Apa Itu Alga Merah, serta Manfaatnya untuk Kecantikan dan Kesehatan

27 September 2022
Apa Itu Alga Merah, serta Manfaatnya untuk Kecantikan dan Kesehatan
BY Awal Mula

Indonesia memiliki berbagai macam spesies tumbuhan laut, terutama rumput laut. Sekitar 45 persen spesies rumput laut dunia ada di Indonesia, dimana salah satunya adalah alga merah.

Sesuai namanya, alga merah merupakan spesies rumput laut yang memiliki warna merah, dimana warna tersebut diperoleh dari pigmen fikoeritrin. Pada alga merah, kandungan pigmen itu lebih besar daripada pigmen klorofil, xantofil, dan karoten.

Habitat Alga Merah

Alga merah umumnya tumbuh di lautan negara tropis, termasuk Indonesia. Ada beberapa alga merah yang hidup di air laut yang dangkal dan ada juga yang bertumbuh di laut yang dalam.

Tidak semua jenis alga merah betul-betul berwarna merah. Ada juga alga merah yang dominan warna hitam atau hijau. Alga merah yang hitam biasanya tumbuh di laut yang dalam, sedangkan alga merah kehijauan cenderung tumbuh di laut yang dangkal. 

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor Untuk Wajah

Adapun alga merah yang betul-betul berwarna merah biasanya tumbuh di lautan yang tidak terlalu dalam. Selain di lautan, alga merah juga bisa bertumbuh di air payau atau di air tawar yang dingin dengan kadar oksigen yang banyak.

Manfaat Alga Merah untuk Kecantikan

Alga merah mampu menjadi sumber makanan dan nutrisi yang baik bagi ikan dan hewan laut lainnya. Jenis rumput laut ini pun juga bermanfaat bagi manusia, terutama kecantikan wajah. Hal ini tidak lepas dari banyaknya nutrisi pada alga merah yang bermanfaat untuk kulit wajah. Lalu, apa saja manfaat alga merah untuk kecantikan?

Baca Juga: Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dicampur Saat Pemakaian

1. Menangkal Radikal Bebas

Seringkali, kulit wajah kita akan terkena paparan polusi dan sinar matahari yang mengandung radikal bebas. Jika dibiarkan saja, kulit wajah kita akan rentan mengalami penuaan atau masalah kulit wajah lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Kawan Mula bisa menggunakan produk perawatan kulit wajah berbahan alga merah. Zat astaxanthin yang terkandung pada alga merah bisa membantu mengatasi radikal bebas yang ada pada kulit wajah.

Baca Juga: Kenali Manfaat Tea Tree Oil Untuk Wajah

2. Meredakan Peradangan Kulit

Selain astaxanthin, alga merah juga mengandung vitamin B12 yang bisa mengatasi peradangan kulit wajah akibat jerawat atau iritasi. Vitamin tersebut juga bisa membantu memperbaiki sel-sel kulit wajah, serta membuat kulit wajah lebih bersinar.

3. Menjaga Kelembapan Kulit

Bagi Kawan Mula yang ingin melembapkan kulit, produk perawatan wajah berbahan alga merah. Kandungan humektan pada alga merah bisa menarik kelembapan dari udara ke kulit wajah, sehingga wajah pun jadi lebih lembap. Humektan pada alga merah pun juga bisa mengantarkan air ke lapisan kulit wajah terdalam, sehingga kulit wajah pun jadi lebih sehat.

Baca Juga: Ngeri!! Ini Ciri-Ciri Wajah Rusak Karena Krim Mengandung Merkuri

4. Meregenerasi Sel Kulit Wajah

Alga merah juga bisa meregenerasi sel pada kulit wajah. Hal itu tidak lepas dari kandungan peptide pada jenis rumput laut ini. Zat tersebut bisa menambah memenuhi kebutuhan protein pada kulit wajah, sehingga membuat sel kulit wajah beregenerasi. Regenerasi sel kulit wajah yang baik bisa membuat kulit wajah jadi kenyal dan kencang, serta membuat luka di kulit wajah cepat sembuh.

5. Mencegah Munculnya Kerutan di Wajah

Manfaat alga merah untuk kecantikan yang terakhir adalah mencegah kerutan di wajah. Manfaat ini tidak lepas dari kandungan omega 3 dan 6 pada alga merah. Kedua jenis omega itu bisa mengatur sel membran di kulit wajah, serta mempertahankan kadar air dan nutrisi di kulit wajah sehingga kerutan di wajah bisa dicegah. Alga merah juga memiliki asam lemak esensial yang bisa mengeluarkan sel-sel kulit wajah yang rusak, serta menstabilkan kulit wajah berminyak.

Manfaat Alga Merah untuk Kesehatan

Selain untuk kecantikan, alga merah pun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh Kawan Mula. Hal ini tentu tidak lepas dari kayanya nutrisi pada jenis rumput laut ini. Adapun manfaat-manfaat tersebut adalah:

1. Membuat Tubuh Jadi Lebih Berenergi

Siapa sangka jika alga merah mempunyai kandungan karbohidrat yang kaya. Kayanya kandungan karbohidrat itu bisa membuat Kawan Mula jadi lebih berenergi, sehingga Kawan Mula pun bisa lebih semangat beraktivitas.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Beberapa jenis alga merah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah Gracilaria dan Laurencia. Keduanya mengandung polyunsaturated fatty acids (PUFA) yang mampu mengurangi kolesterol di tubuh, sehingga tubuh pun bisa terhindar dari risiko penyakit jantung dan stroke.  

3. Menurunkan Risiko Kanker

Selain jantung dan stroke, risiko penyakit kanker pun bisa dihindari dengan konsumsi alga merah. Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di situs Illinois University, alga merah memiliki kandungan gula yang bisa memberi makan pada bakteri sehat di dalam usus. Tidak hanya itu, alga merah juga bisa membantu siklus pertumbuhan dan kematian sel di tubuh jadi lebih terkontrol, sehingga kanker pun bisa diminimalisir.

Sekian pembahasan soal apa itu alga merah, serta manfaat-manfaat yang terkandung di dalamnya. Semoga bermanfaat untuk Kawan Mula sekalian!