menyebabkan bertambahnya berat badan.

Demikian berbagai manfaat Psyllium Husk untuk kesehatan kita. Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa kulit biji Psyllium ini hanya berguna untuk asupan tambahan harian saja. Artinya, asupan ini tidak bisa menggantikan obat-obatan. Maka dari itu, ada baiknya kamu konsultasikan ke dokter mengenai hal ini.

Artikel Terkait Lainnya: