Waspada! Ini 5 Daftar Penyakit yang Disebabkan Karena Kekurangan Kalsium

15 September 2022
Waspada! Ini 5 Daftar Penyakit yang Disebabkan Karena Kekurangan Kalsium
BY Awal Mula

Apakah Kamu pernah menderita kuku rapuh, kulit kering, nyeri otot, dan kerusakan gigi? itu merupakan salah satu gejala akibat kekurangan kalsium yang harus diwaspadai karena dapat menyebabkan gejala yang lebih serius kedepannya

Nah, berhati-hatilah karena beberapa penyakit ini seringkali disebabkan oleh kekurangan kalsium dalam tubuh lho.

Baca Juga: Hiperkalsemia, Penyakit Kelebihan Kalsium dalam Tubuh

Daftar Penyakit Akibat Kekurangan Kalsium

1. Osteoporosis

Osteoporosis menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh bahkan kondisi terburuknya bisa menyebabkan patah tulang. Osteoporosis ini seringkali ditemui pada lansia dan usia 30 tahunan ke atas yang sudah menopause.

Tulang menyimpan kalsium dengan baik namun mereka membutuhkan tingkat kalsium yang tinggi agar tetap kuat. Ketika kadar kalsium secara keseluruhan rendah, tubuh dapat mengalihkan sebagian dari tulang yang membuatnya rapuh dan rentan terhadap cedera.

Baca Juga: 5 Olahan Makanan dari Sorgum

Seiring waktu, tubuh mengandung sedikit kalsium yang dapat menyebabkan osteopenia dan pengurangan kepadatan mineral di tulang. Hal ini dapat menyebabkan osteoporosis yang menyebabkan tulang menjadi lebih tipis dan rentan terhadap patah tulang dan masalah yang berkaitan dengan postur.

2. Kelelahan ekstrem

Kadar kalsium yang rendah dapat menyebabkan kelelahan pada tubuh yang ekstrem dan melibatkan kekurangan energi dan perasaan lelah seharian. Hal ini juga dapat menyebabkan tubuh menjadi insomnia.

Baca Juga: Manfaat Ketumbar Untuk Jantung

Kelelahan yang berkaitan dengan kekurangan kalsium juga dapat melibatkan sakit kepala ringan, pusing, dan kabut otak yang ditandai dengan kurang fokus, pelupa, dan kebingungan.

3. PMS parah

Kadar kalsium yang rendah dalam tubuh seringkali dikaitkan dengan sindrom pramenstruasi yang parah (PMS). Berdasarkan uji pada peserta yang melaporkan peningkatan suasana hati dan penurunan tingkat retensi cairan setelah mengkonsumsi 500 miligram kalsium setiap hari selama 2 bulan.

Pada 2019, para peneliti menyimpulkan bahwa kadar vitamin D dan kalsium yang rendah selama paruh kedua siklus menstruasi dapat menyebabkan gejala PMS. Suplemen dapat meringankan gejala iini.

4. Masalah gigi

Ketika tubuh kekurangan kalsium menyebabkan muncul masalah di bagian gigi termasuk kerusakan gigi, gigi rapuh, gusi teriritasi, akar gigi lemah, dan kekurangan kalsium pada bayi dapat mengganggu perkembangan gigi.

5. Depresi

Beberapa bukti menunjukkan bahwa kekurangan kalsium dapat dikaitkan dengan gangguan mood termasuk depresi meskipun mengkonfirmasi hal ini membutuhkan penelitian lebih lanjut. Kekurangan kalsium dapat menimbulkan gejala depresi sehingga harus berkonsultasi dengan dokter terkait hal ini.

Orang depresi kebanyakan mengurung diri dalam rumah dan tidak melakukan aktivitas di luar ruangan sehingga menyebabkan kurangnya asupan vitamin D dalam tubuh dan memancing timbuulnya depresi. Karena umumnya hormone akan terpicu saat terkena sinar matahari dan mendapatkan asupan vitamin D.

Kekurangan kalsium ini disebabkan karena tubuh kurang asupan vitamin D, pola makan vegetarian, efek samping obat tertentu dan gangguan penyerapan nutrisi. Penyakit seperti gangguan hormone juga dapat menyebabkan kekurangan kalsium.

Apakah Penyakit Kekurangan Kalsium Umum Terjadi?

Sementara para ahli kesehatan belum menetapkan secara pasti seberapa umum penyakit akibat kekurangan kalsium ini. di Amerika Serikat, wanita yang lebih tua 4 tahun dan wanita remaja serta pria berusia 9-18 tahun atau lebih tua mungkn memiliki resiko defisiensi yang lebih tinggi.

Menurut penelitian di Inggris, kekurangan kalsium masih sering terjadi pada orang dengan penyakit kronis. Wanita cenderung tidak mendapatkan cukup kalsium dari makanan yang dikonsumsi dibandingkan pria sehingga banyak para wanita yang menderita penyakit ini namun tidak menyadarinya.

Apakah Penyakit Kekurangan Kalsium ini Dapat Dicegah?

Kamu dapat mencegah penyakit kekurangan kalsium dengan memasukkan kalsium dalam program diet rutin. Ketahuilah bahwa makanan tinggi kalsium seperti produk susu juga bisa tinggi lemak jenuh dan lemak trans.

Untuk itu, pilihlah susu rendah lemak atau bebas lemak untuk mengurangi resiko terkena kolestrol dan penyakit jantung lainnya. Kamu juga bisa mendapatkan ¼ manfaat kalsium dalam satu porsi yoghurt dan susu.

Namun, perhatikan juga batasan konsumsi kalsium untuk orang dewasa:

  • 2000 mg per hari untuk pria dan wanita berusia 51 tahun ke atas
  • 2500 mg per hari untuk pria dan wanita berusia 19 hingga 50 tahun

Kamu mungkin bisa melengkapi program diet dengan mengkonsumsi multivitamin. Umumnya dokter juga akan merekomendasikan suplemen jika Kamuberesiko tinggi mengalami pengurangan kalsium.