9 Manfaat Tepung Sagu Untuk Kesehatan Tubuh

27 October 2022
9 Manfaat Tepung Sagu Untuk Kesehatan Tubuh
BY Awal Mula

Tepung Sagu merupakan sebuah bahan pokok makanan yang sering kita jumpai sehari-hari. Pada dasarnya, tepung sagu berasal dari sagu berbagai spesies pohon palem. Inti bagian dalam batang akan dikeluarkan dan dikeringkan menjadi butiran sagu. Setelah itu, sagu digiling menjadi bubuk halus.

Ketika bubuk halus sagu diremas dengan air, maka sagu akan melepaskan pati yang dibiarkan mengendap dan mengeras. Pada bagian tersebut, sagu bisa dibentuk menjadi apapun termasuk tepung sagu.

Jika diperhatikan, tepung sagu memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Beberapa kelebihan mengkonsumsi tepung sagu adalah sebagai berikut.

1. Penangkal Antioksidan

Manfaat tepung sagu yang pertama adalah sebagai penangkal antioksidan. Zat Antioksidan merupakan molekul yang dapat menetralkan molekul lain. Hal itu dapat berpotensi berbahaya yang sering disebut dengan radikal bebas.

Saat kadar radikal bebas ini menjadi terlalu tinggi di dalam tubuh kita, maka dapat merusak sel. Hal itulah yang memicu timbulnya kanker dan penyakit jantung. Di dalam tepung sagu terdapat polifenol tinggi seperti tanin dan flavonoid yang memiliki senyawa nabati. Fungsinya dapat digunakan sebagai antioksidan.

2. Sumber Pati Resisten yang Sangat baik

Sagu mengandung sekitar 7,5 % pati resisten, yakni sejenis pati yang melewati saluran pencernaan yang tidak tercerna. Pati resisten ini mencapai usus besar tanpa dicerna dan memberi makan bakteri baik di dalam usus.

Bakteri tersebut memecah pati resisten dan menghasilkan senyawa seperti asam lemak rantai pendek. Berbagai penelitian juga mengaitkan pati resisten dan SCFA dengan manfaat kesehatan. Hal itu juga termasuk menurunkan kadar gula darah, mengurangi nafsu makan, dan juga meningkatkan pencernaan.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Pada dasarnya, kolesterol dan trigliserida darah yang tinggi merupakan faktor terjadinya penyakit jantung. Untuk itu, mengonsumsi tepung sagu dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini juga didukung dalam penelitian bahwa tikus yang diberi makan sagu memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih rendah.

Dalam penelitian lainnya juga menunjukan bahwa diet yang lebih tinggi amilosa dapat dikaitkan dengan penurunan kolesterol dan kadar lemak darah. Hal itu menunjukan bahwa tepung sagu sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

4. Dapat Menyembuhkan Sakit Maag Dan Nyeri Di Dalam Perut

Keunggulan lainnya dari tepung sagu ini adalah dapat menyembuhkan sakit maag dan sakit di dalam perut. Hal ini menunjukan bahwa tepung sagu juga bermanfaat untuk kesehatan di dalam lambung kita.

Kamu bisa buat makanan yang terbuat dari tepung sagu. Khasiat dari makanan yang menggunakan tepung sagu dapat menyembuhkan penyakit lambung selama satu bulan atau sampai penyakit maag sembuh.

5. Meningkatkan Kinerja Ketika Olahraga

Beberapa penelitian sempat menganalisis manfaat tepung sagu pada performa olahraga. Studi tersebut dikembangkan oleh International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism. Dalam penelitiannya, pesepeda yang minum minuman dengan kandungan sagu dan protein kedelai merasakan ada kelambatan dalam kelelahan dan daya tahan olahraga justru meningkat.

Namun, dalam penelitian lainnya mengungkapkan bahwa mengkonsumsi minuman berbahan tepung sagu dalam kondisi lembab justru tidak ada efek apapun. Hal itu membuat kesimpulan bahwa tepung sagu dapat memberikan efek pada peningkatkan kinerja saat olahraga.

6. Dapat menambah berat badan

Jika kamu merasa kurang gizi atau merasa tidak memiliki berat badan yang ideal, maka bisa menggunakan tepung sagu. Hal itu dikarenakan tepung sagu memiliki manfaat untuk menambah berat badan dengan cepat.

Zat tepung sagu dapat dibuat menjadi puding dan shake padat kalori. Hal tersebut memberikan energi yang dibutuhkan untuk berfungsi normal dan menambah berat badan.

7. Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Di dalam tepung sagu terdapat kalium yang dapat membantu mengatasi masalah tekanan darah. Berdasarkan Indian Journal of Endocrinology and Metabolism, Potassium memiliki fungsi sebagai Vasodilator. Hal itu membuat ketegangan pada pembuluh darah menjadi lebih kendur dan dapat membukanya.

Dengan begitu, tepung sagu sangat bermanfaat dalam mengurangi tekanan di dalam darah. Bahkan zat tersebut bisa menurunkan tekanan keseluruhan pada sistem kardiovaskular. Jika kamu mempunyai masalah dalam tekanan darah baik itu tinggi maupun rendah, maka cobalah konsumsi tepung sagu ini.

8. Dapat Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat tepung sagu lainnya yang sangat bagus dalam tubuh adalah dapat menjaga sistem pencernaan, khususnya radang lambung. Bahkan, tepung sagu direkomendasikan karena mudah dicerna dan memiliki sedikit serat.

Selain itu, tepung sagu dapat mempercepat proses pencernaan dan membantu menyeimbangkan kembali bakteri di dalam usus kita.

9. Mampu Meningkatkan Energi

Pada dasarnya, kalori adalah salah satu sumber energi utama bagi umat manusia. Kalori juga dapat membantu dalam memberdayakan semua proses aktivitas yang kita lakukan sehari-hari.

Dosis kalori yang pada dalam bentuk tepung sagu sangat mudah dicerna tubuh. Hal itu membuat tepung sagu ini dapat menjaga tingkat energi tetap tinggi dan bahkan teratur sepanjang hari.

Demikian manfaat tepung sagu untuk kesehatan tubuh kita. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.  

Baca Juga: