Perbedaan SPF 30 Dan 50, Manakah Yang Lebih Baik Untuk Wajah?

5 August 2022
Perbedaan SPF 30 Dan 50, Manakah Yang Lebih Baik Untuk Wajah?
BY Awal Mula

Salah satu rangkaian skincare yang jangan sampai Kamu skip penggunaannya adalah sunscreen. Sebab item skincare yang satu ini mampu melindungi kulit Kamu dari berbagai masalah kulit, misalnya penuaan dini.

Tapi pernahkah Kamu merasa bingung menentukan sunscreen SPF berapa yang hendak dipilih? Ada sunscreen yang mencantumkan SPF 30 dan SPF 50 bisa jadi membuat kita bertanya-tanya apa sih perbedaan antara keduanya. Apa pengaruhnya untuk kulit kita apabila memilih SPF yang tingkatnya lebih tinggi atau rendah? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa yang dimaksud SPF?

SPF atau Sun Protection Factor adalah angka yang menunjuk pada seberapa baik tabir surya tersebut bekerja melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. SPF juga menjadi penentu seberapa lama Kamu bisa berhadapan dengan sinar matahari tanpa takut resiko mengalami sunburn atau kulit terbakar.

Baca Juga: Manfaat Sunscreen Untuk Kulit

Kulit yang tidak dioleskan sunscreen saat berada di luar ruangan dapat mengalami resiko kulit kemerahan setelah 15 menit terpapar sinar ultraviolet. Dengan penggunaan sunscreen, maka hal tersebut bisa teratasi. Para ahli merekomendasikan penggunaan sunscreen dengan SPF minimal 30 yang bisa menghalangi 97% sinar ultraviolet matahari.

Berikut ini manfaat SPF:

Baca Juga: Ciri Wajah Rusak Akibat Krim Merkuri

  1. Dapat mencegah kulit kemerahan atau terbakar (sunburn)
  2. Mampu melindungi kulit dari hiperpigmentasi yang dapat membuat warna kulit menjadi tidak merata
  3. Mampu menjaga kondisi kulit tetap terhidrasi, sebab paparan sinar UV bisa menyebabkan kulit menjadi dehidrasi
  4. Dapat melindungi kulit dari resiko kanker kulit sebab kerusakan DNA

Melihat begitu banyak manfaat SPF untuk kulit Kamu, pastinya wajib untuk mengaplikasikan sunscreen setiap hari. Lalu benarkah semakin tinggi nilai SPFnya maka semakin baik?

Perbedaan SPF 30 dan SPF 50

Memilih sunscreen SPF 30 dan SPF 50 tentu bisa jadi pilihan sulit, terutama untuk Kamu yang masih awam. Mana ya yang lebih baik diantara keduanya? Seperti yang sudah diketahui diatas, bahwa angka SPF menjadi penentu seberapa lama Kamu dapat berada dibawah sinar matahari tanpa takut resiko sunburn.

Baca Juga: Tips Cara Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

Maka, ketika Kamu menggunakan SPF 30 artinya sunscreen tersebut mampu melindungi kulit Kamu dari paparan sinar ultraviolet selama 30x10 menit atau 300menit / 5 jam. Atau 30 kali lebih lama dibandingkan tanpa menggunakan suncreen.

Sedangkan SPF 50 artinya mampu melindungi kulitmu 50 kali lipat lebih lama dibandingkan tanpa menggunakan sunscreen, dimana 50x10 menit = 500 menit atau perlindungan selama 8 jam. Maka, semakin tinggi nilai SPFnya maka semakin lama kulit Kamu dapat terlindungi dari paparan sinar matahari.

Meski begitu, memakai sunscreen ber SPF tinggi tidak menjamin kulit Kamu terlindungi secara optimal dari paparan sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan. Sebab ada banyak faktor yang bisa berpengaruh pada efektivitas sunscreen, yaitu sebagai berikut:

  • Lamanya paparan sinar matahari
  • Cara penggunaan sunscreen
  • Perubahan cuaca atau suhu
  • Jenis kulit. Dimana kulit lebih terang lebih mudah mengalami sunburn dibandingkan kulit gelap
  • Banyaknya sunscreen yang diaplikasikan

Selain perbedaan lamanya perlindungan terhadap paparan ultraviolet, perbedaan SPF 30 dan 50 juga terletak pada seberapa besar perlindungannya. Menurut Healthline disebutkan bahwa sunscreen SPF30 mampu melindungi kulit dari sinar ultraviolet sebesar 97%. Sedangkan SPF 50 mampu melindungi kulit hingga 98%.

Nah itu tadi beberapa informasi seputar perbedaan SPF 30 dan SPF 50 serta mana yang bisa Kamu pilih untuk jenis kulit Kamu. Baik sunscreen dengan SPF 30 maupun SPF 50 mudah sekali terbilas oleh air. Maka dari itu sangat penting untuk mengaplikasikan sunscreen secara berulang terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Sehingga mencegah kulit Kamu terkena sunburn.