10 Jenis Minuman Herbal dan Manfaatnya untuk Kesehatan

14 July 2022
10 Jenis Minuman Herbal dan Manfaatnya untuk Kesehatan
BY Awal Mula

Rempah-rempah dan tanaman herbal merupakan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan minuman herbal. Umumnya, minuman herbal digunakan sebagai bahan pengobatan karena dipercaya memiliki manfaat kesehatan. Lalu, apa saja jenis minuman herbal yang ada dan manfaatnya? Yuk, simak pembahasan lengkap mengenai minuman herbal dan khasiatnya di artikel ini!

Bahan-Bahan Untuk Minuman Herbal

Minuman herbal sering dianggap minuman sehat lantaran minuman ini mengandung beberapa jenis rempah atau tanaman herbal seperti:

  • Jahe
  • Kunyit
  • Temulawak
  • Sereh
  • Kayu manis
  • Rosemary

Selain memiliki manfaat kesehatan yang bagus untuk tubuh. Minuman herbal juga cukup mudah untuk dibuat. Kamu cukup menyiapkan salah satu bahan atau beberapa bahan di atas untuk membuatnya. Contohnya, membuat wedang jahe dari jahe, wedang sereh dari sereh, dan lainnya.

Mengenali 10 Minuman Herbal & Khasiatnya

Rempah-rempah dan tanaman herbal dapat diubah menjadi minuman sehat dan kaya manfaat. Berikut ini beberapa jenis minuman herbal dan manfaatnya, yang perlu kamu tahu:

Baca Juga: Manfaat Rebusan Kulit Nanas, Bisa Lancarkan Pencernaan

Wedang Jahe

Wedang jahe merupakan minuman herbal yang paling sering disajikan orang Indonesia. Minuman herbal ini cukup mudah untuk dibuat, yaitu cukup merebus jahe. Kemudian air rebusan jahe diberi perasan jeruk nipis, lemon, atau madu untuk memberikan tambahan rasa. Air rebusan jahe memiliki manfaat kesehatan yang bagus untuk tubuh. Minuman ini memiliki sifat sebagai antiradang, meredakan nyeri saat menstruasi, merangsang daya tahan tubuh, dan ampuh untuk mengatasi rasa mual.

Baca Juga: Daftar Menu diet DEBM Untuk Seminggu

Tidak hanya itu, wedang jahe juga berguna untuk meredakan sembelit dan mencegah tukak lambung. Meski khasiatnya bagus untuk kesehatan, wanita hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum mencoba wedang jahe. Hal ini dikarenakan konsumsi minuman jahe dengan dosis tinggi berkaitan dengan risiko keguguran pada wanita hamil.

Wedang Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang sering digunakan dalam masakan. Namun tidak hanya makanan, kunyit juga bisa dijadikan minuman herbal yang kaya manfaat. Kunyit bisa diolah menjadi minuman wedang kunyit.  Air rebusan dari hasil parutan kunyit dapat membantu mengendalikan peradangan karena memiliki efek antioksidan. Selain itu, sifat anti-peradangan yang berasal dari kurkuma juga berguna dalam meredakan nyeri sekaligus mengobati pembengkakan akibat radang sendi. 

Baca Juga: Manfaat Air Rebusan Cengkeh Untuk Kesehatan

Namun, di antara banyaknya manfaat wedang kunyit, salah satu manfaat yang cukup menggugah adalah efek kontrolnya terhadap kolesterol. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Immunology, kurkuma dalam kadar yang rendah berkaitan dengan penurunan kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total.

Kunyit Asam

Selain wedang kunyit, minuman herbal lainnya yang menggunakan kunyit adalah kunyit asam. Minuman yang dibuat dari kunyit ini sering digunakan sebagai minuman herbal untuk mengatasi nyeri haid pada wanita.

Namun tidak hanya itu, kunyit asam memiliki manfaat lainya seperti mengendalikan gula darah, mencegah risiko kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu menurunkan berat badan.

Beras Kencur

Beras kencur merupakan minuman herbal yang terbuat dari beras yang dihaluskan, kencur, daun pandan, dan asam jawa. Bahan-bahan tersebut tidak hanya memperkaya rasa pada minuman saja, melainkan memiliki khasiat untuk kesehatan. Manfaat beras kencur bagi kesehatan, yaitu meredakan diare, mempertahankan gula darah normal, meredakan batuk berdahak, meningkatkan nafsu makan pada anak, hingga menyembuhkan luka setelah melahirkan.

Wedang Sereh

Sereh atau serai memiliki aroma dan rasa yang unik, sehingga banyak orang senang mengonsumsi sereh sebagai minuman herbal. Selain aroma dan rasanya, sereh juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, misalnya memiliki efek antimikroba, antioksidan, dan anti-peradangan.

