7 Menu Diet Sirtuin yang Bikin Langsing seperti Adele

9 August 2022
7 Menu Diet Sirtuin yang Bikin Langsing seperti Adele
BY Awal Mula

Diet sirtfood yang dilakukan secara disiplin dan disertai dengan menu diet yang tepat, akan menurunkan berat badan secara signifikan. Pada fase pertama saja, berat badan bisa turun hingga tiga kilogram. Namun, jika diet ini ini berakhir, maka kecenderungan untuk kembali naik akan lebih besar. Karena itu, dianjurkan untuk tetap menjaga pola makan meski berat ideal telah dicapai.

5 Menu Diet Sirtfood yang Bikin Langsing seperti Adele

Agar diet sirtfood yang Kamu lakukan dapat berjalan sesuai keinginan, maka mengikuti menu resep sirtfood bisa menjadi solusinya. Berikut 5 menu sirtfood yang bisa membuat Kamu langsing layaknya Adele.

1. Jus buah sirtfood

Siapkan 75 gram kale, 1 buah apel hijau, 150 gram seledri (daun sekaligus batangnya), ½ buah lemon (ambil airnya), dan ½ sdt teh hijau. Blender semua bahan dengan menambahkan sedikit air. Hasil blenderan harus sebanyak 50 mL.

Baca Juga: Daftar Menu Diet DEBM untuk Seminggu

2. Bola-bola kue sirtuin

Siapkan 120 gram kacang walnut/ kenari, 250 gram kurma yang sudah diiris, 30 gram coklat batang, 1 sdm cokelat bubuk, 1 sdm kunyit bubuk, 1 sdm minyak zaitun, vanilla secukupnya, dan 2sdm air.

Baca Juga: Bahaya Sayur Kale Jika Dikonsumsi Berlebihan

Cara membuatnya cukup mudah. Blender kasar kacang walnut dan cokelat batang, lalu campurkan semua bahan kue, kecuali air. Jika sudah membentuk bongkahan besar, baru tambahkan air. Blender lagi, lalu bentuk seperti bola-bola. Agar lebih nikmat disantap, masukkan kue ke dalam wadah kedap udara, lalu diamkan di lemari pendingin selama 1 jam.

3. Ayam panggang sambal matah dan kale

Bagian ayam yang dipakai untuk membuat menu diet sirtuin adalah dada sebanyak 120 gram. Marinasi dada ayam dengan kunyit bubuk, perasan jeruk nipis, dan minyak zaitun, diamkan beberapa saat. Selanjutnya, panggang dada ayam tersebut selama 5-10 menit dengan suhu 220 oC. Jika warnanya sudah kuning keemasan, balik dada ayam, lalu masak lagi selama 8-10 menit dengan suhu yang sama.

Baca Juga: Olahan Menu Makanan dari Sorgum

Untuk sayurnya, rebus kale selama 5 menit dengan air mendidih, lalu tiriskan. Kemudian, tumis bawang Bombay cincang dan seruas jahe dengan minyak zaitun. Jika sudah harum, masukkan kale. Sementara untuk sambal matah sirtfood dibuat dari irisan tomat, cabe, dan seledri yang diberi perasan jahe.

4. Sirt Muesli

Muesli adalah makanan yang berasal dari Swiss. Makanan ini dibuat dari rolled oat yang dicampur dnegan biji-bijian, kacang-kacangan dan buah kering. Jika Kamu pernah menyicipi granola atau oat, cara penyajian muesli mirip dengan keduanya.

Baca Juga: Manfaat Teh Hitam untuk Diet

Cara membuat sirt muesli cukup mudah. Siapkan 20 gram flake sorgum, 10 gram puff sorgum, 15 gram kelapa parut atau kelapa kering, 40 gram kurma madjool cincang, 15 gram kenari cincang, 10 gram biji kakao, 100 gram stroberi cincang, dan 100 gram yoghurt.

Cara penyajiannya, campurkan semua bahan kecuali stroberi dan yoghurt. Kemudian susun irisan stroberi diatasnya dan siramkan yoghurt. Jika Kamu ingin menyisakannya untuk makan malam, tidak masalah. Bahan kering yang sudah dicampur bisa diletakkan di wadah kedap udara lalu disimpan di lemari es. Asalkan stroberi dan yoghurt tidak dicampur, muesli masih nikmat disantap.

5. Salad kale

Bahan untuk membuat salad kale cukup mudah ditemukan. Kamu tinggal memasukkan peterseli, irisan apel, seledri, dan kacang walnut, lalu campur hingga rata. Untuk sausnya, gunakan perpaduan minyak zaitun dan perasan lemon.

Menu-menu yang ada pada sirtfood mungkin jarang jumpai di sekitar Kamu. Karena itu, asalkan bahan yang digunakan memiliki kandungan sirtuin, maka Kamu memiliki kebebasan untuk mengkreasikan makanan Kamu sesuai dengan selera dan budget yang dimiliki.