8 Perbedaan Masker Rambut dan Conditioner yang Harus Kamu Ketahui!

13 September 2022
8 Perbedaan Masker Rambut dan Conditioner yang Harus Kamu Ketahui!
BY Awal Mula

Conditioner dan masker rambut menjadi dua hal yang tidak asing lagi bukan? meski banyak digunakan oleh orang-orang, masih banyak orang yang belum memahami apa perbedaan conditioner dan masker rambut. Nah, daripada bingung cari tahu perbedaan contioner dan masker rambut berikut ini!

Apa Itu Conditioner?

Kondisioner rambut merupakan produk perawatan rambut yang cukup populer dan banyak digunakan oleh para wanita. Conditioner ini bermanfaat untuk membuat batang rambut menjadi lebih halus, menghidrasi kembali, dan mengurangi keriting.

Conditioner juga mencegah rambut dari kerusakan yang mungkin disebabkan oleh paparan sinar matahari. Formula kondisioner ini ringan yang memungkinkan para penggunanya mudah dalam pengaplikasikan di kulit kepala dan batang rambut.

Baca Juga: Simak Manfaat Vitamin Rambut Biar Rambut Kamu Makin Kuat

Kondisioner rambut biasa diterapkan setiap mencuci rambut ke helai rambut yang basah dan dibiarkan selama beberapa menit dan kemudian dibilas sampai bersih. Kondisioner biasanya memiliki tekstur lembut yang bermanfaat untuk meningkatkan tampilan dan tampilan rambut secara instan.

Apa Itu Masker Rambut?

Masker rambut merupakan perawatan yang menutrisi rambut dan diperkaya dengan minyak bergizi alami dan bahan-bahan yang bekerja sangat baik pada rambut rusak dan kering. Masker rambut ini memelihara dan melembabkan rambut sehingga menutrisi rambut dengan baik.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Masker Rambut Yang Wajib Kamu Ketahui

Masker rambut sangat menghidrasi helai rambut dan mampu memperbaikinya secara mendalam. Masker rambut ini memberikan protein ekstra dan nutrisi yang penting untuk rambut.

Keramas dapat menyebabkan folikel rambut terbuka sehingga mengoleskan masker segera setelah dicuci akan sangat membantu masker rambut cepat meresap. Biarkan masker rambut bekerja selama tiga sampai 20 menit, bilas dan oleskan kondisioner. Batasi pemakaian masker seminggu sekali.

Perbedaan Conditioner dan Masker Rambut

Perbedaan utama dari masker dan kondisioner rambut adalah berbagai tingkat kelembaban dan hidrasi yang diberikan. Masker rambut ini merupakan perawatan reparative yang memperbaiki masalah dengan menembus batang rambut secara dalam.

Baca Juga: Cara Memakai Masker Rambut dengan Benar

Sebaliknya, kondisioner ini tidak dapat diterapkan karena tidak dapat bekerja seperti masker rambut terutama untuk rambut yang kering dan rusak. Kondisioner ini menawarkan hasil yang lebih instan, sementara masker ini bekerja jangka panjang dari dalam ke luar.

1. Tujuan

Masker rambut diformulasikan dengan minyak alami dan bahan-bahan bergizi untuk menutrisi rambut yang kering dan rusak. Sedangkan, kondisioner rambut ini hadir dalam bentuk cair yang melembabkan rambut dan melindunginya dari kerusakan lebih lanjut.

Baca Juga: Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan Rambut

Sementara sampo mengeringkan minyak sebum, kondisioner yang menghasilkan minyak sebum sintetis untuk menghidrasi rambut dengan baik.

2. Cara Penggunaan

Cara penggunaan masker rambut dimulai dengan membersihkan rambut dengan sampo dan bilas dengan benar. Keringkan rambut dengan handuk dan oleskan masker rambut lalu biarkan selama 20 sampai 30 menit.

Kamu bisa menggunakan kondisioner setelah mengaplikasikan masker rambut. Hal ini bermanfaat untuk menyegel manfat dari masker rambut ke dalam helai rambut. Tergantung pada jenis masker, Kamu dapat menggunakan sampo sebelum atau sesudah masker.

Cara penggunaan kondisioner dimulai setelah Kamu mencuci rambut dengan sampo lalu oleskan sedikit kondisioner pada helai rambut. Jangan mengoleskan kondisioner pada kulit kepala namun pastikan untuk mengoleskan kondisioner dari akar hingga ujung rambut. Biarkan selama dua hingga lima menit lalu bilas.

3. Waktu penggunaan

Waktu penggunaan masker rambut ini diaplikasikan setelah Kamu menggunakan alat pemanas atau produk kimia untuk menata rambut yang menjadikan rambut terlihat kering sehingga untuk memperbaikinya dibutuhkanlah masker rambut.

Sedangkan, untuk kondisioner rambut diaplikasikan setelah mencuci rambut dengan sampo. Namun kebanyakan orang menggunakan kondisioner terlebih dahulu dan kemudian menggunakan sampo.

Teknik ini lebih dikenal sebagai pencucian terbalik dan metode lain yang digunakan adalah co-washing dimana Kamu dapat melewatkan sampo sepenuhnya dan mencuci rambut hanya dengan kondisioner. Kedua metode ini sangat disarankan untuk Kamu yang memiliki rambut kering dan bertekstur.

4. Frekuensi penggunaan

Untuk masker wajah, Kamu bisa mengoleskan masker rambut sekali atau dua kali dalam seminggu. Namun, jika Kamu menggunakan masker perawatan yang menghidrasi, silahkan ikuti petunjuk penggunaan produk karena biasanya masker perawatan diinstruksikan untuk diterapkan seminggu sekali.

Sedangkan, untuk kondisioner dapat digunakan setiap kali Kamu menggunakan sampo untuk mencuci rambut Kamu. Hal ini sangat ideal untuk menerapkan kondisioner tiga kali dalam seminggu. Jika Kamu mulai merasakan kulit kepala berminyak setelah menggunakan kondisioner, kurangi frekuensi penggunaannya.

5. Lamanya pengaplikasian

Masker rambut perlu dibiarkan lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dan biasanya mengandung bahan-bahan yang lebih pekat. Kamu harus membiarkannya di rambut Kamu selama minimal 15-20 menit namun disesuaikan lagi dengan jenis dan bahan penggunaan.

Sedangkan, kondisioner tidak membutuhkan waktu yang lama karena sifatnya yang instan. Kamu dapat membiarkan kondisioner pada rambut hanya bertahan selama dua hingga lima menit  untuk hasil terbaik.