Mengenal Istilah Gluten Free dan Makanan yang Aman untuk Dikonsumsi

8 February 2022
Mengenal Istilah Gluten Free dan Makanan yang Aman untuk Dikonsumsi
BY Awal Mula

Apa itu Gluten Free?

Kawan Mula pernah dengar gak istilah “Gluten Free”? Gluten Free sebenarnya adalah salah satu jenis pola makan sehat yang menghindari gluten. Nah, kalau kamu masih belum paham, yuk, Awal Mula akan ajak kamu mengenal tentang gluten free ini. Pertama-tama, kita kenali dulu apa itu gluten ya. Gluten sendiri adalah sejenis protein yang bisa ditemukan dalam serealia, seperti gandum, jelai, gandum hitam, dan spelt. Tapi, jenis serealia mengandung gluten yang paling umum ditemui dan digunakan adalah gandum. 

Dua protein utama dalam gluten adalah glutenin dan gliadin. Gliadin berperan dalam mempengaruhi efek kesehatan dari gluten. Ketika tepung dicampur dengan air, protein dari gluten membentuk sebuah jaringan yang lengket dan memiliki konsistensi seperti lem. Nah, karena itulah, adonan bisa menjadi elastis dan membuat roti bisa mengembang saat dipanggang. Selain itu, gluten juga bisa membuat tekstur yang kenyal bagi makanan yang dihasilkan. Tapi, kandungan gluten tidak sepenuhnya aman, terutama bagi yang memiliki alergi gluten atau penyakit celiac. Jadi, sekarang mulai berkembang pola makan yang dinamakan “Gluten Free”, yaitu mengonsumsi makanan yang tidak mengandung gluten. Orang-orang yang menjalani diet gluten free biasanya akan menghindari produk berbahan dasar gandum, seperti pasta, roti, dan sereal.

Perbedaan Produk Gluten Free dengan yang Mengandung Gluten

Walaupun sebenarnya produk yang mengandung gluten itu secara umum aman dikonsumsi, namun bagi orang-orang dengan kondisi tertentu, disarankan untuk menghindari gluten. Biasanya, orang-orang yang harus lebih memperhatikan produk dengan label gluten free adalah mereka yang memiliki penyakit celiac, yaitu gangguan autoimun, lalu mereka yang memiliki intoleransi gluten, atau alergi gandum. Nah, untuk lebih mengetahui lagi apa saja sih contoh makanan yang bebas gluten dan yang mengandung gluten, coba yuk lihat dalam tabel di bawah ini.

Tipe Makanan
Serealia / Grains- Gandum
- Varietas gandum dan turunannya, seperti spelt, durum, couscous, semolina, dll.
- Gandum hitam / Rye
- Jelai / Barley
- Triticale
Makanan yang Biasanya Mengandung Gluten- Roti, bagel, dll.
- Pasta dan mie
- Kue dan biskuit
- Pie
- Sereal
- Remahan roti dan coating
- Malt
Makanan yang Mungkin Mengandung Gluten- Kentang goreng
- Kaldu dan saus
- Salad dressing dan cuka
- Kecap
- Keripik kentang dan tortilla
- Dll.
Makanan bebas Gluten/Gluten Free- Quinoa
- Beras
- Tepung kentang
- Sorghum
- Singkong
- Jagung
- Produk yang berlabel gluten free

Setelah tahu apa saja makanan yang bisa mengandung gluten dan yang tidak, ada sedikit info juga nih untuk kamu tentang seberapa banyak gluten yang aman untuk dikonsumsi. Untuk orang dengan penyakit celiac, penelitian menyarankan konsumsi harian gluten hanya 10 mg per hari. Menurut peraturan dari FDA (Food and Drug Administration), makanan bebas gluten tidak boleh mengandung lebih dari 20 ppm gluten. Biar lebih kebayang, untuk memenuhi asupan harian 10 mg gluten, kamu harus mengonsumsi 17 potong roti gluten free kalau 1 potongnya mengandung 20 ppm. Setelah tahu apa saja makanan yang bisa mengandung gluten dan yang tidak, ada sedikit info juga nih untuk kamu tentang seberapa banyak gluten yang aman untuk dikonsumsi.

