11 Manfaat Konsumsi Susu Kurma Selama Jalani Puasa

2 March 2022
11 Manfaat Konsumsi Susu Kurma Selama Jalani Puasa
BY Awal Mula

Kurma merupakan salah satu buah yang sering dijumpai saat bulan puasa. Selain karena rasanya yang manis, buah ini juga kaya akan nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Buah ini juga sering diolah menjadi susu kurma. Lalu, apa sajakah manfaat susu kurma? Simak penjelasan lengkap mengenai manfaat susu kurma di artikel ini!

Manfaat Susu Kurma bagi Kesehatan Selama Puasa

Berikut ini beberapa manfaat dari susu kurma yang bisa Kawan Mula rasakan:

Sumber Antioksidan

Buah kurma memiliki sumber antioksidan yang berguna untuk mengurangi risiko penyakit. Hal ini dikarenakan antioksidan dapat melindungi sel tubuh dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit dan reaksi berbahaya dalam tubuh. Jika dibandingkan dengan jenis buah yang sama seperti plum kering, kurma memiliki kandungan antioksidan tertinggi. Tiga sumber antioksidan yang paling kuat dalam kurma, yaitu flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik.

Mendukung Berat Badan

Memiliki berat badan yang tepat dengan usia anak merupakan tugas orang tua. Oleh karena itu, orang tua suka melakukan berbagai cara agar anak mendapatkan berat badan yang sesuai usia. Salah satu cara yang mudah dan alami adalah memberikan susu kurma. Dengan minum susu kurma, berat badan anak bisa bertambah.

Meredakan Nyeri Sendiri

Seperti yang sudah kita ketahui, susu memiliki sumber kalsium yang baik. Namun dengan tambahan kurma, maka manfaat susu dapat berlipat ganda. Karena dengan minum susu kurma, hal ini dapat membantu meredakan rasa nyeri pada sendi dengan membangun kepadatan tulang. Jika Kawan Mula sering merasakan nyeri pada sendi, konsumsi susu kurma dapat menjadi alternatif untuk meredakan rasa nyerinya.

Baca Juga: Tips Diet Saat Bulan Puasa, Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

Menambah Fungsi Penglihatan

Susu kurma memiliki sumber vitamin A dan B yang cukup tinggi. Oleh karena itu, susu kurma dapat membantu meningkatkan fungsi penglihatan sekaligus mengurangi risiko terjadi kebutaan. Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga bisa membantu menjaga kelembapan pada mata.

Meredakan Stres

Minum susu kurma dinilai mampu mengurangi stres sekaligus memberikan perasaan rileks. Tidak hanya itu, susu satu ini juga dapat memberikan nutrisi makanan yang diperlukan tubuh. 

Mengobati Anemia

Zat besi merupakan salah satu dari sekian banyak sumber nutrisi yang terdapat di kurma. Seperti yang kita tahu bahwa zat besi sendiri memiliki manfaat yang dapat membantu mempercepat suplai darah ke tubuh. Bagi penderita anemia, segelas susu kurma hangat dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit anemia.

Memulihkan Alergi

Alergi dapat menjadi hal yang mengganggu karena menyebabkan rasa tidak nyaman. Selain konsumsi obat alergi, salah satu alternatif yang bisa meredakan alergi adalah susu kurma. Hal ini dikarenakan susu dengan kurma memiliki sifat antimikroba. Jika Kawan Mula punya masalah alergi, cobalah untuk buat resep susu kurma.

Meningkatkan Kekuatan Otot

Susu dan kurma mengandung protein yang tinggi. Perlu Kawan Mula ketahui, protein sendiri merupakan nutrisi yang berguna bagi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, susu kurma dapat membantu meningkatkan kekuatan otot. Selain itu, susu kurma juga dapat mendukung kepadatan tulang yang lebih tinggi.

Sumber Serat untuk Pencernaan

Mendapatkan serat yang cukup sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Untuk mendapatkan sumber serat yang cukup, Kawan Mula dapat menambahkan susu kurma ke dalam menu makanan sehari-hari. Selain memenuhi kebutuhan serat, mengkonsumsi kurma juga berguna untuk kesehatan pencernaan karena dapat mencegah sembelit dan bisa buang air besar secara teratur.

Meningkatkan Kekuatan Memori

Susu kurma dapat menjadi salah satu minuman yang baik dalam membantu meningkatkan daya ingat seseorang. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B6 yang bisa membantu meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Susu kurma dianggap mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya itu, susu kurma juga dapat berperan sebagai agen antibakteri, antijamur, dan antivirus.  Namun, apakah susu kurma efektif dalam menjaga imun tubuh tetap kuat dan sehat selama puasa? Tentu saja bisa. Namun, untuk merasakan manfaat tersebut, kamu perlu mengombinasikan dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti perbanyak konsumsi buah dan sayuran, rutin olahraga, dan lainnya.

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Susu Kurma?

Ketika Kawan Mula menjalani diet, mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu memiliki waktu terbaiknya masing-masing. Untuk konsumsi susu kurma, waktu terbaiknya adalah pagi hari. Dengan mengkonsumsi susu kurma di pagi hari, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan seperti memberi tubuh lebih banyak energi untuk menjalani hari dan menghilangkan cacingan. Oleh karena itu, Kawan Mula bisa mencobanya ketika sarapan di pagi hari.

Manfaat susu kurma untuk kesehatan sangat beragam. Untuk itu, kamu bisa menjadikan minuman satu ini sebagai menu saat berbuka puasa atau sahur. Dengan begitu, kamu bisa merasakan banyak manfaat kesehatan selama puasa.