Mengenal Purging di Wajah dan Ketahui Ciri-Cirinya!

15 June 2022
Mengenal Purging di Wajah dan Ketahui Ciri-Cirinya!
BY Awal Mula

Purging adalah salah satu kondisi wajah yang muncul saat pertama kali memakai suatu produk skincare. Salah satu ciri purging adalah munculnya jerawat di wajah. Lalu, apa sih sebetulnya purging itu dan apa saja ciri-cirinya?

Apa Itu Purging?

Purging adalah proses penyesuaian kulit terhadap produk perawatan kulit tertentu, terutama skincare. Pada proses ini, sel kulit mati akan digantikan oleh sel kulit baru, dimana sel kulit barunya akan langsung muncul di permukaan.

Sebelum sel kulit baru itu muncul, biasanya kulit wajah akan mengering dan muncul minyak berlebih. Minyak berlebih itu nantinya akan menyumbat pori-pori wajah, sehingga jerawat pun bermunculan.

Purging di wajah sendiri tidak selalu menandakan kalau skincare yang kamu pakai tidak cocok. Purging justru menjadi tanda skincare yang kamu pakai sedang menjalankan salah satu fungsinya, yaitu meregenerasi kulit. Fungsi ini akan berlaku jika kulit wajahmu tersumbat oleh kotoran dan minyak.

Ciri-Ciri Purging

Beberapa orang mengira kalau purging sama dengan jerawat breakout. Anggapan itu wajar karena keduanya sama-sama menimbulkan jerawat di wajah. Simak perbedaan purging dan breakout.

Selain jerawat di wajah, purging juga punya beberapa ciri lainnya, yaitu:

1. Kulit Kemerahan

contoh wajah purging

Ciri yang pertama ini biasanya akan muncul beberapa menit setelah memakai skincare. Tak usah khawatir jika ciri ini muncul di kulit wajahmu, karena hal tersebut adalah tanda terjadinya purging yang tergolong ringan. Cara terbaik mengatasi ciri ini adalah tidak menyentuh wajah secara sembarangan, serta memakai skincare secara bertahap.

2. Kulit Terasa Gatal

Selain kulit kemerahan, ciri lain terjadinya purging adalah kulit terasa gatal. Ciri ini muncul karena kulit wajah sedang bereaksi terhadap racun pada kulit wajah. Rasa gatal yang muncul tergolong ringan dan membuat sedikit tidak nyaman. Disarankan tidak menggaruk kulit wajah saat rasa gatal itu muncul.

Baca Juga: Perbedaan Toner dan Micellar Water

3. Kulit Mengelupas

Pergantian sel kulit mati ke sel kulit baru pada proses purging akan menimbulkan pengelupasan kulit tipis lapisan pertama kulit wajah. Jangan khawatir jika pengelupasan kulit itu terjadi. Sebab, hal itu adalah tanda kalau produk skincare yang kamu pakai sedang bekerja dan memberikan reaksi di kulit wajah.

4. Kulit Lebih Cerah dan Bersih

Setelah tiga ciri di atas muncul dan menghilang, maka kulit wajahmu perlahan akan terlihat lebih cerah dan bersih. Hal itu terjadi karena kulit sebelumnya mengalami berbagai proses yang menyebabkan kotoran dan minyak pada kulit wajah menghilang.

Baca Juga: Tips Memilih Toner Wajah Untuk Pria

Purging bertujuan untuk membersihkan pori-pori kulit wajah yang tersumbat oleh minyak berlebih, sel kulit mati, dan komedo. Sehingga ini menyebabkan muncul jerawat yang semakin banyak dan terlihat parah

Purging umumnya terjadi selama 3 - 4 minggu. Hal ini disesuaikan dengan siklus pertumbuhan kulit setiap orang.

Namun, apabila kondisi purging belum reda lebih dari 4 minggu, segera hentikan penggunaan kosmetik atau skincare yang Kawan Mula gunakan

Cara Mengatasi Purging di wajah

Walah bisa membuat kulit wajah jadi bersih dan cerah, tidak semua orang mau mengalami kondisi purging. Hal itu wajar mengingat proses awalnya yang membuat wajah jadi tidak nyaman. Untuk melakukannya, kamu bisa memakai skincare atau produk perawatan wajah lainnya yang berbahan retinoid, AHA, dan BHA secara bertahap. 

Awali pemakaian produk-produk dalam jumlah sedikit dan tidak rutin. Misalnya saja dengan memakai skincare berbahan AHA atau BHA selama 2 kali seminggu. Jika kulit wajah sudah terbiasa dengan skincare yang kamu pakai, kamu bisa menaikkan frekuensi pemakaiannya, contohnya jadi 4 kali seminggu atau lebih.

Kalau pemakaian skincare atau produk wajah masih sedikit tapi malah menimbulkan jerawat, jangan lantas memencet jerawat tersebut. Bahkan, jika tanganmu dalam kondisi bersih. Alangkah lebih baiknya jika kamu basuh wajahmu dengan pembersih wajah berbahan lembut atau pembersih yang ramah kulit sensitif.

Selama melakukan langkah pencegahan, pastikan kamu tidak mengganti produk skincare atau perawatan wajahmu. Hal itu dilakukan supaya tidak menimbulkan masalah pada wajahmu. Jika kamu sudah melakukan langkah pencegahan namun wajahmu mengalami purging lebih dari empat hari, segeralah periksakan diri ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan.

Kurang-lebih seperti itulah yang dimaksud dengan purging di wajah beserta ciri dan info terkait lainnya. Mudah-mudahan bisa membuatmu lebih memahami seperti apa itu purging. Sampai jumpa di artikel berikutnya!