Tapi, selain harus teliti dalam membaca label gluten free pada produk, kamu juga harus mengetahui tentang kontaminasi silang. Kontaminasi silang adalah ketika makanan bebas gluten berkontakan dengan gluten saat proses produksi. Biasanya, kontaminasi silang bisa terjadi di tempat produksi atau karena penggunaan alat-alat memasak yang sudah terkontaminasi bahan lain. Jadi, tetap berhati-hati saat memilih produk dan juga saat mengolah makanan bebas gluten yaa.

Manfaat Mengonsumsi Produk Gluten Free

Selain berguna untuk menjaga kesehatan bagi orang dengan penyakit celiac atau intoleransi gluten, diet gluten free juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan loh. Menurut beberapa studi klinis, manfaat diet bebas gluten yang dijalani oleh orang dengan penyakit celiac dan tidak, memang harus diteliti lebih lanjut. Namun, dikutip dari Mayo Clinic, beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari diet gluten free adalah:

  • Penurunan berat badan
  • Peningkatan kesehatan secara keseluruhan
  • Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan
  • Meningkatkan performa atletis
  •  

Alternatif Produk yang Gluten Free

Untuk kamu yang ingin memulai mengurangi konsumsi gluten, kamu gak perlu bingung lagi. Awal Mula akan membantu kamu untuk memberikan beberapa alternatif produk yang gluten free. Yuk, langsung simak aja beberapa contoh makanan yang bebas gluten di bawah ini:

  • Pasta Gluten Free. Buat kamu pecinta pasta, gak perlu sedih dan bingung kalau gak bisa mengonsumsi gluten. Sekarang, sudah tersedia banyak pilihan pasta yang bebas gluten. Di Awal Mula, kamu bisa mencoba Lulu Pasta, yang terbuat dari tepung singkong yang dimodifikasi dan pewarna alami dari sayuran, sehingga lebih aman untuk kamu yang menghindari gluten. Selain itu, kamu juga bisa mencoba Fussili Cassava Pasta 100 gr dari Ladang Lima sebagai pengganti pasta biasa dan pastinya gluten free!
  • Beras Merah. Kalau kamu gak kenyang makan pasta, kamu masih bisa kok mengonsumsi beras sebagai asupan karbohidrat kamu. Tenang aja, beras itu adalah salah satu contoh makanan bebas gluten kok. Kalau mau lebih sehat lagi, kamu bisa mengganti beras putih ke beras merah. Kamu juga bisa nih coba Beras Merah Kecambah Organik 1 kg dari Bionic Farm yang bisa kamu beli di Awal Mula.
  • Tepung Singkong. Suka masak atau bikin kue, tapi mau menghindari gluten? Bisa dong, Kawan Mula. Sekarang sudah ada beberapa pilihan tepung yang bebas gluten dan aman untuk kamu pakai memasak ataupun memanggang. Salah satu tepung yang gluten free adalah tepung singkong, karena singkong itu sendiri tidak mengandung gluten sehingga aman untuk dikonsumsi dalam bentuk tepung. Kamu bisa coba nih Gluten Free Cassava Flour 500 gr dari Ladang Lima atau Tepung Singkong Natural 500 gr dari Healthy Choice yang semuanya tersedia di Awal Mula.
  • Sorgum. Salah satu makanan bebas gluten lainnya adalah sorgum. Sorgum adalah biji-bijian yang dapat digunakan untuk menggantikan nasi ataupun tepung gandum. Nah, kalau kamu mau masak atau bikin kue yang gluten free, kamu bisa coba nih beras sorgum atau tepung sorghum sebagai bahan dasarnya. Awal Mula menyediakan Beras Sorgum dari Tambiyaku dan Timurasa Indonesia. Selain itu, ada juga tepung sorgum dan camilan berbahan dasar sorgum lainnya.

Kawan Mula udah mulai paham belum nih tentang Gluten Free dan Gluten itu sendiri? Kalau Kawan Mula mau mencoba untuk beralih ke pola makan yang lebih sehat dan menghindari gluten, kamu bisa mencari segala kebutuhan sehat kamu di awalmula.co.id. Selain produk-produk yang gluten free, Awal Mula juga menyediakan berbagai produk lainnya yang bisa mendukung pola hidup sehat kamu. Hidup sehat kini lebih mudah Bersama Awal Mula!