Mengenal 5 Manfaat Singkong dan Kandungan Nutrisinya

7 February 2022
Mengenal 5 Manfaat Singkong dan Kandungan Nutrisinya
BY Awal Mula

Salah satu umbi-umbian yang sering dikonsumsi di negara berkembang adalah singkong. Hal ini disebabkan karena singkong memiliki nutrisi penting dan pati, serta manfaat yang baik bagi kesehatan. Apa manfaat singkong? Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui lebih banyak mengenai singkong dan manfaatnya bagi kesehatan, serta cara mengolahnya dengan tepat.

 

Apa itu Singkong?

Memiliki nama Latin Manihot esculenta , singkong merupakan tanaman akar yang mengandung banyak karbohidrat. Seperti ubi dan kentang, akar singkong memiliki bentuk yang menyerupai ubi jalar. Di negara-negara berkembang seperti Indonesia, singkong sering dijadikan sumber karbohidrat utama selain nasi.

Akar singkong merupakan bagian singkong yang paling sering dikonsumsi. Akar singkong ini dapat diolah dan digunakan untuk membuat obat, kertas, kain, bahan bangunan, hingga bahan bakar. Selain itu, singkong juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti keripik singkong, kentang goreng, tepung tapioka, roti, hingga kue singkong. 

Perlu diingat, jangan pernah mencoba memakan singkong secara mentah. Selain keras dan rasanya tidak enak, singkong mentah juga berbahaya bagi kesehatan karena mengandung sianida. Oleh karena itu, pastikan untuk memasak singkong dengan benar atau hingga matang secara sempurna sebelum memakannya.

 

Kandungan Nutrisi pada Singkong

Singkong merupakan tanaman yang banyak mengandung karbohidrat. Selain itu, singkong juga merupakan sumber vitamin C, niasin, riboflavin, dan tiamin yang baik. Menurut para ilmuwan, singkong merupakan sumber pati resisten yang dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dengan cara membantu memelihara bakteri usus yang berguna di tubuh.

Namun tidak hanya itu, singkong juga memiliki kandungan nutrisi lainnya. Pada 100 gram singkong rebus, terdapat 112 kalori yang terkandung di dalamnya. Sedangkan sebanyak 98% kandungan singkong adalah karbohidrat. Lalu sisanya terdiri dari protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral. Sementara, untuk 100 gram singkong rebus, nutrisi yang ditemukan sebagai berikut:

  • Karbohidrat: 27 gram
  • Serat: 1 gram
  • Tiamin: 20% dari RDI
  • Fosfor: 5% dari RDI
  • Kalsium: 2% dari RDI
  • Riboflavin: 2% dari RDI
  • Akar singkong rebus juga mengandung nutrisi lainnya meski dalam jumlah kecil, seperti zat besi, vitamin C, dan niasin.

Sedangkan menurut Medical News Today, kandungan nutrisi yang terdapat pada singkong mentah, yaitu:

  • Kalori: 330
  • Protein: 2,8 gram 
  • Karbohidrat: 78,4 gram
  • Serat: 3,7 gram
  • Kalsium: 33,0 miligram 
  • Magnesium: 43,0 miligram
  • Kalium: 558,0 miligram
  • Vitamin C: 42,4 miligram
  • Tiamin: 0,087 miligram
  • Riboflavin: 0,048 miligram
  • Niasin: 0,854 miligram

 

Manfaat Singkong untuk Kesehatan

Setelah mengenali kandungan nutrisi yang terdapat pada singkong. Berikut ini manfaat singkong bagi kesehatan yang bisa Kawan Mula dapatkan:

 

Menurunkan Risiko Sindrom Metabolik

Perlu diketahui, sindrom metabolik merupakan kombinasi dari penanda kesehatan yang dapat menunjukkan risiko penyakit jantung dan diabetes seseorang. Singkong diperkaya dengan kandungan flavonoid dan serat. Kandungan tersebut dapat melindungi tubuh dari sindrom metabolik dan komplikasi. Klaim ini dianggap benar ketika singkong menggantikan gandum sebagai makanan pokok. Hal ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah, lingkar pinggang, dan kadar kolesterol di antara faktor lainnya. Untuk membantu menurunkan risiko sindrom metabolik ini, kamu bisa mencoba memperbanyak asupan singkong ke dalam menu makan harian.

