Mengenali Ragam Manfaat Cuka Apel bagi Kesehatan Tubuh

7 February 2022
Mengenali Ragam Manfaat Cuka Apel bagi Kesehatan Tubuh
BY Awal Mula

 

Kawan Mula mungkin sudah tidak asing lagi dengan cuka sari apel, kan? Apple cider vinegar adalah jenis cuka yang umum digunakan untuk memasak, memanggang hingga membuat saus salad. Namun, tahukah kamu bahwa cuka sari apel ini memiliki beragam khasiat yang baik untuk kesehatan? Lalu, apa saja manfaat dari cuka apel? Yuk, baca dan cari tahu manfaatnya di artikel ini.

 

Manfaat Cuka Apel bagi Kesehatan

Apple cider vinegar atau biasa disebut cuka apel adalah produk kesehatan alami yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Cuka sari apel sendiri terbuat dari proses fermentasi buah apel yang dihancurkan ke ragi. Kemudian memfermentasi gula dan mengubahnya menjadi alkohol, sebelum akhirnya menjadi asam asetat (senyawa aktif utama dalam cuka). Selain asam asetat, cuka sari apel juga memiliki senyawa lain, yaitu asam gallic, asam folat, biotin, kalium, fosfor, katekin dan pektin. Seluruh kandungan tersebut, membuat apple cider vinegar dapat berguna sebagai antibakteri dan antioksidan. Meski cuka apel terasa asam dan memiliki bau yang kuat, produk satu ini juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan dan menjadikannya bahan pengobatan rumahan. Berikut ini manfaat apple cider vinegar yang perlu Kawan Mula ketahui:

 

1. Membunuh kuman dan bakteri

Apple cider vinegar mengandung asam asetat yang dapat membunuh patogen termasuk bakteri dan kuman sekaligus mencegahnya berkembang biak. Manfaat satu ini sudah ada sejak zaman Hippocrates, bapak kedokteran modern. Pada saat itu, cuka apel digunakan untuk membersihkan luka. Selain itu, apple cider vinegar juga dapat menjadi pengawet makanan. Sebuah studi menunjukkan bahwa cuka dapat menghambat bakteri seperti E. coli tumbuh dan merusak makanan. Jika Kawan Mula sedang mencari cara untuk mengawetkan makanan, cuka sari apel bisa menjadi pilihan untuk proses pengawetan makanan.

 

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Menurut sebuah penelitian dari Harvard menunjukkan bahwa wanita yang mempunyai kebiasaan makan salad dengan cuka sari apel dapat menurunkan risiko mengalami penyakit jantung koroner. Hal ini disebabkan karena senyawa asam linoleat alfa yang terdapat di cuka sari apel ternyata baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, cuka sari apel juga diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di tubuh. Oleh karena itu, risiko stroke, serangan jantung dan penyakit jantung dapat dikurangi. Namun perlu diingat, hal ini juga perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat supaya pembuluh darah tetap terjaga dan kondisi jantung tetap optimal.

 

3. Menurunkan kadar gula

Bagi penderita diabetes menjaga pola makan merupakan hal yang sangat penting dan sudah sewajarnya dilakukan. Namun, dengan menambah asupan cuka apel sebelum makan, maka dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada tubuh. 

Baca Juga: Diet Rendah Kalori dengan Berbagai Pilihan Makanan

Hal ini terjadi lantaran apple cider vinegar bisa memperlambat penyerapan gula ke darah. Jika Kawan Mula hendak mencoba hal ini, tetapi masih mengonsumi obat diabetes sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter, ya!

 

4. Mengontrol insulin 

Masih berhubungan dengan penderita diabetes, konsumsi cuka sari apel juga dapat membantu mengontrol kadar insulin. Hormon ini sangat berguna bagi tubuh untuk mengubah glukosa menjadi energi. Hal ini juga terbukti dari penelitian di tahun 2015 yang menunjukkan bahwa cuka apel dapat meningkatkan insulin. Selain itu, cuka sari apel juga bisa menyerap dan menggunakan glukosa secara efektif agar kadar gula tetap stabil. Jika kadar insulin terlalu tinggi, akibatnya dapat membuat tubuh menjadi tidak sensitif terhadap insulin. Kondisi seperti ini dinamakan resistensi insulin, yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit diabetes tipe 2. Untuk merasakan manfaat ini, Kawan Mula bisa mencoba konsumsi dua sendok makan apple cider vinegar sebelum tidur. Berdasarkan penelitian pada orang dengan prediabetes dan diabetes cara ini menunjukkan hasil yang membuat kadar gula darah menurun hingga 6% saat pagi hari.

 

5. Menurunkan berat badan

Seperti dilansir dari WebMD, ilmuwan Jepang menemukan bahwa minum cuka dapat membantu melawan obesitas. Bagi Kawan Mula yang sedang berusaha menurunkan berat badan akibat kegemukan, cuka apel dapat membantu membakar lemak, menekan nafsu makan, dan meningkatkan metabolisme tubuh berkat kandungan asam asetat yang terdapat di apple cider vinegar

Baca Juga: Selain Sayuran, Makanan Rendah Kalori Ini Bantu Tubuh Tetap Sehat dan Ideal

Berdasarkan sebuah studi, penurunan berat badan sebanyak 1,2-1,7 kg dapat berhasil dilakukan dengan cara mengonsumsi apple cider vinegar selama 12 minggu dan sebanyak 1-2 sendok makan setiap hari. Namun perlu diingat, manfaat ini dapat diperoleh apabila Kawan Mula juga menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang.

 

6. Mengurangi peradangan

Beberapa kandungan cuka apel diduga dapat membantu mengurangi dan memperbaiki peradangan pada tubuh seperti, multiple sclerosis (MS), rheumatoid arthritis (RA), dan ankylosing spondylitis (AS). Namun hal ini masih bersifat tentatif yang artinya perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenaran ilmiahnya.

 

7. Mengatasi masalah bau mulut 

Punya masalah bau mulut? Tidak perlu khawatir karena masalah bau mulut merupakan masalah paling umum yang sering dialami bagi sebagian besar orang. Jika membersihkan gigi tidak cukup mengurangi bau mulut, maka cobalah menggunakan apple cider vinegar untuk mengurangi bau mulut. Untuk merasakan manfaatnya, Kawan Mula bisa melarutkan cuka sari apel dalam air. Kemudian kumur-kumur. Cara ini dinilai mampu membunuh bakteri yang mengakibatkan bau mulut. Selain itu, berdasarkan studi yang ada di Journal of Prosthodontics, mengatakan bahwa apple cider vinegar memiliki sifat anti-jamur, khususnya pada peradangan selaput lendir yang terjadi di bawah gigi tiruan.

 

8. Mengatasi diare

Proses pembuatan cuka sari apel perlu melewati tahapan fermentasi sehingga menghasilkan pektin (serat yang mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus). Pektin ini berperan untuk memadatkan feses saat mengalami diare. Berdasarkan jurnal  Scientific Reports, cuka apel telah terbukti ampuh dalam membunuh bakteri  E. coli yang menjadi sumber diare. Meski apple cider vinegar sudah melalui proses fermentasi dan menghasilkan asam asetat. Perlu diingat bahwa beberapa orang mungkin bisa mengalami sakit perut atau mulas, bahkan diare.

 

Nah, itulah manfaat dari cuka apel yang bisa Kawan Mula rasakan. Meski cuka sari apel memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh, Kawan Mula perlu ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebih karena dapat memberikan efek samping bagi kesehatan. Efek samping dari apple cider vinegar, yaitu penurunan kadar potassium, tenggorokan atau kulit terasa panas, hingga menyebabkan erosi pada enamel gigi.

Oleh karena itu, sebaiknya larutkan apple cider vinegar di air sebelum mengonsumsinya dan tidak minum secara langsung supaya mencegah efek negatifnya. Kemudian mulailah dengan dosis yang rendah untuk mengukur dan mengetahui sensitivitas tubuh Kawan Mula.

Jika kamu tertarik mencoba dan merasakan khasiatnya, kamu bisa mulai mencoba Apple Cider Vinegar dari Verdure di awalmula.co.id. Awal Mula adalah platform e-commerce produk kesehatan lokal, yang menghadirkan berbagai bahan, makanan dan bumbu makanan yang sehat demi mendukung Kawan Mula dalam menjalani pola hidup sehat.