Mengenal Diet Paleo Ala Manusia Purba untuk Turunkan Berat Badan

7 February 2022
Mengenal Diet Paleo Ala Manusia Purba untuk Turunkan Berat Badan
BY Awal Mula

Ingin menurunkan berat badan atau memiliki berat badan yang ideal? Menjalani diet dan pola makan yang sehat dapat menjadi cara untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat. Namun sebelum mulai menjalani diet, Kawan Mula sebaiknya perlu mengetahui dan mengenal ragam diet yang ada, salah satunya adalah diet manusia purba atau diet paleo.

Apa itu Diet Paleo?

Diet paleo atau yang dikenal sebagai diet manusia purba merupakan jenis diet yang mengadaptasi pola makan manusia purba pada masa Paleolitik. Tujuan dari diet ini sendiri, yaitu mengembalikan kebiasaan makan pada zaman manusia purba yang hidup sekitar 2,5 juta sampai 10.000 tahun lalu. 

Manfaat Diet Paleo untuk Kesehatan

Bagi penderita diabetes, diet paleo dianggap cocok untuk dicoba karena diet ini mengedepankan makanan yang tinggi protein, serat, lemak baik, serta makanan rendah gula dan garam. Dengan begitu, diet ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah atau tekanan darah pada penderita diabetes.

Baca Juga: Diet Vegan Yang Baik Untuk Kesehatan

Selain itu, diet manusia purba juga cocok dijalani orang yang ingin menurunkan berat badan secara sehat dan alami. Meski diet ini tidak disarankan untuk dilakukan jangka panjang.

Seperti dilansir Healthline, berdasarkan beberapa penelitian mengenai diet paleo menunjukkan bahwa diet manusia purba bisa membantu mengurangi penurunan berat badan secara signifikan. Namun tidak hanya itu, diet ini juga memiliki manfaat lainnya, yaitu:

  • Memperbaiki kualitas tidur
  • Menurunkan risiko penyakit seperti penyakit kardiovaskular
  • Mengurangi masalah kulit berjerawat

Bagaimana Cara Melakukan Diet Paleo?

Konsep dasar dari diet manusia purba adalah mengonsumsi makanan utuh tanpa melalui banyak proses dan menghindari makanan olahan. Untuk itu, sebelum melakukan diet paleo sebaiknya Kawan Mula mengetahui makanan yang bisa dikonsumsi dan makanan yang perlu dihindari di bawah ini.

Makanan yang Bisa Dikonsumsi Diet Paleo

Ada beberapa jenis bahan dan makanan yang bisa dikonsumsi saat menjalani diet ini, yaitu:

  • Daging tanpa lemak seperti daging sapi, ayam, domba, kalkun, dan lain-lain.
  • Makanan laut atau ikan yang kaya omega-3 misalnya  salmon, tuna, udang, mackerel, kerang, dan lainnya.
  • Telur, terutama telur yang kaya omega-3.
  • Sayuran contohnya kangkung, brokoli, bawang bombay, tomat, wortel dan masih banyak lagi.
  • Buah-buahan seperti apel, jeruk, alpukat, pisang, pir, stroberi, dan banyak lagi.
  • Umbi-umbian misalnya ubi jalar, lobak, dan lainnya.
  • Biji-bijian atau kacang-kacangan contohnya almond, kenari, biji labu, hazelnut, kacang macadamia, biji bunga matahari dan lain-lain.
  • Lemak dan minyak sehat dari kacang-kacangan atau buah-buahan seperti minyak zaitun, minyak alpukat, minyak kelapa, dan lain-lain. 

Makanan yang Dihindari Saat Menjalani Diet Paleo

Diet manusia purba sendiri menitikberatkan pada makanan yang organik dan alami. Oleh karena itu, berikut ini beberapa bahan dan makanan yang sebaiknya dihindari saat menjalani diet ini:

  • Makanan tinggi gula atau fruktosa contohnya minuman ringan, permen, es krim, kue kering, dan makanan tinggi gula lainnya. 
  • Biji-bijian seperti gandum, spelt, dan barley.
  • Kacang-kacangan misalnya kacang (bean), kacang tanah, kacang polong, dan lentil.
  • Produk susu, terutama yang rendah lemak.
  • Mengandung lemak trans yang biasa ditemukan dalam makanan olahan atau yang mengandung margarin. Minyak jenis ini biasanya disebut sebagai minyak 'terhidrogenasi' atau 'terhidrogenasi sebagian'.
  • Minyak nabati misalnya minyak kedelai, minyak jagung, minyak biji anggur, minyak bunga matahari, dan minyak lainnya.
  • Pemanis buatan contohnya spartan, cyclamates, sakarin, sukralosa, dan acesulfame potassium. Untuk menghindari pemanis ini, cobalah beralih ke pemanis alami seperti madu.
  • Makanan-makanan olahan yang memiliki banyak zat aditif misalnya makanan kaleng atau makanan kemasan.

Paleo Diet Menu yang Bisa Dicoba

Memulai dan memiliki pola makan baru yang lebih sehat tentu bukan sesuatu yang mudah. Namun, jika Kawan Mula tertarik mencoba diet manusia purba, berikut ini contoh menu makanan yang bisa diikuti:

Menu sarapan diet paleo bisa mulai konsumsi melon atau buah-buah lainnya. Kemudian, salmon panggang atau yang lebih praktis, yaitu membuat omelet

Saat memasuki jam makan siang, Kawan Mula bisa makan daging ayam atau sapi tanpa lemak dan salad. Berikut ini cara membuat salad yang mudah dan enak untuk diet paleo yang bisa dicoba:

  • Ambil sayur atau buah misalnya timun, alpukat, apel, bayam, paprika, lobak hijau, dan wortel.
  • Tambahkan sumber protein seperti salmon, udang, tuna, ayam, dan daging tanpa lemak.
  • Terakhir, tambahkan minyak zaitun dan perasan lemon.

Menu makan malam terbaik untuk diet paleo adalah konsumsi ikan seperti fillet ikan yang dipanggang dengan brokoli, asparagus atau bayam.

Perlu diingat, pada setiap menu diet paleo, Kawan Mula tidak boleh menambahkan garam. Selain itu, perbanyak konsumsi air dan lakukan olahraga atau gerak secara aktif.

Apabila ingin mencoba diet paleo dan mendapatkan bahan-bahan sehat untuk mendukung diet ini, Kawan Mula bisa pesan dan dapatkan di awalmula.co.id.