Kenali Manfaat Serum Rambut dan Cara Menggunakannya

19 May 2022
Kenali Manfaat Serum Rambut dan Cara Menggunakannya
BY Awal Mula

Punya masalah rambut kering, mengembang, dan kusut dapat menjadi hal yang menyebalkan. Apalagi rambut merupakan mahkota yang perlu dijaga dan dirawat. Selain penggunaan shampo dan kondisioner, Kawan Mula mungkin perlu mempertimbangkan penggunaan serum rambut.

Dengan menggunakan serum rambut, maka rambut kamu akan ternutrisi dan tampak lebih sehat, serta masalah rambut yang kamu alami bisa diatasi. Selain itu, serum untuk rambut juga punya manfaat lainnya. Apa saja manfaat serum rambut? Lalu bagaimana cara menggunakan serum rambut dengan tepat? Yuk, simak terus pembahasan di artikel ini!

Apa itu Serum Rambut?

Serum rambut adalah produk penata rambut (styling product) yang dapat melapisi permukaan rambut dan biasanya terbuat dari bahan dasar silikon. 

Serum rambut memiliki berbagai jenis yang dibuat berdasarkan tujuan rambut seseorang. Misalnya, serum rambut untuk menambah kilau, melindungi dari kerusakan, hingga meluruskan rambut. 

Manfaat Serum Rambut

1. Mengatasi Rambut Kusut

Silikon yang terdapat pada serum rambut bisa membantu mengatasi rambut kusut, dengan cara menambah beban pada setiap helaian rambut yang lemak. Selain itu, silikon juga dapat melapisi rambut yang kering dan rusak.

Baca Juga: Kriteria Makanan Sehat yang Baik Untuk Tubuhmu

2. Menghaluskan Rambut

Serum rambut mengandung bahan anti-kusut yang bisa menjadikan rambut terasa lebih halus. Hal tersebut juga terjadi karena adanya lapisan silikon yang dapat menciptakan tampilan rambut yang halus.

3. Memberikan Efek Kilau Pada Rambut

Ketika rambut kamu terasa halus, maka rambut cenderung tampak lebih berkilau atau bersinar. Hal ini dapat terjadi karena beberapa kandungan silikon yang terdapat pada serum rambut dapat membantu memantulkan cahaya dan meningkatkan tampilan kilau rambut secara keseluruhan.

Baca Juga: Manfaat Virgin Coconut Oil Untuk Kecantikan

Mengenali Jenis Serum rambut

Setiap orang memiliki jenis rambut dan permasalahan rambut yang berbeda-beda. Begitu juga dengan formula serum rambut yang tidak dibuat sama. Oleh karena itu, mengenali jenis serum sesuai dengan jenis rambut dan tujuannya sangatlah penting.

Baca Juga: Cara Memakai Masker Rambut

Untuk membantu Kawan Mula dalam memilih serum rambut, berikut ini kami merangkum beberapa jenis serum rambut yang bisa kamu pertimbangkan:

Serum Rambut untuk Melembutkan

Cobalah serum rambut yang bertujuan untuk mengkilaukan rambut, memiliki efek anti-kusut, dan menghindari rambut. Serum rambut yang memiliki tujuan tersebut dapat membantu meningkatkan kilau rambut, memastikan rambut tetap lembut dan sehat, serta melindungi dari permasalahan rambut keriting.

Baca Juga: Jangan Salah! Ini Perbedaan Hair Tonic dengan Hair Serum

Serum Warna Rambut Yang Lebih Hidup

Untuk tujuan satu ini, kamu bisa mencoba serum rambut yang dapat memberikan perlindungan pada warna rambut dan kilau rambut. Serum rambut seperti itu dapat membantu mengunci warna rambut. Dengan begitu rambut tidak mudah kusam, memudar, dan muncul tanda-tanda rambut rusak lainnya.

Serum Rambut Untuk Rambut Ikal

Punya jenis rambut ikal? Cobalah serum rambut yang dibuat untuk rambut keriting dan menghidrasi. Jenis serum rambut seperti itu dapat menjaga rambut ikal tetap lembap sekaligus melembutkan rambut.

Serum Untuk Rambut Sehat dan Kuat

Jika tujuan penggunaan serum rambut adalah untuk memperkuat dan memperbaiki ujung rambut yang bercabang, maka kamu perlu mencari serum rambut yang memiliki formula untuk memperkuat, menutrisi, sekaligus meningkatkan kesehatan rambut dari dalam ke luar. Dengan begitu, dapat mencegah terjadinya kerusakan, kerontokan, dan ujung rambut yang bercabang.

Cara Pakai Serum Rambut

Langkah-langkah penggunaan serum rambut yang tepat sebagai berikut:

  1. Gunakan serum rambut sesuai dengan masalah dan jenis rambut kamu.
  2. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan serum rambut pada rambut lembap atau setengah kering.
  3. Pastikan rambut sudah dalam kondisi bersih.
  4. Tambahkan 1 hingga 2 tetes serum rambut ke telapak tangan. 
  5. Gosok serum di antara kedua tangan selama 5 detik.
  6. Lalu oleskan ke rambut dari ujung hingga ke tengah helai rambut. Cobalah untuk meratakan serum dengan tangan. 
  7. Hindari mengoleskan serum ke akar rambut atau menggunakan secara berlebihan karena dapat menyebabkan rambut terlihat berminyak.
  8. Oleskan serum secara lembut pada rambut. Hindari menarik rambut karena dapat menyebabkan rambut rusak.
  9. Setelah selesai mengoleskan serum, jangan dibilas dengan air.
  10. Gunakan sisir yang bergigi jarang demi mendistribusikan serum secara merata dari tengah ke ujung rambut.
  11. Kemudian atur rambut seperti biasa.
  12. Jika perlu, kamu bisa menggunakan serum sepanjang hari untuk touch up rambut kamu.

Nah, itulah cara menggunakan serum rambut yang bisa kamu coba dan manfaat serum rambut yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakannya. Selain perawatan rambut menggunakan serum rambut, kamu juga bisa menggunakan produk perawatan rambut lainnya seperti Varesse Hair Tonic Concentrate.