Manfaat Teh Hitam untuk Diet Secara Alami

9 August 2022
Manfaat Teh Hitam untuk Diet Secara Alami
BY Awal Mula

Tahukah Kawan Mula bahwa minum teh hitam juga dapat memengaruhi penurunan berat badan. Berdasarkan sebuah penelitian tahun 2014, menemukan bahwa minum tiga gelas teh hitam secara teratur setiap harinya dapat meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi lingkar pinggang.

Mengganti minuman berkalori tinggi dengan teh hitam mungkin bisa jadi salah satu alternatif untuk turunkan berat badan secara alami.

Mengenal Teh Hitam

Teh hitam atau black tea berasal dari daun semak yang disebut Camellia sinensis. Teh hitam berwarna hitam kecoklatan karena melalui proses oksidasi, yaitu berubahnya warna daun teh dari hijau akibat terkena udara lembab yang kaya akan oksigen. Oleh karena itu, teh hitam adalah teh yang sepenuhnya mengalami oksidasi.

Baca Juga: Manfaat Air Rebusan Kulit Nanas

Kandungan Teh Hitam

Karena mengandung kafein tertinggi, Teh hitam menjadi salah satu minuman untuk diet. Jika lebih banyak kafein berarti lebih banyak tambahan energi yang dapat membantu membakar lebih banyak kalori. Selain mengandung banyak kafein, teh hitam juga memiliki lebih banyak kandungan flavonoid.

Baca Juga: Daftar Olahan Makanan dari Sorgum

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 4.280 orang, hasilnya menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak flavon dari minuman dan makanan bisa memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Manfaat Teh Hitam untuk Diet

Kandungan flavonoid atau polifenol yang berasal dari teh memiliki banyak manfaat kesehatan. Pada dasarnya semua jenis teh berasal dari daun yang sama dan mengandung sekelompok flavonoid atau biasa disebut katekin. Ketika daun teh mengalami proses menjadi teh hitam, katekin akan membentuk flavonoid baru yang disebut thearubigin dan theaflavin. Meski jumlah katekin pada teh hitam sangatlah kecil, namun manfaat kesehatan terbesar teh hitam berasal dari flavonoid baru.

Baca Juga: Daftar Menu Diet DEBM Seminggu untuk Pemula

Berdasarkan penelitian sejauh ini, teh hitam dinilai berpotensi dalam menurunkan berat badan. Dari percobaan hewan yang diberi flavonoid pada teh hitam, hasilnya menunjukkan enzim pencernaan lipase pada hewan tersebut dapat dihambat.

Hal ini terjadi karena lemak tidak bisa dicerna tanpa bantuan enzim lipase, oleh karena itu beberapa lemak yang tidak bisa diserap tubuh akan dikeluarkan dari tubuh.

Teh hitam untuk kurangi asupan kalori harian

Selain kandungan polifenol dan kafein yang memiliki manfaat potensial, teh hitam juga dapat membantu menurunkan berat badan apabila Kawan Mula mengonsumsinya sebagai pengganti minuman soda atau kemasaan berkalori tinggi.

Baca Juga: Minuman Herbal Terbaik untuk Kesehatan

Dalam secangkir teh hitam hanya mengandung dua kalori. Bahkan, jika kamu menambahkan sesendok madu, kandungan kalori pada teh hitam hanya sebesar 23.

Jika Kawan Mula terbiasa mengonsumsi minuman manis, cobalah ganti dengan teh hitam tanpa tambahan gula. Hal tersebut dapat mengurangi asupan kalori harian kamu dalam jumlah besar.

Selain itu, ada beberapa bukti penelitian yang mengungkapkan bahwa konsumsi teh hitam secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit:

  • Diabetes
  • Batu ginjal
  • Kolesterol tinggi
  • Gigi berlubang
  • Osteoporosis
  • Penyakit parkinson

Teh hitam memang bermanfaat bagi kesehatan dan aman dikonsumsi setiap hari, namun Kawan Mula tetap perlu memperhatikan asupan tiap harinya. Apabila dikonsumsi secara berlebih, tentu saja memiliki efek samping bagi kesehatan. Mengonsumsi teh hitam lebih dari 4 atau 5 gelas per hari bisa memicu risiko kesehatan karena ada kandungan kafein di dalamnya. Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin dialami akibat konsumsi kafein dari teh hitam:

Efek Samping Konsumsi Teh Hitam

Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin dialami akibat konsumsi kafein dari teh hitam:

  • Mual
  • Muntah
  • Susah tidur
  • Sakit kepala
  • Gelisah
  • Jantung berdebar-debar
  • Bernafas dengan cepat
  • Sering buang air kecil

Jika Kawan Mula mengalami kondisi kesehatan tertentu atau mengonsumsi obat tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum kamu mulai menambahkan teh hitam. Hal ini dilakukan untuk menghindari kondisi buruk yang mungkin dapat memperparah kondisi kesehatan Kawan Mula.

Cara Membuat Teh Hitam untuk Diet

Teh hitam dapat menjadi pilihan yang dapat ditambahkan ke diet harian Kawan Mula, terutama jika sedang berusaha menurunkan berat badan. Berikut ini langkah sederhana membuat teh hitam untuk diet:

  1. Siapkan air mendidih.
  2. Letakkan kantong teh (jika menggunakan kantong teh yang dibeli di toko) pada cangkir dan isi dengan air mendidih.
  3. Biarkan teh terendam dalam air selama 5 menit.
  4. Jika menyukai teh yang lebih pekat, kamu dapat menggunakan lebih banyak daun teh dalam jangka waktu lama.
  5. Setelah itu, keluarkan kantong teh atau daun teh dari air.
  6. Teh hitam pun siap untuk dinikmati

Nah, itulah cara membuat teh hitam untuk bantu turunkan berat badan. Sebaiknya konsultasi dengan dokter atau ahli gizi Anda sebelum mulai mengonsumsi sesuatu dengan tujuan membuat perubahan pada diet Kawan Mula.