5 Manfaat Sunscreen dalam Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

4 August 2022
5 Manfaat Sunscreen dalam Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV
BY Awal Mula

Paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit bisa berakibat fatal, karena ada radiasi sinar ultraviolet yang mampu merusak jaringan kulit. Apalagi di Indonesia yang memiliki iklim tropis, dimana matahari bersinar setiap hari. Karena itu manfaat sunscreen dibutuhkan untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan terjaga.

Sunscreen sendiri bakal melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan membentuk lapisan khusus pada kulit. Lapisan tersebut dibentuk dari senyawa kimia yang mampu mengurangi risiko radiasi sinar UV terhadap kulit. Biasanya produk ini bisa ditemukan dalam bentuk lotion, gel, foam, dan lain sebagainya.

Selain itu, penggunaan sunscreen disarankan setiap dua jam sekali. Hal ini berkaitan dengan efektivitas sunscreen yang semakin menurun seiring dengan lamanya penggunaan, banyaknya gerakan, dan juga sentuhan fisik yang membuat lapisan sunscreen hilang.

Manfaat sunscreen Bila Digunakan Secara Rutin

1. Melindungi Kulit Agar tidak Terbakar oleh Radiasi Sinar UV

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa sunscreen memiliki fungsi dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV. Sedangkan sinar UV yang berbahaya adalah jenis sinar UV A dan UV B. Kedua gelombang cahaya dari sinar ultraviolet ini memiliki risiko masing-masing terhadap kulit.

Baca Juga: Cara Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

Sinar UV A memiliki risiko yang sangat besar terhadap kerusakan kulit. Karena sinar inilah yang mampu menembus awan, air, kaca, bahkan bisa masuk ke sela-sela jendela. Radiasi dari sinar ini akan memicu kerusakan kulit, hingga membuat kulit terbakar, sinar UV A ini juga yang menjadi pemicu penuaan dini.

Sedangkan sinar UV B memiliki risiko yang lebih kecil. Secara karakteristik, sinar ini tidak bisa menembus awan, air, kaca, dan tidak memantul melalui celah-celah pintu atau jendela. Sinar ini tidak sekuat sinar UV A, hanya saja juga mampu membuat kulit terlihat kusam, jika mengenai kulit secara langsung.

Baca Juga: Perbedaan Purging dan Breakout

Itulah mengapa disarankan untuk menggunakan sunscreen setiap hari. Meski tidak keluar rumah, tetap saja ada risiko terkena radiasi dari sinar UV A yang bisa saja memantul dari celah-celah pintu maupun jendela.

2. Mampu Memperkuat Lapisan Pelindung Kulit (Skin Barrier)

Meski sinar UV B tidak sekuat sinar UV A, namun ternyata sinar UV B ini mampu masuk ke jaringan kulit paling dalam dan merusak skin barrier. Lapisan pelindung kulit ini sangat penting dalam melindung kulit, terutama kulit wajah. Jika wajah terkena langsung paparan sinar ini, tentunya akan menimbulkan kerusakan pada jaringan kulit.

Baca Juga: 5 Manfaat Tea Tree Untuk Wajah

Beberapa gejala yang ditimbulkan dari rusaknya skin barrier ini seperti timbulnya jerawat, kulit menjadi lebih sensitif, kemerahan, dan lain sebagainya. Berbagai masalah kulit ini tentunya membuat kulit akan tampak tidak menarik.

Rusaknya jaringan pelindung kulit ini bisa diatasi dengan penggunaan sunscreen secara rutin. Perlindungan maksimal bisa dilakukan dengan menggunakannya secara rutin. Terutama ketika memiliki aktivitas di luar ruangan.

3. Mencegah Munculnya Flek Hitam pada Kulit

Salah satu akibat terkenanya paparan sinar UV secara langsung adalah munculnya flek hitam pada kulit. Flek hitam ini biasanya berbentuk bintik-bintik berwarna abu-abu hingga hitam. Nah, bagaimanakah munculnya flek hitam ini?

Sebenarnya kulit memiliki tabir surya yang secara alami melindungi kulit dari sinar UV. Tabir surya ini dibuat oleh komponen yang bernama melanosit. Komponen ini bereaksi melepaskan melanin akibat adanya paparan sinar UV yang mengenai langsung kulit.

Melanin inilah yang berfungsi sebagai tabir surya alami. Hanya saja radiasi sinar UV yang terlalu besar akan membuat produksi melanin terlalu besar, sehingga membuat warnanya menjadi kehitaman, dan membentuk flek hitam tersebut.

Adanya sunscreen ini akan mencegah terjadinya flek hitam ini. Sehingga tidak terjadi produksi melanin yang berlebihan tersebut.

4. Menjaga Kulit Tetap Kenyal dan Mencegah Penuaan Dini

Lagi-lagi sinar UV sangat berisiko terhadap kesehatan kulit. Apalagi jika terkena paparan sinar matahari secara langsung, bisa berakibat fatal pada kekenyalan kulit. Kulit bisa mengendur, terbentuk kerutan, dan berbagai gejala penuaan dini lainnya.

Proses penuaan dini ini terjadi akibat sinar UV yang bisa merusak kolagen. Dimana kolagen inilah yang memegang peran dalam menjaga kekenyalan kulit, kelembaban kulit, dan menjaganya tetap sehat.

Bahkan tidak hanya kolagen saja, struktur sel kulit juga bisa rusak akibat radiasi sinar UV ini. Kulit akan mengalami dehidrasi, stres oksidatif, bahkan merusak struktur DNA. Dengan rusaknya struktur DNA ini, sel kulit tidak akan beregenerasi dengan normal kembali.

Lebih fatalnya lagi, kerusakan struktur DNA pada kulit ini juga bisa membentuk risiko kanker kulit. Tentunya hal ini tidak diinginkan oleh siapapun, karena pastinya akan berdampak pada penampilan.

Penggunaan sunscreen ini akan mengurangi semua risiko yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari yang mampu merusak kulit ini. Mulai dari melindungi kolagen yang akan menjaga sel kulit tetap kenyal, sehingga kulit akan selalu tampak selalu muda.

5. Mencegah Munculnya Jerawat dan Komedo

Produksi minyak pada kulit juga bisa meningkat akibat paparan sinar matahari ini. Produksi minyak yang berlebih ini tentunya akan membuat timbulnya jerawat, bahkan hingga komedo di area hidung. Tentunya hal ini akan mengganggu penampilan, bukan?

Nah, itulah manfaat sunscreen yang sangat baik dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV. Gunakan sunscreen secara rutin setiap dua jam sekali, agar perlindungan semakin maksimal