Mengenal Sorgum, Manfaatnya dan Kandungan Nutrisinya Untuk Tubuh

7 May 2022
Mengenal Sorgum, Manfaatnya dan Kandungan Nutrisinya Untuk Tubuh
BY Awal Mula

Bahan makanan sorgum mungkin belum banyak dikenal masyarakat Indonesia. Padahal sorgum memiliki manfaat dan kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan.

Apa Itu Sorgum

Sorgum adalah biji-bijian/tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Tanaman asal benua Afrika ini memiliki bentuk bulat dan cenderung kecil. Tanaman satu ini kurang terkenal di pasar pangan dunia, sehingga berada di urutan kelima setelah jagung dan gandum.

Selain sebagai makanan pokok, sorgum juga dapat dijadikan pakan ternak dan bahan dasar energi biodiesel. Biji satu ini juga dapat dijadikan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi.

Manfaat Sorgum

Sorgum juga dinilai memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini manfaat konsumsi sorgum bagi kesehatan:

1. Mengatasi Celiac dan Intoleransi Gluten

Orang yang memiliki penyakit celiac dan orang yang sensitif terhadap gluten tentu harus menghindari makan yang mengandung gluten. Oleh karena itu, protein gluten yang biasanya ditemukan dalam gandum atau biji lainnya menjadi tidak layak untuk dikonsumsi penderita celiac.

Baca Juga: 6 Hasil Olahan Makanan Enak dari Sorgum

Sorgum termasuk makanan yang aman dikonsumsi karena bebas gula. Berdasarkan The Journal of Agricultural and Food Chemistry, yang melakukan penelitian mengenai sorgum untuk mengetahui kandungan protein gluten. Hasilnya menunjukkan bahwa semua jenis sorgum tidak mengandung gula atau gluten-free.

Memiliki Efek Anti-Kanker

Senyawa fenolik pada sorgum dikaitkan memiliki efek anti-kanker. Selain itu, kandungan tanin yang berperan untuk pigmentasi biji-bijian juga dapat menghambat enzim yang berkaitan dengan kanker payudara. 

Baca Juga: 8 Bahaya Gluten Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi Berlebihan

Kemudian, seperangkat senyawa fenolik lainnya yang dikenal sebagai 3-deoxy anthocyanins juga terbukti dapat merusak sel kanker pada tubuh manusia. Oleh karena itu, sorgum dapat dijadikan bahan pangan untuk mencegah penyakit kanker.

Menurunkan Berat Badan

Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa menjalankan diet tinggi serat dapat membantu menurunkan berat badan. Sementara itu, sorgum sendiri memiliki kandungan serat yang tinggi.

Baca Juga: Kriteria Makanan Sehat Terbaik Untuk Tubuhmu

Berdasarkan penelitian tahun 2019 yang melakukan perbandingan mengenai efek konsumsi gandum dengan sorgum. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang makan sorgum dapat mengurangi persentase lemak di tubuh daripada orang yang konsumsi gandum.

Selain itu, kandungan pati yang terdapat pada sorgum juga sulit untuk dicerna tubuh dibandingkan dengan biji lainnya. Oleh karena itu, mengonsumsi sorgum dapat membantu seseorang merasa kenyang tahan lama. Dari perbandingan tersebut, makanan ini sangat cocok dijadikan bahan makanan selama menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

Sumber Antioksidan

Sorgum mengandung banyak macam fitokimia yang bertindak sebagai sumber antioksidan pada tubuh di antaranya adalah pitosterol, asam fenolik, policosanols, anthocyanin, dan tanin. Sorgum juga dinilai memiliki jumlah antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan buah-buahan yang tinggi antioksidan seperti stroberi, blueberry, dan plum.

Kandungan antioksidan pada sorgum dapat membantu memperlambat proses penuaan. Tidak hanya itu, makanan satu ini juga dianggap dapat membantu menurunkan risiko penyakit kanker, jantung, diabetes tipe 2, dan penyakit saraf. 

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi biji sorgum dapat menurunkan kematian secara signifikan akibat penyakit kardiovaskular, mencegah pembekuan arteri, dan mengurangi kolesterol darah.

Menjaga Kadar Kolesterol 

Sorgum mengandung zat lipid, yaitu policosanol. Kandungan tersebut dapat membantu menghambat kolesterol berlebih pada tubuh. Selain itu, zat ini juga dapat menurunkan plasma non-HDL yang terdapat di darah secara signifikan. Oleh karena itu, mengonsumsi sorgum bisa bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol agar tidak mudah naik.

Kandungan Sorgum

Sorgum memiliki nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Berikut ini kandungan nutrisi sorgum untuk 96 gram biji sorgum mentah:

  • Kalori: 316
  • Lemak: 3 gram
  • Natrium: 2 mg
  • Karbohidrat: 69 g
  • Serat: 7.5 g
  • Gula: 2.5
  • Protein: 10 g

Salah satu mikronutrien yang paling menonjol dari sorgum, yaitu zat besi. Seperempat cup sorgum mengandung sekitar 12% dari nilai harian yang direkomendasikan. Selain zat besi, mikronutrien lain yang terdapat dalam sorgum meliputi:

  •   Kalium
  •   Niasin
  •   Tiamin
  •   Vitamin B6
  •   Fosfor
  •   Mangan
  •   Magnesium

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai manfaat sorgum yang bisa kamu peroleh dan rasakan. Tertarik mengonsumsi sorgum? Kamu bisa sorgum di AwalMula.