Olahraga Mengecilkan Paha untuk Pemilik Paha Besar

28 July 2022
Olahraga Mengecilkan Paha untuk Pemilik Paha Besar
BY Awal Mula

Memiliki paha besar bisa membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri. Sebab dapat mengganggu penampilan. Hal ini membuat sebagian orang tidak suka mengenakan celana jeans yang ketat atau pakaian lainnya yang dapat menonjolkan paha besarnya.

Untuk menghilangkan paha besar, salah satu cara yang bisa Kamu lakukan yaitu dengan berolahraga. Namun kadangkala karena kesibukan menjadikan seseorang sulit meluangkan waktu untuk olahraga mengecilkan paha. Padahal ada banyak jenis olahraga yang cocok untuk mengecilkan paha hanya dalam waktu 5 menit saja.

Penyebab Lemak di Paha Sulit Hilang

Memiliki paha yang besar bisa dialami oleh siapa saja, termasuk para wanita yang umumnya merasa tidak percaya diri dengan kondisi ini. Lemak di paha ini rupanya sulit hilang meski sudah dilakukan olahraga, sebab terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu sebagai berikut.

Baca Juga: Manfaat Plank Untuk Tubuhmu

Faktor genetik

Gen menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada kenaikan berat badan dan penurunan berat badan. Menurut American Council on Exercise disebutkan bahwa setiap area tubuh yang menjadi tempat bertambahnya lemak pertama kali akan menjadi area yang paling sulit diubah.

Baca Juga: 6 Cara Mengecilkan Lengan Tanpa ke Gym

Maka apabila lemak di paha Anda adalah area pertama, kemungkinan akan lebih sulit dihilangkan. Namun, bukan berati tidak mungkin hilang. Seiring berjalannya waktu, tentu ukuran paha bisa mengecil dengan ketelatenan Anda dalam olahraga.

Faktor usia

Semakin bertambahnya usia, tubuh akan semakin kehilangan massa otot. Dikarenakan otot membakar kalori lebih banyak dibandingkan lemak. Kehilangan otot menjadikan kebutuhan kalori harian semakin berkurang. Sehingga dengan cara yang sama untuk menurunkan berat badan Anda di paha menjadi kurang efektif.

Metode membakar lemak yang tidak tepat

Sudah berolahraga dengan giat tetapi lemak di paha tidak berkurang juga. Apa yang salah ya? Bisa jadi sebab cara membakar lemak di paha yang belum tepat. Apabila Anda sering berolahraga dengan menggunakan kaki, tubuh bisa saja sedang membangun otot, bukan membakar kalori pada area paha.

Maka Anda juga perlu untuk meningkatkan pola hidup yang sehat, aktivitas aerobik serta diet sehat untuk menunjang usaha Anda dalam mengecilkan paha.

Olahraga Untuk Mengecilkan Paha dalam 5 Menit

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan meski hanya dalam waktu 5 menit saja. Gerakan-gerakan olahraga ini bisa Anda lakukan sebelum tidur. Sehingga tidak ada alasan Anda terlalu sibuk sehingga tidak sempat olahraga. Berikut gerakan-gerakan untuk mengecilkan paha secara mudah.

Gerakan mengangkat 1 kaki

Poin utama dari gerakan mengangkat 1 kaki yaitu Anda bisa mengangkat kaki lurus ke atas dengan begitu perlahan, kemudian mampu menahannya selama mungkin. Baru kemudian berganti dengan kaki yang satunya. Jadi bukan cepat-cepatan mengangkat dan menurunkan kaki secara bergantian.

Gerakan ini bisa dilakukan dengan berdiri menghadap pada tembok, kemudian dorong kaki Anda lurus ke depan lalu tahan 10 hitungan. Lakukan bergantian dengan kaki yang satu.

Gerakan menggunting bantal

Gerakan ini dapat dilakukan dengan posisi tubuh terlentang di kasur. Selanjutnya tekuk lutut sembari menjepit bantal diantara paha Anda. Kemudian angkatlah kaki kanan dan kiri secara bergantian sembari menjepit bantal. Maka dari itu gerakan ini disebut menggunting bantal. Gerakan menggunting bantal yang dilakukan secara rutin dapat membuat paha Anda lebih kecil.

Mengangkat dan meluruskan kaki

Gerakan selanjutnya yang dapat Anda lakukan dengan terlentang di kasur atau matras yaitu mengangkat dan meluruskan kaki. Seperti namanya, gerakan ini dilakukan dengan mengangkat kaki Anda lalu tahan selama 10 detik dan turunkan. Ulangi gerakan ini sebanyak 8 kali.

Ketika mencoba gerakan ini, bisa jadi otot-otot Anda akan terasa tegang dan tertarik pada awalnya. Namun lama-kelamaan bisa lemas.

Gerakan mengangkat paha ke belakang

Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara meletakkan bantal pada bagian bawah perut Anda. Lalu tekuk lutut dan dengan menggunakan kekuatan pantat kiri, angkatlah paha kiri Anda ke atas dengan maksimal. Lalu tahan selama 5 detik. Lakukan gerakan ini secara bergantian.

Selain olahraga diatas, ada banyak hal yang juga perlu Anda perhatikan supaya usaha mengecilkan paha menjadi lebih maksimal. Misalnya naik turun tangga saat di kantor, ketimbang naik lift. Jika dilakukan setiap hari tentu hasilnya menjadi lebih maksimal.

Selain itu, saat berolahraga berhati-hatilah juga pada resiko cedera hamstring. Cedera ini dapat etrjadi terutama pada orang yang belum terbiasa dengan gerakan olahraga pengencangan otot paha. Maka dari itu, sebaiknya lakukan peregangan otot lebih dulu sebelum berolahraga untuk memperkecil resiko cedera. Atau Anda juga bisa berkonsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum melakukan gerakan yang terlihat beresiko.

Nah itu tadi beberapa gerakan mengecilkan paha yang dapat Anda terapkan di rumah. Selain dengan berolahraga jangan lupa untuk tetap minum air putih dan makanan yang sehat agar kondisi tubuh tetap fit dan senantiasa terhidrasi. Maka tak hanya paha yang ramping tetapi tubuh juga menjadi lebih sehat dan bugar.