Mengenal Kelapa Genjah Dan Jenis-Jenisnya

25 October 2022
Mengenal Kelapa Genjah Dan Jenis-Jenisnya
BY Awal Mula

Apa kamu pernah mendengar tanaman yang bernama Kelapa Genjah? Dalam beberapa bulan terakhir, Presiden Joko Widodo memerintahkan Kementerian Pertanian untuk mulai menanam Kelapa Genjah di berbagai daerah. Tidak pelak, hal itu membuat nama kelapa satu ini menjadi viral.

Pengertian Kelapa Genjah

Jika dikutip dari KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kelapa merupakan tumbuhan palem yang memiliki batang tinggi, buahnya tertutup sabut, dan tempurungnya sangat keras. Didalamnya juga terdapat daging yang mengandung santan dan air sehingga menjadikannya tumbuhan serba guna.

Sedangkan untuk Kelapa Genjah adalah salah satu jenis kelapa yang mempunyai ciri-ciri batang ramping dari pangkal hingga ujung. Tingginya juga relatif lebih pendek, yakni sekitar 5 meter atau bahkan lebih sedikit. Berdasarkan buku Diet Sehat Air Kelapa Karya Aji Budi Darmawan, umur produktif dari Kelapa Genjah adalah 25 tahun hingga lebih dari 50 tahun.

Untuk buahnya sendiri lebih lonjong dan ukurannya kecil. Jumlah buah Kelapa Genjah tiap tandan juga sangat banyak. Bahkan, Kelapa Genjah juga memiliki nama lain, yakni dwarf palm tree.

Jenis-jenis Kelapa Genjah

Perlu kamu ketahui bahwa Kelapa Genjah ini memiliki banyak jenisnya. Beberapa varietas Kelapa Genjah yang sudah dilepas oleh Menteri Pertanian adalah sebagai berikut.

1. Kelapa Genjah Salak

Jenis Kelapa Genjah pertama yang cukup sering disebut adalah Kelapa Genjah Salak. Untuk Kelapa Genjah ini berasal dari Kalimantan Selatan dan keunggulan utamanya adalah memiliki banyak buah. Dalam satu pohon per tahun, potensi buahnya bisa mencapai 80 hingga 120 buah dengan berat daging buah mencapai 165 gram.

Selain itu, kadar minyak pada buah Kelapa Genjah Salak ini mencapai 65%. Bahkan, tanaman Kelapa Genjah Salak ini mulai panen pada umur 3 tahun.

2. Kelapa Genjah Kuning Bali

Selanjutnya ada Kelapa Genjah Kuning Bali yang juga memiliki keunggulan jumlah buahnya sangat banyak. Untuk satu pohon per tahunnya bisa mencapai 60 hingga 110 buah. Lalu, berat daging buahnya bisa mencapai 177 gram dengan kadar minyak hingga 61%.

Tanaman Kelapa Genjah Kuning Bali ini mulai panen pada umur 4 tahun. Hal itu yang membuat Kelapa Genjah Kuning Bali cukup diminati.

3. Kelapa Genjah Kuning Nias

Kelapa Genjah Kuning Nias juga memiliki keunggulan dalam memproduksi buah dalam jumlah banyak. Untuk satu pohon per tahun dapat mencapai 60 bahkan hingga 120 buah. Untuk berat daging buah bahkan hingga mencapai 159 gram.

Kadar minyak pada Kelapa Genjah Kuning Nias mencapai 62%.  Untuk masa panen, Kelapa Genjah Kuning Nias ini dapat dilakukan pada umur 4 tahun.

4. Kelapa Genjah Raja

Pada dasarnya, Kelapa Genjah Raja ini berasal dari Maluku Utara dan mempunyai keunggulan juga dalam hal potensi buahnya. Untuk satu pohon per tahunnya bisa mencapai 70 atau hingga 120 buah. Sedangkan berat daging buahnya dapat mencapai 167 gram.

Kadar minyak pada kelapa ini adalah 66%. Sedangkan masa panennya ada di umur 4 tahun.

5. Kelapa Genjah Coklat Kopyor

Kelapa Genjah Coklat Kopyor ini berasal dari kabupaten Pati Jawa Tengah. Bisa dikatakan ini adalah jenis kelapa yang sering dikonsumsi sebagai kelapa kopyor. Keunggulannya ada dibagian jumlah buahnya yang cukup banyak untuk satu pohon per tahun, yakni 80 hingga 150  buah.

Tanaman Kelapa Genjah Coklat Kopyor ini tahan terhadap kekeringan. Untuk masa panennya juga dapat dilakukan pada umur 4 tahun.

6. Kelapa Genjah Hijau Kopyor

Jika sebelumnya adalah Coklat Kopyor, maka pada poin selanjutnya adalah jenis Hijau Kopyor. Tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya bahwa Kelapa Genjah satu ini juga sering dijadikan makanan sebagai kelapa kopyor.

Untuk satu pohon per tahun bisa mencapai 120 hingga 140 buah. Bahkan dalam jumlah buah kopyor pertandan ini bisa sebanyak 3,89 buah. Kelapa Genjah Hijau Kopyor ini juga mulai panen pada umur 4 tahun.

7. Kelapa Genjah Entog Kebumen

Selanjutnya ada Kelapa Genjah Entog Kebumen yang berasal dari Kabupaten Kebumen, jawa Tengah. Dalam satu pohon per tahun nya bisa mencapai 95 buah dengan jumlah buah pertandan mencapai 6 hingga 7 buah.

Tanaman ini memiliki kadar kemanisan air buah sebanyak 6% brix, berat daging mencapai 437 gram dan mulai panen pada umur 4 tahun.

8. Kelapa Genjah Pandan Wangi  

Terakhir adalah Kelapa Genjah Pandan Wangi yang berasal dari Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Kelapa ini sering dikonsumsi sebagai kelapa muda dan memiliki kadar kemanisan air buah hingga 6,25% brix.

Aroma air dan daging buahnya memiliki wangi pandan sehingga sangat nikmat jika dikonsumsi. Untuk satu pohon bisa menghasilkan  151 butir per tahun dan mulai panen pada umur 3 tahun.

Demikian pengenalan tentang Kelapa Genjah dan jenis-jenisnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga: