Ini 5 Manfaat Tea Tree untuk Wajah

23 June 2022
Ini 5 Manfaat Tea Tree untuk Wajah
BY Awal Mula

Beberapa waktu terakhir, tea tree menjadi salah satu produk perawatan kulit wajah yang makin populer. Hal itu tidak lepas dari banyaknya manfaat pada bahan ini, terutama bagi kulit wajah. Bagi yang belum tahu, tea tree adalah minyak alami yang terbuat dari pohon teh.

Pohon teh yang dipakai pada tea tree bukanlah pohon teh yang biasa dijadikan minuman teh hijau atau teh hitam. Adapun pohon yang dipakai adalah pohon teh dari Australia yang 100 tahun terakhir dipakai sebagai minyak anti inflamasi. Selain dijadikan minyak tea tree, pohon tersebut juga sering diolah sebagai produk rumah tangga.

Lalu, apa saja sih manfaat tea tree untuk wajah?

1. Meredakan Jerawat

Ini adalah manfaat tea tree yang paling banyak diketahui orang-orang saat ini. Kemampuan tea tree dalam meredakan jerawat sama dengan zat benzoil peroksida yang ada pada obat jerawat.

2. Meredakan Iritasi di Wajah

Selain jerawat, iritasi juga bisa diredakan lewat pemakaian tea tree. Menurut beberapa sumber, tea tree bisa meredakan iritasi sampai 40 persen. Hal itu membuat khasiat minyak ini lebih baik dari beberapa obat kulit di pasaran.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Hair Tonic dan Hair Vitamin

3. Mengurangi Kadar Minyak Berlebih di Wajah

Kawan Mula yang memiliki wajah berminyak cocok memakai tea tree. Pasalnya, minyak tersebut bisa membantu mengecilkan pori-pori di wajah, sehingga kadar minyak berlebih di wajah pun berkurang. Manfaat ini bisa dirasakan jika Kawan Mula memakai tea tree secara rutin.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Perbedaan Micellar Water dan Toner

4. Sebagai Antiseptik Pada Luka di Wajah

Jika Kawan Mula memiliki luka di wajah, Kawan Mula bisa menyembuhkannya lewat tea tree. Kandungan terpinen-4-ol di dalamnya bisa mempercepat penyembuhan luka di wajah sekaligus mencegah infeksi. Bakteri, virus, dan jamur di wajah pun bisa dihilangkan lewat pemakaian tea tree.

Baca Juga: Ini Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kulit

5. Membuat Kulit Lebih Cerah

Karena mampu meredakan iritasi dan jerawat serta mengurangi kadar minyak berlebih, tea tree pun secara tidak langsung akan membuat kulit wajah lebih cerah. Wajah Kawan Mula pun akan lebih halus jika rutin memakai tea tree.

Cara Memakai Tea Tree untuk Wajah

Supaya bisa mendapatkan kelima manfaat tea tree untuk wajah, Kawan Mula harus bisa memakai minyak tersebut dengan baik. Adapun beberapa cara itu adalah:

1. Diteteskan ke Cotton Bud

Cara pertama ini cocok dilakukan pada kulit wajah berjerawat atau kemerahan. Untuk melakukannya, Kawan Mula harus meneteskan tea tree ke ujung cotton bud. Habis itu, oleskan ke area wajah yang berjerawat atau kemerahan, lalu biarkan selama beberapa jam atau bahkan semalaman. Jika berhasil, jerawat pada wajah pun akan mengempis atau warna wajahnya tidak akan kemerahan lagi.

2. Dicampur ke Dalam Masker Wajah atau Teteskan ke Tangan

Kalau yang satu ini cocok dilakukan untuk Kawan Mula yang mau melakukan perawatan wajah. Untuk yang ingin mencampurkannya ke dalam masker wajah, Kawan Mula bisa melakukannya sebelum masker ditempelkan di wajah. 

Hal itu juga berlaku jika Kawan Mula ingin meneteskannya langsung ke tangan. Khusus cara ini, pastikan tangan Kawan Mula betul-betul bersih sebelum melakukannya. Jika cara ini dilakukan dengan rutin, wajah Kawan Mula bisa lebih lembab dan terawat.

Efek Samping Pemakaian Tea Tree untuk Wajah

Walaupun memiliki manfaat untuk wajah, tea tree rupanya punya beberapa efek samping. Kawan Mula harus mengetahuinya sebelum nanti menggunakan tea tree di wajah. Lalu, apa saja efek samping dari minyak teh tersebut?

1. Menimbulkan Reaksi Negatif Pada Kulit Wajah Sensitif

Kawan Mula yang punya kulit wajah sensitif harus agak hati-hati dalam memakai tea tree. Sebab, minyak teh itu bisa menimbulkan reaksi negatif saat pertama kali dipakai. Mulai dari rasa gatal, kering, dan kulit terasa seperti terbakar.

Jika sejumlah reaksi negatif itu muncul, Kawan Mula bisa menghentikan penggunaan tea tree untuk sementara waktu. Setelah itu, Kawan Mula bisa memakainya lagi setelah beberapa hari.

2. Menimbulkan Ruam di Sekujur Tubuh

Efek samping ini muncul jika Kawan Mula sengaja meminum tea tree, apalagi dalam jumlah banyak. Selain menimbulkan ruam, tea tree yang diminum akan membuat Kawan Mula pusing bahkan menimbulkan koma.

3. Berpotensi Mengganggu Hormon Pria

Dalam sebuah penelitian, disebutkan kalau tea tree sangat tidak dianjurkan dipakai oleh pria. Sebab, hal tersebut bisa membuat hormon pria terganggu. Salah satu efek terganggunya hormon pria adalah pertumbuhan payudara secara abnormal.

Manfaat Lain dari Tea Tree

Selain untuk kulit wajah, tea tree juga punya manfaat lain untuk tubuh bahkan untuk peralatan rumah tangga. Manfaat-manfaat lain itu adalah:

  • Meredakan gatal yang disebabkan eksim di kulit.
  • Bisa dijadikan deodoran yang membuat ketiak jadi wangi dan bersih.
  • Merawat kesehatan rambut dan mengatasi ketombe.
  • Bisa dipakai untuk membersihkan berbagai peralatan rumah tangga.

Akhir Kata

Tea tree kini tengah ngetren. Minyak yang terbuat dari pohon teh khusus ini punya banyak manfaat untuk kulit wajah, dimana beberapa manfaatnya sudah Kawan Mula baca disini. Minyak teh ini pun juga bermanfaat untuk kulit atau bahkan peralatan rumah tangga. Sayangnya, minyak teh ini juga punya beberapa efek samping yang harus Kawan Mula ketahui, supaya nanti bisa menggunakannya dengan lebih hati-hati.