Kenali Perbedaan Hair Tonic dan Hair Serum Sebelum Mencobanya!

22 May 2022
Kenali Perbedaan Hair Tonic dan Hair Serum Sebelum Mencobanya!
BY Awal Mula

Memiliki rambut yang sehat tidak cukup hanya dengan penggunaan shampo atau kondisioner. Kawan Mula juga perlu memberikan tambahan nutrisi seperti serum atau tonik rambut. Meski sama-sama memberikan nutrisi untuk rambut dan kulit kepala, namun keduanya tentu berbeda. Lalu, apa saja perbedaan hair tonic dan hair serum? Untuk tahu mengenai perbedaan keduanya, yuk simak pembahasan di artikel ini!

Perbedaan Antara Hair Tonic dan Hair Serum

Hair tonic (tonik rambut) adalah produk yang biasanya mengandung vitamin E, vitamin B2, dan lactic acid, serta bahan-bahan alami lainnya yang baik untuk kulit kepala. Produk ini memiliki banyak manfaat salah satunya untuk mencegah kerontokan rambut. 

Sedangkan hair serum adalah produk perawatan rambut yang umumnya diformulasikan dengan kandungan silikon. Dengan tujuan memberikan lapisan pelindung di atas helai rambut dan menghaluskan rambut yang kusut. 

Selain itu, manfaat serum rambut juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah seperti memperbaiki kerusakan rambut, menambah kilau rambut, dan melindungi dari polusi. Tidak hanya itu, hair serum juga dapat menjadi solusi untuk menyembunyikan ujung rambut yang bercabang.

Perlu Menambahkan Hair Tonic ke Dalam Perawatan Rambut?

Hair tonic memiliki beberapa manfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut. Dengan penggunaan hair tonic, kamu bisa menghindari atau mencegah masalah rambut seperti rambut rontok dan ketombe. 

Baca Juga: Cara Memakai Masker Rambut Yang Baik

Selain itu, ketika kamu mengoleskan tonik rambut maka rambut menjadi lebih mudah untuk diatur dan terlihat lebih bersih, serta berkilau alami. Bagi Kawan Mula yang punya permasalah rambut kasar dan kusam, hair tonic juga dapat menghaluskan dan merevitalisasi rambut menjadi lebih tertata rapi.

Jika Kawan Mula tertarik mencoba hair tonic, kamu bisa mencoba Varesse Hair Tonic Concentrate setelah keramas. Hair tonic ini terbuat dari bahan aktif herbal complex extracts serta multivitamin yang dapat membantu merawat kekuatan akar rambut agar tumbuh sehat dan kuat. 

Tidak hanya itu, hair tonic ini juga bisa membantu mengurangi kerontokan rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut. Perlu diingat bahwa hair serum ini terbuat dari bahan concentrate, maka kamu cukup menggunakan sedikit saja. Efek penggunaan hair serum ini bisa kamu dapatkan secara maksimal dan cepat mulai dari 14 hari.

Sudah lolos uji dermatologi dengan hasilnya non-iritasi dan terdaftar BPOM, hari tonic Varesse ini aman untuk kulit kepala dan digunakan sehari-hari. Produk ini bisa digunakan untuk pria dan wanita, serta anak usia 5 tahun ke atas. Bagi ibu hamil dan menyusui, serum ini juga aman digunakan.

Mengapa Penggunaan Hair Serum Penting?

Jika Kawan Mula punya masalah dengan rambut kusut yang sulit diatur atau rambu kering. Hal tersebut dapat terjadi karena faktor lingkungan proses pewarnaan rambut atau pemutihan yang berlebihan. Apapun alasan yang membuat rambut kamu kering dan kusut, maka serum rambut dapat menjadi produk yang tepat untuk kamu! Mengapa? Berkat kandungan silikon yang ada di dalamnya. 

Silikon tersebut bertanggung jawab untuk membentuk lapisan pelindung kedap air di sekitar kutikula rambut. Selain menyegel setiap helai rambut, silikon juga akan membuat rambut terasa dan terlihat lebih halus. Oleh karena itulah, penggunaan serum rambut menjadi penting agar rambut tetap sehat, bebas kusut, dan tetap halus. 

Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Hair Tonic?

Jika Kawan Mula lebih suka keramas tanpa menggunakan kondisioner, maka kamu bisa menggunakan hair tonic sebagai alternatif setelah keramas. Hair tonic cocok digunakan ketika rambut baru dicuci karena dapat memberikan tampilan dan nuansa yang lebih hidup dan tidak terlalu kusut. 

Apabila kamu memiliki rambut yang kering atau hampir kering, kamu bisa menggunakan hair tonic setiap hari. Cukup semprotkan hair tonic ke rambut kamu untuk memberikan kesegaran dengan cepat. Selain itu, bisa digunakan ketika rambut kamu mengembang dan sulit diatur. Dengan begitu, rambut kamu akan terlihat sedikit basah.

Kapan Waktu Yang Tepat Pakai Hair Serum?

Penggunaan hair serum sebaiknya dilakukan setelah mencuci rambut. Hal tersebut dilakukan karena rambut harus bersih sebelum menggunakan hair serum. Selain itu, penggunaan serum rambut ini bisa dilakukan setiap hari atau saat malam hari sebelum kamu tidur. Cara tersebut dapat menjadi rutinitas perawatan rambut kamu di malam hari.