6 Cara Minum Teh Hijau untuk Diet agar Turunkan Berat Badan

7 March 2022
6 Cara Minum Teh Hijau untuk Diet agar Turunkan Berat Badan
BY Awal Mula

Teh hijau merupakan minuman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah menurunkan berat badan. Oleh karena itu, teh hijau biasa dijadikan alternatif minuman untuk bantu menurunkan berat badan. Lalu, apa saja kandungan yang menjadikan minuman ini baik untuk diet? Kemudian, bagaimana cara yang tepat untuk mengonsumsinya? Simak pembahasan lengkap mengenai teh hijau untuk diet di artikel ini!

Mengapa Teh Hijau Baik untuk Diet?

Metabolisme merupakan proses tubuh untuk mengubah makanan atau minuman menjadi sebuah energi. Teh hijau sendiri bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena membantu metabolisme tubuh. Selain itu, teh hijau juga mengandung kafein dan flavonoid yang dikenal dengan nama katekin yang merupakan antioksidan.

Berdasarkan hasil penelitian, kedua senyawa itu bisa membantu mempercepat proses metabolisme pada tubuh. Kandungan katekin sendiri berguna untuk memecah lemak berlebih. Sedangkan kafein dapat meningkatkan jumlah energi yang digunakan tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan yang Layak Dicoba!

Berdasarkan hasil penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa pria yang minum ekstrak teh hijau sebelum latihan atau olahraga dapat membantu membakar lemak 17% lebih tinggi jika dibandingkan dengan pria yang tidak mengonsumsi ekstrak teh hijau.

Cara Tepat Minum Teh Hijau untuk Diet

Berikut ini beberapa cara yang perlu Kawan Mula perhatikan ketika minum teh hijau untuk diet:

Minum Teh Hijau Setiap Hari 2-3 Cangkir

Teh hijau secara umum aman dikonsumsi setiap hari. Namun, Kawan Mula tetap perlu memperhatikan jumlah teh yang diminum agar tidak berlebihan. Teh hijau memiliki kandungan kafein, jika meminumnya secara berlebihan hal ini bisa berisiko buruk bagi orang yang memiliki masalah tekanan darah tinggi atau jantung. 

Baca Juga: Efek Samping Minum Teh Hijau

Untuk itu, sebaiknya minumlah 2-3 cangkir teh hijau dalam sehari untuk membantu menurunkan berat badan. Meski begitu, porsi tersebut tidak bisa dijadikan patokan yang pasti untuk semua orang. Karena hal ini bergantung pada proses metabolisme alami yang dimiliki setiap orang dan banyaknya kafein yang dikonsumsi.

Pilih Teh yang Tidak Banyak Proses Pembuatan

Ada banyak teh hijau yang dijual dan bisa Kawan Mula temukan. Apalagi teh hijau untuk menurunkan berat badan sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang secara signifikan dengan varian teh hijau lainnya yang ada di pasaran. 

Namun, ada baiknya Kawan Mula memilih teh hijau yang rasanya tawar. Selain itu, tidak melalui banyak proses. Dengan begitu, kamu bisa merasakan manfaat dan nutrisinya secara optimal.

Hindari Menambahkan Gula

Tidak menambahkan pemanis buatan atau gula ke dalam teh hijau adalah salah satu cara terbaik minum teh hijau untuk diet. Karena dengan menambahkan gula itu berarti kamu menambahkan jumlah kalori, yang justru akan menambah berat badan Kawan Mula.

Untuk satu sendok teh gula dapat menambah kalori sebanyak 16 kalori. Jumlah tersebut dapat bertambah apabila kamu mengonsumsi teh hijau bersamaan dengan gula setiap hari.

Minum 30-60 Menit Sebelum Makan

Teh hijau bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus melancarkan pencernaan di tubuh. Oleh karena itu, kamu bisa minum teh hijau sekitar 30-60 menit sebelum makan. Dengan cara itu, kamu bisa lebih cepat merasakan manfaatnya.

Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa minum teh hijau sesudah makan dapat menghambat proses penyerapan zat gizi dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan tanin dan kafein yang bertindak sebagai penghalang. Oleh karena itu, hindari minum teh hijau sesudah makan.

Banyak Minum Air Putih

Ketika mulai rutin minum teh hijau, Kawan Mula tidak boleh lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih. Hal ini disebabkan karena teh hijau bersifat diuretic, yaitu dapat menyebabkan seseorang sering buang air kecil. Untuk itu, perlu diimbangi dengan perbanyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi. 

Hindari Minum Saat Malam Hari

Ketika minum teh hijau sebaiknya hindari minum di malam hari menjelang tidur. Hal ini dapat meningkatkan stres dan mengganggu pola tidur Kawan Mula. Oleh karena itu, jangan minum teh hijau saat malam hari agar tidak mengganggu jam tidur harian.

Nah itulah cara yang bisa Kawan Mula lakukan apabila ingin rutin mengonsumsi teh hijau. Apabila kamu ingin merasakan khasiat teh hijau untuk menurunkan berat badan, Kawan Mula bisa mencoba teh hijau dari Singabera

Teh hijau ini terbuat dari teh hijau premium alami yang diambil dari perkebunan teh di Jawa Barat. Untuk mengonsumsinya, cukup seduh 2-4 sendok makan teh dengan air panas. Setelah itu, teh hijau siap dihidangkan. Cukup mudah bukan?

Meski teh hijau bisa membantu turunkan berat badan, namun Kawan Mula tetap perlu mengimbanginya dengan gaya hidup yang sehat dan olahraga secara teratur, serta perbanyak konsumsi buah dan sayur-sayuran.