7 Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan yang Layak Dicoba!

18 February 2022
7 Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan yang Layak Dicoba!
BY Awal Mula

Kawan Mula gemar minum teh? Pernah mencoba minum teh bunga rosella? Teh herbal satu ini menyimpan khasiat yang baik bagi kesehatan, lho. Apa saja manfaat teh bunga rosella? Yuk, simak pembahasan lengkapnya di artikel ini!

Manfaat Teh Rosella Untuk Kesehatan

Teh rosella merupakan teh herbal yang terbuat dari tanaman rosella dan telah melalui proses pengeringan. Teh yang memiliki rasa manis dan asam menyerupai cranberry ini menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan. Berdasarkan beberapa penelitian, berikut manfaat teh bunga rosella bagi kesehatan.

Sumber Antioksidan

Manfaat teh bunga rosella sebagai sumber antioksidan yang bisa membantu menyembuhkan penyakit akibat penumpukan radikal bebas dan mencegah kerusakan pada tubuh. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap tikus dengan hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak bunga rosella mampu mengurangi efek berbahaya akibat radikal bebas sampai dengan 92% dan meningkatkan jumlah enzim antioksidan.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Berdasarkan jurnal tahun 2015, menemukan bahwa teh rosella dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik, yaitu 3,53 mmHg dan 7,58 mmHg. Melihat hasil tersebut, teh rosella dapat menjadi alternatif dalam pengobatan tekanan darah tinggi yang aman dan alami.

Namun, perlu diketahui efek samping bunga rosella bagi penderita yang mengonsumsi hidroklorotiazid (obat diuretik untuk pengobatan tekanan darah tinggi) tidak dianjurkan untuk mengonsumsi teh rosella karena bisa berinteraksi dengan obat ini. 

Meningkatkan Kesehatan Hati

Manfaat teh rosella selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan hati. Organ hati memiliki peran yang penting bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh, mulai dari produksi protein sampai mengeluarkan empedu dan memecah lemak. Berdasarkan penelitian, rosella dapat membantu hati bekerja secara efisien dan meningkatkan kesehatan hati.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Ternyata teh rosella juga memiliki manfaat dalam membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi yang memberikan bunga rosella pada 36 orang obesitas (kelebihan berat badan). Setelah dua belas minggu, para peserta yang terlibat mengalami penurunan berat badan, indeks massa tubuh, rasio pinggul ke pinggang, dan lemak tubuh yang lebih rendah.

Manfaat teh rosella juga membantu mengurangi kadar lemak darah yang menjadi faktor penyebab penyakit jantung dan diabetes.

Sebuah penelitian yang dilakukan 60 orang penderita diabetes yang diberi teh rosella, hasilnya setelah satu bulan mereka mengalami peningkatan pada kolesterol baik (HDL) dan penurunan kolesterol jahat (LDL). Selain itu, penelitian lain juga menemukan bahwa konsumsi 100 mg ekstrak bunga rosella setiap hari dapat menurunkan kolesterol total dan meningkatkan kolesterol HDL. 

Mencegah Penyakit Kanker

Teh rosella dianggap mampu mencegah kanker karena kandungan polifenol yang tinggi, yang merupakan senyawa yang terbukti memiliki sifat anti-kanker. Berdasarkan studi tabung, menemukan hasil mengenai efek ekstrak rosella terhadap sel kanker.

Dalam sebuah penelitian tabung reaksi ini, pertumbuhan sel terganggu dan invasi kanker mulut berkurang akibat adanya ekstrak rosella.

Nah, itulah beberapa manfaat teh rosella yang bisa didapatkan. Tertarik mencoba dan merasakan manfaatnya?