 

Menyembuhkan Luka

Selain jeruk dan buah yang kaya vitamin C, kandungan vitamin C juga bisa ditemukan pada singkong, loh. . Mengonsumsi singkong dapat memenuhi sekitar 50% kebutuhan vitamin C harian pada tubuh orang dewasa. Hal tersebut tentu sangatlah bagus, bukan?

Mendapatkan vitamin C yang cukup dari makanan dapat mendukung kemampuan tubuh dalam memperbaiki dirinya sendiri. Mengingat vitamin C bukanlah vitamin yang dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, Kawan Mula bisa menjadikan singkong sebagai alternatif alami untuk memenuhi asupan vitamin C harian.

 

Mencegah Malnutrisi

Walau tidak menjadi perhatian besar di dunia Barat singkong dapat berguna sebagai solusi  dari malnutrisi yang terjadi di Afrika atau daerah tropis lainnya. Hal ini disebabkan karena tanaman singkong toleran terhadap hama, masalah kekeringan, dan kondisi pertumbuhan yang sulit. 

Sayuran akar satu ini dapat disimpan di tanah selama beberapa musim. Sehingga tak heran, jika singkong sering dijadikan makanan cadangan saat tanaman lain langka. Baik akar atau daun singkong, keduanya memiliki manfaat nutrisi dan kesehatan, terutama bagi negara berkembang yang tinggi akan kasus malnutrisi.

 

Mengurangi Tekanan Darah

Serupa dengan kentang, singkong juga sangat tinggi kandungan potasium. Selain itu, kandungan kalium pada singkong juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu menyeimbangkan asupan natrium. Hal tersebut tentu dapat membantu meningkatkan tekanan darah tinggi. Memilih makanan berbasis singkong daripada biji-bijian dapat menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan asupan kalium.  

 

Memelihara Berat Badan yang Sehat

Walaupun singkong memiliki kalori yang tinggi, namun singkong mengandung serat dan pati resisten yang dapat meningkatkan bakteri usus lebih sehat. Selain itu, berdasarkan sebuah studi, kandungan serat dari sayuran akar dapat membantu mengurangi keinginan seseorang untuk makan makanan manis, asin, dan tinggi lemak. 

Kandungan serat yang terdapat pada singkong dapat berdampak positif bagi mikrobioma usus karena dapat meningkatkan perasaan kenyang. Jadi, jika Kawa Mula suka tiba-tiba merasa lapar. Coba cari camilan sehat dari singkong atau makanan berbahan dasar singkong untuk bantu meningkatkan rasa kenyang saat rasa lapar datang. 

Selain menjadi sumber makanan pokok, singkong juga dapat dijadikan camilan enak dan sehat. Misalnya dijadikan keripik singkong. Salah satu merek keripik singkong yang sehat dan kaya nutrisi adalah Rempah Cassava dari Whole Chips.

Selain mengandung singkong, keripik ini juga mengandung bahan-bahan lainnya seperti oats, chia seed, cinnamon, golden flax seed, hingga organic coconut sugar. Camilan sehat satu ini dibuat menggunakan bahan berkualitas tanpa tambahan MSG (Monosodium glutamate), pengawet, dan bebas gluten (gluten free). Kawan Mula tertarik untuk mencoba keripik satu ini? Kamu bisa pesan dan dapatkan di awalmula.co.id atau klik di sini.

 

Bagaimana Cara Mengonsumsi Singkong yang Aman?

Selain nutrisi dan vitamin yang berguna untuk tubuh, singkong juga dapat mengandung sianida yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Singkong menjadi berbahaya apabila Kawan Mula mengolahnya secara tidak tepat.

Oleh karena itu, untuk memastikan keamanan dalam mengonsumsi singkong. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memasak singkong dengan tepat:

  • Kupas akar singkong hingga bersih dari kulit luar.
  • Lalu iris atau potong-potong akar singkong secara kecil-kecil.
  • Kemudian rendam dalam air. Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), umbi singkong sebaiknya direndam dalam air selama 4 sampai 6 hari. 
  • Setelah itu, rebus singkong sampai teksturnya empuk dan matang dengan baik.
  • Buang semua air rebusan singkong.
  • Setelah direbus, singkong dapat diolah dengan cara dipanggang atau digoreng. Kawan Mula bisa memilih sesuai selera. Namun tetap sesuai dengan instruksi yang sudah dibagikan di atas.

 

Nah itulah pembahasan lengkap mengenai manfaat singkong hingga cara mengolah singkong dengan tepat. Bagaimana Kawan Mula, tertarik mencobanya?