Rechelle: Hidup Cuma Sekali, So We Gotta Make The Best Out Of It

3 February 2022
Rechelle: Hidup Cuma Sekali, So We Gotta Make The Best Out Of It
BY Awal Mula

Di tengah kesibukan sehari-hari, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh ya, Kawan Mula. Di era sekarang ini, setiap orang dituntut untuk menjadi aktif dan produktif. Kesibukan seringkali membuat kita lupa untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Padahal, tubuh yang sehat adalah faktor krusial untuk kita dapat produktif beraktivitas. Selain lebih produktif, menjalankan pola hidup sehat juga dapat membuat kita jadi lebih positif.

Menjalankan pola hidup sehat di tengah kesibukan memang menjadi suatu tantangan tersendiri. Namun, semua mungkin untuk dilakukan. Kenali dirimu dan kebutuhanmu karena pola hidup sehat yang cocok bisa berbeda bagi setiap orang. Cara menjaga atau memulai pola hidup sehat bisa dimulai dari mencoba untuk makan secara teratur dan jaga asupan nutrisi. Selanjutnya, jangan lupa jaga kebutuhan cairan tubuh dan istirahat yang cukup. Konsistensi adalah kunci untuk dapat mempertahankan pola hidup sehat tentunya. Salah satu Kawan Mula, Rechelle akan membagikan cerita tentang perjalanan menjaga hidup sehatnya di tengah kesibukannya sebagai seorang profesional dalam bidang kebijakan publik dan hubungan pemerintah di sebuah Startup Teknologi. Yuk, langsung saja simak cerita inspiratif dari Rechelle.

Kegiatan apa yang Kak Rechelle lakukan untuk menjadi lebih sehat?

Rechelle: “Saat ini yang aku lakukan adalah mencoba untuk rutin olahraga, dan juga lebih mindful terhadap apa yang aku makan dan konsumsi sehari-hari. Aku juga mulai pelajari siklus hormonku dan menyesuaikan kebutuhan nutrisi di tiap fasenya apakah aku butuh lebih banyak konsumsi karbohidrat, sayuran, protein, dan lainnya.”

Rutin berolahraga dan menyesuaikan kebutuhan nutrisi adalah hal yang dilakukan Kak Rechelle untuk menjalankan hidup sehatnya. Berusaha untuk lebih mindful atau mementingkan apa yang akan dikonsumsi adalah hal dasar yang dapat dilakukan untuk bisa hidup lebih sehat. Kenalilah tubuhmu dan sesuaikan makanan yang kamu konsumsi agar nutrisi tercukupi.

Kenapa awalnya memilih untuk menjalani hidup sehat?

Rechelle: “Dari kecil aku sudah sibuk les, dari mulai balet, kumon, les vokal juga pernah. Sampai hari ini kalau nggak ada kesibukan rasanya gelisah sendiri hahaha. Selain itu, aku memang punya kondisi GERD yang kambuh, itu udah pasti ganggu banget, bisa bikin nggak produktif. Jadi biar bisa tetap optimal di kerjaan, passion, dan komunitas yang aku ikuti, aku harus betul-betul perhatiin dan konsisten untuk jalanin hidup yang lebih sehat. Hidup cuma sekali kan, so we gotta make the best out of it.”

Sibuk dengan aktivitas dan rutinitas bukan jadi alasan untuk tidak hidup sehat. Begitu pula dengan Rechelle, ia mengenali kondisi tubuhnya dan memilih untuk hidup sehat agar bisa lebih produktif dalam beraktivitas. Konsisten adalah kunci agar kita tidak lelah untuk menjalankan hidup sehat. Karena hidup cuma sekali, kita harus mengusahakan yang terbaik agar hidup juga lebih bermakna.

Menurut Kak Rechelle, bagaimana caranya untuk mempertahankan pola hidup sehat?

Rechelle: “Konsistensi memang sulit ya, tapi salah satu yang membantuku adalah punya rutinitas. Pagi biasanya aku olahraga yoga dan sarapan yang sehat. Kalau makan, sebisa mungkin lebih banyak sayuran. Sore atau malam sempetin istirahat dan waktu untuk hobi misalnya baca buku atau nonton. Dan yang terpenting juga, tidur cukup dan minum air putih itu salah satu penunjang hidup sehat yang paling simpel, tapi sering dilupakan oleh banyak orang. Aku punya kebiasaan untuk selalu bahwa botol minum sendiri ketika aktivitas di luar rumah dan juga selalu tidur 6-7 jam setiap harinya. Setiap orang pasti punya ritme nya sendiri-sendiri, asalkan mau mencoba dan betul-betul dilakukan, lama kelamaan akan ketemu pola hidup sehat yang paling cocok untuk diri kita sendiri.”

Menurut Kak Rechelle, membiasakan diri untuk memiliki rutinitas adalah salah satu cara untuk menjaga konsistensi mempertahankan hidup sehat. Seperti berolahraga dan sarapan yang sehat. Contoh olahraga yang biasa dilakukan oleh Kak Rechelle adalah yoga. Memulai olahraga dapat dari durasi yang sedikit dulu, lalu bertahap menjadi lebih lama. Olahraga juga dapat disesuaikan dengan yang kamu senangi, ya. Jangan lupa juga untuk memiliki waktu untukmu sendiri, penuhi asupan cairan dan nutrisi, serta istirahat yang cukup. Setiap orang memiliki waktunya sendiri. Selama mau dicoba dan dilakukan, pasti akan menemukan pola hidup sehat yang cocok.

Yuk, coba terapkan hidup sehat di tengah aktivitasmu. Kenali dirimu dan temukan pola hidup sehat yang cocok untukmu.