5 Olahan Kurma yang Sehat Terbaru Untuk Ide Takjil. Wajib Kamu Coba!

18 March 2022
5 Olahan Kurma yang Sehat Terbaru Untuk Ide Takjil. Wajib Kamu Coba!
BY Awal Mula

Kurma merupakan buah yang sering ditemui dan dijadikan makanan untuk berbuka puasa. Selain dimakan secara langsung, kurma juga dapat diolah menjadi makanan sehat untuk takjil. Di artikel ini Awal Mula akan membagikan beberapa ide olahan kurma untuk menu takjil yang bisa dicoba di rumah.

Ide Olahan Kurma yang Sehat dan Untuk Buka Puasa

Berikut ini beberapa ide menu takjil dari kurma yang sehat dan mudah dibuat saat bulan puasa:

1. Smoothie Kurma Coklat Vegan

Untuk membuat smoothie kurma, cukup masukkan susu kacang dan kurma ke dalam blender, kemudian blender dengan kecepatan tinggi hingga halus sekitar 30 detik. Setelah itu, tambahkan pisang, bubuk kakao, mentega almond, dan kayu manis. Kemudian blender lagi dengan kecepatan tinggi hingga benar-benar halus dan lembut selama 45 detik. 

Setelah selesai, smoothie siap dinikmati saat buka puasa. Selain mudah dibuat, minuman ini juga kaya akan nutrisi sehingga bagus untuk kesehatan. Sebagai tambahan, jika kurma yang kamu punya kering dan keras, sebelum diblender coba rendam dalam air panas selama lima menit. Setelah itu, tiriskan dan haluskan.

2. Susu Kurma

Pernah mencoba susu kurma? manfaat susu kurma selain menyegarkan juga sebagai sumber antioksidan. Jika belum, kamu bisa membuatnya sendiri . Bahan membuat susu dari kurma yakni 1/4 cup pistachio kupas, satu 1/2 cup susu almond, 4 buah kurma medjool yang dicincang, dan 5-6 es batu. Kamu Coba resep susu kurma enak & mudah dibuat.

3. Puding Kurma

Kurma dapat diolah menjadi segala menu makanan, termasuk puding kurma. Untuk membuat menu ini, cukuplah mudah. Kamu dapat mencoba resep puding kurma yang segan & manis.

4. Pisang Goreng Kurma Kayu Manis

Pisang goreng kurma yang ditaburi kayu manis dapat menjadi ide makanan untuk takjil pada saat puasa. Untuk membuat menu ini, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tepung, kayu manis bubuk, satu butir telur, air soda, minyak sayur, 8 kurma segar, satu pisang besar yang dipotong menjadi empat bagian, dan gula icing. 

Setelah semua bahan terkumpul, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengaduk tepung dan kayu manis ke dalam mangkuk dan buat lubang di bagian tengah. Lalu tambahkan telur dan air soda secukupnya hingga tercampur menjadi adonan yang lembut dan halus. 

Di atas api sedang, panaskan minyak sayur secukupnya dalam panci hingga menutupi alasnya sejauh 2-3 cm sampai sedikit adonan yang jatuh ke dalam minyak mendesis dan naik ke permukaan.

Setelah itu, celupkan kurma dan potongan pisang ke dalam adonan, lalu masukkan ke dalam minyak panas dan goreng selama 2-3 menit atau sampai adonan garing dan berwarna coklat keemasan. Kemudian, angkat dengan sendok berlubang dan tiriskan di atas tisu. Sajikan dengan gula icing.

5. Salad Buah dengan Saus Kurma Kayu Manis

Berbuka dengan salad buah dapat menjadi pilihan menu buka puasa yang sehat dan segar. Untuk membuat menu ini bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranya, yaitu satu apel, jeruk, pisang, setengah sendok kayu manis, enam kurma medjool, dan satu sendok vanili, sejumput garam, dan sebagai opsi kamu bisa menambahkan kenari yang sudah dipotong cincang.

Setelah semua bahan tersebut terkumpul, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memotong buah-buahan menjadi potongan kecil. Kemudian masukkan ke dalam mangkuk. Setelah itu, taburi dengan kacang jika kamu ingin.

Jika buah-buahan sudah siap, maka kamu perlu menyiapkan saus kurma. Untuk membuatnya, enam kurma yang ada dihaluskan, lalu tambahkan vanili, garam, dan kayu manis. Setelah itu, tambahkan air secukupnya secara perlahan hingga saus berbentuk konsistensinya seperti kuah. Setelah saus kurma kamu jadi, tuang saus tersebut di atas buah dan aduk secara merata.

Nah, itulah lima olahan kurma yang sehat untuk ide takjil yang bisa kamu coba. Bagaimana menarik bukan? Yuk, coba menu di atas untuk ide buka puasa kamu dan keluarga di rumah!