Menjaga Imunitas Tubuh selama Pandemi dengan Rempah Asli Indonesia

7 February 2022
Menjaga Imunitas Tubuh selama Pandemi dengan Rempah Asli Indonesia
BY Awal Mula

Setiap orang pasti ingin hidup sehat agar tetap bisa menjalankan aktivitas dengan produktif. Imunitas tubuh atau yang dikenal juga dengan kekebalan tubuh adalah kemampuan tubuh seseorang dalam melawan mikroorganisme yang berbahaya. Di masa pandemik ini, imunitas tubuh berperan sebagai tameng pertahanan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari pengaruh biologis luar dengan mengenali dan membunuh mikroorganisme parasit yang dapat menyebabkan penyakit. Oleh karena itu penting bagi Kawan Mula untuk menjaga kesehatan tubuh saat pandemik, karena dengan imunitas tubuh yang baik maka dapat melindungi tubuh dari bakteri, virus, parasit, atau jamur penyebab penyakit.

 

Apabila imunitas tubuh sedang lemah, maka tubuh tidak akan mampu melawan berbagai mikroorganisme penyebab penyakit. Banyak cara untuk meningkatkan imunitas termasuk dengan mengonsumsi rempah – rempah asli Indonesia loh! Berikut lima rempah – rempah Indonesia yang bisa dijadikan referensi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Baca Juga: Apakah Diperbolehkan untuk Melakukan Diet saat Pandemi COVID-19?

1. Manfaat Jahe

Sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia bahwa jahe memiliki segudang manfaat. Jahe bisa meningkatkan imunitas tubuh, melancarkan sistem pencernaan, melawan peradangan, serta obat tradisional untuk pilek dan mual. Selain itu jahe juga memiliki manfaat untuk mencegah asam lambung. Hal ini karena jahe memiliki kandungan antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang sanggup untuk menopang imunitas tubuh serta mencegah infeksi. Kawan Mula bisa membuat jahe menjadi minuman dengan direbus atau mencampurnya dengan teh.

 

2. Manfaat Kunyit

Adanya zat kurkumin di dalam kunyit menjadikannya rempah yang juga dapat bekerja meningkatkan imunitas tubuh. Kunyit juga bisa membantu mengobati radang, mengurangi rasa mual, mengatasi perut kembung, serta mengurangi nyeri saat haid. Kawan Mula dapat mengolahnya menjadi jamu dan teh. Kunyit juga memiliki manfaat untuk kulit wajah, Kunyit mengandung sifat-sifat yang membuat kulit cerah alami.

 

3. Manfaat Temulawak

Temulawak juga memiliki kandungan zat kurkumin yang baik untuk imunitas tubuh. Temulawak dapat dikonsumsi sama seperti jahe dan kunyit bahkan ketiganya bisa dicampur jadi satu. Temulawak memiliki manfaat untuk memperlancar pencernaan, kandungan dldalamnya dapat merangsang produksi empedu di kantung empedu sehingga meningkatkan fungsi pencernaan.

 

4. Manfaat Ginseng

Tahukah Kawan Mula kalau ginseng masuk ke dalam tanaman herbal paling popular di dunia yang dipercaya bisa meningkatkan kesehatan. Seperti meningkatkan imunitas, menambah energi, serta mengatasi flu. Hal ini karena ginseng memiliki senyawa seperti saponin yang mengatur fungsi sistem imun. Ginseng dapat dinikmati dengan dibuat sebagai minuman hangat maupun jamu.

 

5. Manfaat Bawang Putih

Bahan memasak ini sudah dipastikan ada di setiap rumah masyarakat Indonesia. Bawang putih diyakini dapat memelihara dan meningkatkan imunitas tubuh karena mampu memacu penambahan sel-sel darah putih. Bahkan menurut penelitian, bawang putih memiliki manfaat untuk mencegah penyakit flu secara efektif loh Kawan Mula.

 

Kawan Mula sudah familiar dengan rempah – rempah di atas bukan? Selain mengonsumsi berbagai rempah di atas, disarankan juga untuk menjalani pola hidup sehat. Seperti rutin berolahraga, makan makanan yang bergizi, serta tidur yang cukup untuk memaksimalkan imunitas tubuh. Kawan Mula juga dapat memperolah berbagai olahan rempah – rempah Indonesia seperti jahe merah, mpon – mpon, dan lainnya di awalmula.co.id ya!