Berdasarkan beberapa laporan mengenai sereh mengatakan bahwa wedang sereh memiliki potensi untuk menurunkan risiko penyakit kanker.  Selain itu, apabila Kawan Mula sedang menjalani diet, konsumsi wedang sereh secara rutin juga dapat membantu menurunkan berat badan karena sereh memiliki efek diuretik.

Baca Juga: Efek Samping Makan Buah Blackberry

Sama seperti wedang jahe, wedang sereh pun cukup mudah dibuat. Kawan Mula cukup merebus sereh dalam waktu beberapa menit. Lalu minum sehari sekali saja untuk menghindari mengonsumsi sereh secara berlebihan.

Wedang Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah yang kaya akan antioksidan, terutama senyawa polifenol. Kandungan tersebut dapat membantu dalam mengendalikan radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit.

Selain itu, wedang kayu manis juga dapat menjadi minuman herbal bagi penderita jantung. Hal ini dikarenakan kayu manis dikaitkan dengan kemampuan menurunkan tekanan darah, mengendalikan trigliserida, meningkatkan HDL (kolesterol baik), dan mengontrol LDL (kolesterol jahat). Untuk merasakan khasiatnya, kamu cukup merebus kayu manis. Kemudian tambahkan sedikit madu untuk menambah rasa.

Air Rebusan Kembang Sepatu

Kembang sepatu atau nama lainnya Hibiscus ini dapat dijadikan minuman herbal yang memiliki banyak khasiat. Manfaat air rebusan kembang sepatu di antaranya yaitu membantu menurunkan kolesterol buruk (LDL), mengatasi diabetes, sebagai obat penyakit liver, mengatasi nyeri haid, sembelit, dan obat flu. Untuk membuat minuman ini, kamu cukup merebus bunga kembang sepatu, kemudian minum air rebusannya yang berwarna merah magenta dengan rasa asam.

Rebusan Rosemary

Selain rebusan kembang sepatu, Kawan Mula juga bisa mencoba alternatif lainnya, yaitu rebusan rosemary. Minuman herbal ini sering ditemukan dalam resep kuliner barat karena memiliki ragam manfaat kesehatan. Beberapa manfaat kesehatan di antaranya adalah memiliki sifat antimikroba, antioksidan, hingga anti-peradangan.

Tidak hanya itu, air rebusan rosemary juga berguna dalam memberikan efek menenangkan bagi pikiran. Selain itu, rosemary juga berpotensi dapat meningkatkan kemampuan daya ingat seseorang, menjaga kesehatan mata, hingga berguna untuk otak. Ketika merebus daun rosemary, kamu bisa menambahkan bahan lain seperti madu untuk menambah rasa dari air rebusannya.

Rebusan Dandelion

Selain memiliki bentuk yang cantik, bunga dandelion juga dapat dimanfaatkan sebagai minuman herbal. Walau minuman dari dandelion kurang akrab didengar, namun tanaman ini sudah biasa dijadikan teh dengan memanfaatkan daun atau akarnya.

Selain itu, bunga dandelion sendiri juga bisa dikonsumsi karena tergolong edible flower. Beberapa manfaat dan potensi dari rebusan akar atau daun dandelion yaitu menghambat pertumbuhan kanker, mencegah infeksi saluran kemih, efek diuretik, dan menjaga kesehatan hati.

Wedang Uwuh

Wedang uwuh memiliki arti yang unik dalam Bahasa Jawa, yaitu minuman sampah. Nama wedang uwuh diambil karena tampilannya terlihat berantakan menyerupai sampah rempah. Meski begitu, minuman satu ini memiliki ragam khasiat yang bagus.  Beberapa manfaat wedang uwuh, yaitu meredakan sakit tenggorokan, batuk, meningkatkan libido, menjaga kesehatan jantung, hingga mengurangi risiko penyakit kanker. Wedang uwuh dibuat dari berbagai macam rempah, di antaranya adalah jahe, cengkeh, pala, kayu manis, serai, secang, kapulaga, dan gula pasir atau gula batu. Namun, kini Kawan Mula tidak perlu repot meracik wedang uwuh dari nol, kamu bisa mencoba wedang uwuh dari Singabera.

Minuman herbal ini terbuat dari beberapa rempah, yaitu jahe emprit, daun cengkeh, daun kayu manis, pala, dan kayu secang. Untuk membuat minuman ini, caranya sangatlah mudah. Kamu cukup menyeduh wedang uwuh Singabera dengan air panas. Setelah itu, minuman wedang uwuh siap dinikmati.