6 Manfaat Vitamin Rambut dan Waktu Terbaik untuk Menggunakannya

26 May 2022
6 Manfaat Vitamin Rambut dan Waktu Terbaik untuk Menggunakannya
BY Awal Mula

Ingin rambut terlihat sehat setiap saat? Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkannya! Contohnya menyisir rambut dan memangkas rambut secara rutin. Selain itu, kamu juga bisa menambah vitamin rambut ke dalam perawatan rambut harian. Vitamin rambut memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan rambut. Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk, simak pembahasan lengkapnya di artikel ini!

Manfaat Vitamin Rambut yang Perlu Diketahui

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila menggunakan vitamin rambut secara rutin:

1. Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok dapat terjadi pada siapa saja, baik pria atau wanita di usia tertentu. Berdasarkan hasil penelitian, sekitar 40% wanita kehilangan rambut setelah mencapai usia 40 tahun. Ketika proses kerontokan terjadi, maka akan sulit untuk memperlambatnya, apalagi menghentikan kerontokan sepenuhnya. 

Baca Juga: 3 Manfaat Serum Rambut

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah atau memperlambat kerontokan rambut adalah menambah vitamin rambut ke dalam rutinitas perawatan rambut harian.

2. Menjadikan Rambut Lebih Berkilau

Rambut mudah kehilangan warna alami dan menjadi kusam jika terlalu sering di-hair styling atau sering terpapar sinar matahari setiap hari. Untuk mengembalikan kilau rambut, kamu perlu menambahkan produk perawatan rambut seperti vitamin rambut. Dengan penggunaan secara rutin, warna rambut alami rambut akan bertahan, tampak indah, dan berkilau. 

3. Membuat Rambut Tumbuh Lebih Cepat

Ingin rambut tumbuh cepat sesuai yang kamu inginkan? Kamu bisa mendapatkannya dengan menambahkan vitamin A pada rambut ke dalam rutinitas harian perawatan rambutmu. Vitamin tersebut dapat membantu meningkatkan sirkulasi oksigen pada darah. Peningkatan sirkul ini bisa membantu kulit kepala mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan rambut agar tumbuh panjang dan kuat. 

Baca Juga: Ini Beda Hair Tonic dan Hair Serum

Selain itu, vitamin rambut ini juga bisa membantu kelenjar kulit menghasilkan sebum yang dapat berguna agar rambut tetap terhidrasi. Dengan begitu, bisa membantu mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Tidak hanya tumbuh cepat, vitamin rambut juga bisa membuat rambut lebih sehat dan kuat.

4. Mengatasi Rambut Bau dan Lepek

Kondisi rambut lepek dapat terjadi karena produksi minyak berlebih di kulit kepala. Sedangkan rambut bau dapat terjadi karena sering terpapar sinar matahari, polusi, keringat, dan bau asap kendaraan. Kedua masalah tersebut dapat mengganggu rasa percaya diri seseorang.

Baca Juga: Cara Memakai Masker Rambut Yang Baik

Jika kamu sedang mengalami kedua masalah itu, kamu bisa melakukan coba menggunakan vitamin rambut. Produk vitamin rambut umumnya memiliki formula yang dapat mengontrol sebum di kulit kepala. Selain itu, vitamin rambut juga memiliki aroma menyegarkan yang dapat mengatasi masalah rambut bau. 

Apabila vitamin rambut digunakan secara rutin, maka masalah rambut bau dan lepek dapat diatasi. Selain itu, rambut juga bisa terasa lebih segar dan bersih lagi.

5. Mengatasi Ketombe

Ketombe merupakan permasalah rambut yang dialami hampir semua orang. Munculnya ketombe bisa terjadi karena sel kulit mati di kepala mengering sehingga menyebabkan pengelupasan kulit. Kulit kering yang mengelupas ini kemudian menjadi serpihan-serpihan putih yang bisa menempel di baju.

Ketombe ini sebenarnya bukanlah masalah pada rambut, melainkan masalah pada kulit kepala. Meski begitu, kamu tetap biasa menggunakan vitamin rambut untuk mengurangi atau menghilangkan ketombe. Vitamin rambut untuk ketombe biasanya mengandung bahan zinc. Kandungan tersebut bisa mengurangi masalah yang sering terjadi pada kulit kepala, contohnya ketombe, gatal pada kulit kepala, dan minyak berlebih. 

6. Menjadikan Folikel Rambut Lebih Kuat

Folikel rambut adalah tempat tumbuhnya rambut yang berbentuk lubang kecil di kulit kepala. Dengan menambahkan vitamin rambut maka bisa membuat folikel rambut lebih kuat. Vitamin rambut biasanya mengandung vitamin E, kandungan tersebut mengandung sumber antioksidan yang berguna untuk folikel rambut dan memiliki efek jangka panjang. 

Waktu Terbaik Menggunakan Vitamin Rambut?

Vitamin rambut bisa kamu gunakan setelah keramas dan rambut dalam kondisi setengah basah. Hal ini dikarenakan rambut setengah basah akan lebih mudah menyerap nutrisi pada vitamin. 

Kamu bisa memasukan vitamin mulai dari tengah sampai ke ujung rambut. Jika vitamin rambut yang kamu gunakan berbentuk serum atau oil, kamu bisa gunakan 2-3 tetes. Hindari penggunaan produk secara berlebihan agar rambut tidak mudah lepek.