Mengenal 13 Jenis Kurma yang Cocok untuk Buka Puasa

8 March 2022
Mengenal 13 Jenis Kurma yang Cocok untuk Buka Puasa
BY Awal Mula

Kurma merupakan buah khas Timur Tengah yang sering dijadikan sebagai makanan pembuka saat bulan Ramadhan. Selain rasanya yang manis, buah ini juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Namun, tahukah kamu bahwa kurma memiliki berbagai jenis. Sebelum mencoba, yuk, kenali jenis kurma yang ada di artikel ini!

Jenis Kurma Berdasarkan Rasa dan Teksturnya

Berikut ini beberapa jenis kurma yang perlu Kawan Mula ketahui sebelum mencobanya.

Kurma Medjool

Berukuran besar dan memiliki tekstur yang berserat, kurma medjool menjadi salah satu jenis kurma yang paling populer di dunia. Kurma ini berasal dan dibudidayakan di Arab Saudi, Maroko, Yordania, dan Palestina. Medjool memiliki warna coklat kemerahan. Untuk rasanya, kurma medjool memiliki rasa manis dan lembut.

Kurma Omani 

Seperti medjool, kurma oman juga termasuk kurma terbaik yang umumnya berukuran besar. Sesuai namanya, kurma ini berasal dari Oman di Timur Tengah. Kurma oman memiliki warna coklat tua. Untuk rasanya, kurma ini memiliki rasa yang cukup berair dan manis. 

Kurma Deglet Nour 

Kurma deglet nour memiliki ukuran sedang dan bentuk oval sedikit memanjang. Warna kurma ini adalah coklat tua keemasan. Kurma ini berasal dari Tolga, Biskra dan Oued Righ di Aljazair. Sedangkan untuk rasanya, kurma ini memiliki rasa yang manis dan lembut.

Baca Juga: Wajib Tau!, Ini Dia Manfaat Susu Kurma Untuk Kesehatan

Kurma Mazafati

Berasal dari Bam sebuah kota di Kerman, Iran, varian kurma mazafati berukuran 2,5 hingga 4 cm. Untuk rasanya, kurma ini memiliki rasa karamel, gula merah, dan coklat. Sedangkan untuk daging kurmanya berwarna coklat tua yang lembut. 

Kurma Barhi

Barhi adalah kurma yang paling manis dan paling creamy. Selain itu, rasa kurma ini serupa dengan rasa karamel, gula merah, butterscotch, dan sirup. Meski begitu, kurma yang berasal dari Irak ini berukuran kecil dengan panjang dan diameter 2 sampai 3 atau 4 cm. Kemudian, bentuk kurma barhi adalah bulat lonjong. Sedangkan untuk warnanya, kurma barhi memiliki warna kuning.

Baca Juga: Wajib Dicoba!, Resep Susu Kurma Sehat & Enak

Kurma Thoory

Thoory termasuk jenis khajur yang dagingnya khas berwarna coklat keemasan. Berasal dan terkenal di Aljazair, kurma ini berukuran sedang hingga besar, serta berbentuk lonjong. Sedangkan untuk rasa, kurma thoory memiliki rasa yang cukup kering, semi-manis, dan memiliki rasa seperti kacang.

Kurma Ameri

Jika Kawan Mula mencari kuram yang tidak terlalu manis, maka ameri adalah kurma yang wajib kamu coba! Jenis kurma ini berasal dari Irak. Kurma ini memiliki bentuk yang panjang dan lonjong dengan ukuran sekitar 12-22 gram. Ameri berwarna coklat hingga coklat tua.

Kurma Zahidi

Berukuran sedang dengan bentuk oval, kurma zahidi berasal dan dibudidayakan di Irak Utara. Kurma ini memiliki kulit berwarna coklat muda dengan daging di bagian dalam yang tebal dan berwarna keemasan. Kurma ini memiliki rasa seperti selai kacang dan campuran aprikot kering.

Kurma Halawi

Jenis kurma halawi memiliki warna kulit coklat keemasan. Kurma satu ini berasal dari Mesopotamia. Memiliki rasa yang enak dan lembut seperti madu dan karamel. Meski begitu, kurma ini memiliki ukuran yang kecil hingga sedang, dengan daging yang halus.

Kurma Khudri

Khudri dibudidayakan dan berasal dari Arab Saudi. Varian kurma ini memiliki rasa yang cukup manis, tidak terlalu kering, dan tekstur yang kenyal. Untuk ukurannya, kurma ini hadir dalam ukuran kecil dan besar. Selain itu, khudri juga termasuk kurma yang memiliki serpihan di kulitnya. Sedangkan untuk warnanya, kurma ini berwarna coklat tua dengan tidak terlalu banyak kerutan di bagian atasnya.

Kurma Safawi

Varian kurma ini memiliki rasa yang lebih manis dibanding kurma khudri. Berbeda dari kurma lain yang cenderung berwarna coklat tua atau coklat keemasan, kurma safawi memiliki warna cherry hitam pekat dan sedikit coklat di bagian dalam. Kurma ini memiliki bentuk yang bulat dengan ukuran sedang. Safawi termasuk jenis kurma yang populer dan bisa dengan mudah Kawan Mula temukan di seluruh dunia. Meski begitu, kurma ini tumbuh dan berasal dari Madinah, Arab Saudi.

Kurma Amber 

Di antara jenis kurma Madinah yang terkenal, amber merupakan salah satu jenis kurma terbesar. Oleh karena itu, kurma ini berasal dari wilayah Madinah di Arab Saudi. Kurma ini memiliki warna kuning dengan rasa kering yang lembut, namun tetap berdaging.

Kurma Kalmi

Kalmi merupakan salah satu varian kurma safawi dengan ukuran kecil dan bentuk silindris. Kurma ini berasal dari Oman, namun dibudidayakan di Madinah. Kalmi memiliki warna hitam. Sedangkan untuk rasa, kurma ini punya rasa manis.

Nah, itulah penjelasan mengenai jenis-jenis kurma berdasarkan rasa, ukuran, dan asalnya. Dari pembahasan di atas, kini Kwan Mula bisa mengenali perbedaannya. Selain itu, kamu bisa menentukan jenis kurma mana yang cocok dihidangkan dan dimakan saat buka puasa di bulan Ramadhan.