Mengenali 7 Jenis Produk Perawatan Rambut Terbaik

8 June 2022
Mengenali 7 Jenis Produk Perawatan Rambut Terbaik
BY Awal Mula

Memiliki rambut yang sehat, kuat, lembut, dan berkilau merupakan dambaan setiap orang. Untuk itu tentu butuh produk perawatan rambut yang tepat. Namun, sebelum menggunakannya kamu perlu mengenali jenis produk untuk perawatan rambut. Di artikel ini Awal Mula akan menjelaskan ragam produk hair care yang bisa dicoba. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Produk Perawatan Rambut untuk Pria dan Wanita

Berikut ini beberapa jenis produk untuk merawat rambut yang bisa digunakan, baik untuk pria atau wanita:

1. Sampo

Rambut dan kulit kepala perlu dibersihkan dari keringat dan kotoran yang menumpuk di kepala. Untuk itu, kamu perlu sampo untuk membersihkannya. Selain membersihkan rambut dan kulit kepala, produk ini juga memiliki senyawa yang mampu memberikan kelembutan dan mengatasi beberapa masalah pada rambut dan kulit kepala. 

Untuk menghindari hal tersebut, Kawan Mula perlu mencari sampo yang aman dan lembut untuk rambut dan kulit kepala. Hindari sampo yang mengandung bahan-bahan berbahaya dan bisa memicu alergi.

2. Masker Rambut

Meski tampak sama, kondisioner dan masker rambut merupakan produk yang berbeda. Masker rambut sangat cocok digunakan untuk memperbaiki rambut yang rusak dan kering.

Produk ini biasanya mengandung bahan-bahan seperti minyak, lilin, dan pengemulsi yang dapat turun ke akar dan memperbaiki rambut dari sumbernya. Kawan Mula wajib mengetahui cara memakai masker rambut yang tepat agar bekerja maksimal untuk rambut.

3. Serum Rambut

Produk berbentuk cair ini mengandung bahan silikon, yang merupakan senyawa mineral untuk membantu melapisi rambut. Berbeda dengan minyak rambut, serum rambut tidak dapat menembus kutikula rambut. 

Manfaat serum rambut dapat membantu meningkatkan kelembutan pada rambut yang kusut dan melindungi rambut dari pengaruh buruk lingkungan. Kandungan silikon yang ada di serum rambut juga bisa mencerahkan dan memperkuat rambut. 

Tidak hanya itu, beberapa serum rambut juga bisa mengurangi masalah rambut rontok. Hal tersebut dapat terjadi karena hair serum itu memiliki tingkat keasaman (pH) yang rendah.

4. Kondisioner

Produk perawatan rambut satu ini dirancang untuk membuat rambut lebih halus, mengembalikan kelembaban rambut, dan mengatasi masalah rambut kering. Kondisioner memiliki 2 jenis, yaitu kondisioner bilas (rinse-out conditioner) dan kondisioner tanpa bilas (leave in conditioner). 

Baca Juga: 6 Manfaat Vitamin Rambut

Sesuai namanya, jenis kondisioner bilas merupakan kondisioner yang perlu dibilas tiga sampai lima menit setelah digunakan. Kondisioner ini bekerja melalui ujung rambut dan tidak boleh mengoleskan pada bagian akar rambut. Karena hal itu bisa mengakibatkan penumpukan pada rambut.

Selanjutnya, kondisioner tanpa bilas yang dapat digunakan tanpa harus dibilas lagi. Jenis kondisioner ini berguna untuk menghaluskan sekaligus menghilangkan kusut di rambut. Kondisioner tanpa bilas termasuk kondisioner ringan dan bisa digunakan sebagai produk penataan rambut. 

5. Minyak Rambut

Dari minyak argan hingga minyak baobab merupakan jenis minyak yang perlu dimiliki bagi pemilik rambut ‘bermasalah”. Selain itu, hair oil juga berguna untuk melembutkan rambut sekaligus memberikan vitamin dan mineral yang hilang karena terlalu sering keramas.

Jika kamu mau mendapatkan semua manfaat minyak rambut, kamu bisa mencoba minyak kemiri Arcia Oil. Minyak ini memiliki banyak kegunaan, diantaranya yaitu menyuburkan rambut, menghitamkan rambut secara alami, melebatkan rambut, mengatasi kerontokan, menghilangkan ketombe, hingga merangsang pertumbuhan rambut. 

Jika kamu tertarik untuk merasakan manfaat dari minyak kemiri, kamu bisa beli minyak kemiri di AwalMula.

6. Hair Spray

Semprotan rambut ini dapat digunakan untuk menata rambut. Dengan menggunakan produk ini, rambut menjadi lebih cepat kering dan lebih mudah untuk ditata. Rambut mudah ditata karena hair spray mengandung bahan yang bisa menempel pada rambut. Oleh karena itu, produk ini bisa menahan rambut sesuai dengan yang kamu mau karena kandungan di dalamnya.

7. Gel rambut

Produk ini mirip dengan hairspray karena digunakan untuk menata rambut. Selain itu, gel rambut juga bisa menambah kesan rambut yang mudah ditata sesuai dengan tingkat kekuatan produk yang digunakan. Pada dasarnya hampir semua jenis gel rambut dapat memberikan kilau sekaligus tekstur pada rambut. 

Nah, itulah beberapa produk perawatan rambut yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan rambut sehat, kuat, dan lembut.