Kenali Perbedaan Toner dan Micellar Water Sebelum Mencobanya!

2 June 2022
Kenali Perbedaan Toner dan Micellar Water Sebelum Mencobanya!
BY Awal Mula

Toner dan micellar water sering dianggap produk yang sama dan sering dibanding-bandingkan. Padahal keduanya merupakan dua jenis produk skincare yang memiliki kegunaan dan cara pakai yang berbeda. Jika kamu bingung dan ingin tahu mengenai perbedaan toner dan micellar water, serta waktu yang tepat untuk menggunakannya, maka simak pembahasan keduanya di artikel ini!

Mengenal Perbedaan Toner & Micellar Water

Micellar water adalah produk perawatan kulit yang dibuat menggunakan air murni dengan pH seimbang. Selain itu, micellar water juga mengandung bahan-bahan yang menghidrasi seperti gliserin dan bahan pembersih yang disebut surfaktan ringan. 

Molekul surfaktan ringan ini dapat membentuk misel, yang merupakan sejenis struktur kimia berbentuk bola yang dapat menarik kotoran dan minyak dari kulit. Oleh karena itu, micellar water dapat menghilangkan kotoran, sisa riasan di wajah, dan minyak untuk membersihkan pori-pori.

Baca Juga: Tips Memilih Toner Wajah Pria

Meski tidak dirancang untuk menghilangkan riasan tahan air yang berat, produk ini sangat cocok untuk memurnikan dan menyegarkan kulit.

Sedangkan toner adalah produk perawatan kulit yang memiliki konsistensi air. Produk ini dirancang untuk menghilangkan sisa-sisa terakhir pembersih dan sel-sel mati serta kotoran. 

Selain itu, toner juga dapat mengembalikan pH kulit, memiliki kemampuan untuk melawan bakteri, dan memulihkan mantel asam alami kulit. Produk ini memiliki sifat astringent yang mengencangkan pori-pori dan mengontrol minyak berlebih.

Baca Juga: Ini Cara Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

Umumnya, toner mengandung bahan-bahan yang dapat menenangkan, mencerahkan, dan memberikan efek anti-penuaan pada kulit. Selain itu, toner juga dapat menutrisi kulit dan mengisi kembali kulit yang telah dibersihkan.

Untuk merasakan manfaat tersebut, kamu bisa mencoba saffron dream silky toner. Produk ini mengandung bahan-bahan seperti ekstrak bunga saffron, ekstrak buah apel, centella asiatica, dan allantoin. 

Kandungan tersebut dapat menghidrasi kulit, menenangkan kulit yang kemerahan, mengangkat kotoran di wajah, dan membantu perbaikan sel kulit di wajah.

Apakah Micellar Water Dapat Dijadikan Toner?

Berdasarkan kedua pengertian di atas, toner dan micellar water merupakan dua jenis produk yang berbeda. Lalu, apakah micellar water dapat dijadikan sebagai toner?

Kamu bisa menggunakan micellar water sebagai toner jika perlu. Namun, sebagian besar micellar water diformulasikan untuk membersih dan menghidrasi kulit tanpa membutuhkan air. 

Meski dapat menggantikan toner, namun hal itu bukan tujuan utamanya. Perlu kamu ingat bahwa air misel pada micellar water memiliki surfaktan dan bahan lain yang dapat merusak kulit jika tidak dibilas. 

Baca Juga: Jangan Salah! Ini Perbedaan Hair Serum dan Hair Tonic

Sedangkan toner diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit yang berbeda-beda. Toner merupakan kebutuhan perawatan kulit yang berdiri sendiri. Oleh karena itu, micellar water bukanlah toner, begitu juga sebaliknya. 

Kapan Sebaiknya Menggunakan Micellar Water dan Toner?

Berikut ini waktu dan cara yang tepat untuk menggunakan micellar water dan toner:

Waktu Yang Tepat Menggunakan Micellar Water

Micellar water dapat kamu gunakan sebelum mulai melakukan tahapan skincare. Produk ini digunakan pada urutan pertama dalam rangkaian perawatan kulit. Cukup tuangkan micellar water sesuai kebutuhanmu pada kapas. 

Kemudian usapkan ke wajah untuk membersihkan kotoran, debu, sisa riasan, dan minyak yang menempel di wajah. Setelah menggunakan micellar water, tahapan selanjutnya adalah mencuci muka dengan pembersih wajah yang ringan.

Waktu Yang Tepat Menggunakan Toner

Sedangkan toner digunakan sebagai langkah pertama setelah kamu membersihkan wajah. Hal ini dikarenakan toner dapat membersihkan kulit dari sisa kotoran, membuat kulit segar, dan siap untuk masuk ke rutinitas perawatan kulit berikutnya seperti serum, pelembap, dan sunscreen saat pagi hari.

Krim, serum, atau produk perawatan apa pun yang digunakan setelah toner dapat menembus lebih dalam dan mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, pastikan kamu menggunakan toner yang sesuai dengan jenis kulit.

Micellar water dan toner bukanlah produk yang  sebanding. Keduanya memiliki kegunaan dan cara pakai yang berbeda. Micellar water dirancang untuk membersihkan sekaligus melembapkan. Sedangkan toner digunakan untuk mengencangkan kulit. 

Kamu bisa menggunakan micellar water tanpa toner, namun jika kulit kamu termasuk jenis kulit berminyak atau berjerawat, maka kamu tetap perlu menggunakan toner untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit kamu. 

Nah, itulah perbedaan antara toner dan micellar water, serta waktu yang tepat untuk menggunakannya. Setelah mengetahui perbedaan keduanya, semoga kamu tidak keliru lagi, ya!