Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Mana yang Lebih Baik?

12 August 2022
Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Mana yang Lebih Baik?
BY Awal Mula

Meski sama-sama melindungi kulit dari paparan sinar UV, ternyata sunscreen dan sunblock memiliki perbedaan. Berikut perbedaan sunscreen dan sunblock yang perlu diketahui.

Terdapat beberapa perbedaan sunscreen dan sunblock dari segi tekstur, kandungan, dan cara kerjanya. Meski, kedua bahan ini memang memiliki fungsi yang sama dalam melindungi kulit dari sinar UV.

Selain itu, kedua produk ini sebenarnya masing-masing memiliki nama lain. Untuk sunscreen bisa disebut dengan chemical sunscreen. Sedangkan untuk sunblock disebut physical sunscreen.

Nah, sudah mulai terlihat bagaimana perbedaan sunscreen dan sunblock ini? Langsung saja simak ulasannya berikut!

Fungsi Sunscreen dan Sunblock

Perbedaan sunscreen dan sunblock bisa dilihat dari fungsinya. Sunscreen adalah lotion pelindung dari sinar UV yang bisa menyerap ke dalam lapiran kulit bagian atas untuk menyerap sinar matahari yang sudah masuk ke dalam kulit. Sunscreen umumnya melindungi kulit dari sinar UVB saja. Namun saat ini banyak produk sunscreen wajah yang dibuat untuk menangkal bahaya sinar UVA. Sementara itu sunblock bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Baca Juga: Perbedaan SPF 30 dan SPF 50. Mana Lebih Baik?

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock dari Segi Bahan

Sunscreen terbuat dari bahan-bahan yang termasuk dalam kategori bahan kimia. Seperti aminobenzoic acid, cinoxate, avobenzone, dan berbagai senyawa kimia lainnya.

Senyawa-senyawa kimia yang digunakan dalam produk sunscreen tersebut sangat efektif dalam melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Berbagai senyawa kimia tersebut menjadi alasan kenapa sunscreen disebut sebagai chemical sunscreen.

Baca Juga: Cara Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

Selanjutnya, sunblock menggunakan berbagai kandungan yang terbuat dari berbagai jenis mineral. Seperti zinc oxide, titanium dioxide, dan lain sebagainya. Berbagai mineral yang digunakan tersebut mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan radiasi sinar UV A dan UV B.

Karakteristik mineral inilah yang juga membuat sunblock memiliki nama lain, yaitu physical sunscreen atau juga bisa disebut mineral sunscreen.

Tekstur dan Cara Penggunaannya

Kulit manusia sangat rentan terhadap radiasi sinar ultraviolet yang bisa membuat kulit mengalami iritasi. Karena itulah sunscreen dan sunblock ini digunakan untuk melindungi kulit dari sinar UV tersebut. Namun keduanya memiliki efektivitas yang berbeda dalam melindungi kulit.

Baca Juga: Ciri-ciri Wajah Rusak Akibat Cream

Efektivitas tersebut bisa dilihat dari tekstur dan cara penggunaannya. Dimana untuk sunscreen yang terbuat dari senyawa-senyawa kimia memiliki tekstur yang lebih ringan. Sunscreen akan lebih mudah terserap oleh kulit karena kandungan senyawa kimia yang digunakannya.

Berbeda dengan sunblock yang memiliki tekstur lebih kental, karena terbuat dari bahan-bahan mineral. Proses penyerapan bahan tersebut ke dalam kulit memerlukan waktu yang lebih lama. Biasanya penggunaan sunblock harus menunggu waktu selama kurang lebih 15 menit terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas.

Baca Juga: 5 Manfaat Sunscreen Yang Wajib Kamu Ketahui

Tekstur dan cara penggunaan sunscreen dan sunblock ini sangat berbeda satu dengan yang lainnya. Sehingga dengan mengetahui perbedaan dari segi ini, pastinya siapapun bisa membedakan satu dengan lainnya dengan lebih mudah.

Cara Kerja Sunscreen dan Sunblock dalam Melindungi Kulit

Perbedaan sunscreen dan sunblock bisa dilihat dari cara kerjanya. Sunscreen bekerja dengan membentuk lapisan tipis pada kulit. Lapisan tersebut berguna untuk menyaring sinar ultraviolet yang mengenai kulit. Sehingga hanya sedikit sinar UV yang bisa masuk ke dalam kulit. Sementara sunblock mampu mencegah sinar UVA dan UVB masuk ke dalam kulit dengan perlindungan di atas permukaan kulit.

Cara kerja yang berbeda membuat sunscreen harus dioleskan 20 menit sebelum Kamu keluar ruangan agar kandungannya menyerap ke dalam kulit. Sementara sunblock langsung menyerap setelah dioleskan pada kulit.

Sedangkan untuk sunblock memiliki cara kerja yang berbeda. Berbagai mineral yang digunakan dalam produk ini akan membuat lapisan yang memantulkan (block) sinar UV yang mengenai kulit. Artinya, sinar UV tidak akan masuk dan merusak kulit karena ada lapisan tersebut.

Mana Lebih Baik Antara Sunscreen dan Sunblock?

Setelah mengetahui perbedaan sunscreen dan sunblock, kedua produk tersebut tidak ada yang lebih baik. Sunscreen maupun sunblock sama-sama memiliki fungsi mencegah efek buruk sinar UV.

Selain itu Kamu juga wajib mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangan suncreen dan sunblock.

Kelebihan untuk sunscreen sendiri sebenarnya sudah dikemukakan sebelumnya, bahwa produk ini memiliki tekstur yang ringan dan sangat mudah diaplikasikan. Tidak perlu menunggu waktu lama ketika mengaplikasikan sunscreen, karena kulit mudah menyerapnya.

Banyak orang menyukai produk ini karena terkait dengan kemudahan dalam pengaplikasian ini. Orang pun tidak merasa lengket, dan tetap nyaman ketika beraktivitas. Hanya saja, sunscreen juga memiliki kekurangan, dimana produk ini ternyata jika digunakan akan menutup pori-pori kulit, sehingga memunculkan risiko lain berupa timbulnya jerawat.

Selain itu, dari segi keefektifan dalam menahan sinar UV sunscreen masih kurang maksimal. Masih ada risiko radiasi sinar UV yang masuk ke bagian kulit. Karena fungsi dari sunscreen ini hanya menyaring dan menurunkan kadar radiasi sinar UV saja.

Untuk sunblock sendiri memiliki tekstur yang lengket dan kental, penggunaannya pun memerlukan waktu yang cukup lama. Biasanya banyak orang tidak nyaman ketika menggunakan produk ini karena teksturnya yang lengket dan berminyak tersebut.

Hanya saja kelebihan dari sunblock adalah tidak memiliki risiko timbulnya jerawat karena pori-pori kulit tetap terbuka. Bahkan sinar matahari akan terhalang dengan sempurna, sehingga sinar UV tidak akan masuk sampai permukaan kulit.

Jadi, itulah perbedaan sunscreen dan sunblock dalam melindungi kulit dari sinar UV. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan yang bisa disesuaikan dengan penggunanya.