Rekomendasi 17 Camilan Sehat Rendah Kalori yang Cocok Untuk Diet

7 February 2022
Rekomendasi 17 Camilan Sehat Rendah Kalori yang Cocok Untuk Diet
BY Awal Mula

Sedang menjalani diet, namun ingin tetap ngemil? Nggak perlu khawatir, kamu tetap bisa ngemil meski lagi diet. Berikut ini Awal Mula merangkum camilan sehat rendah kalori, yang bisa dimakan tanpa takut bikin diet kamu gagal.

 

Daftar Camilan Sehat kurang dari 100 Kalori

Berikut pilihan camilan sehat diet yang cocok dimakan selama menjalani diet, seperti dikutip dari WebMd:

 

Empat Belas Almond

Ketika rasa lapar menyerang, namun kamu sedang berada di perjalanan, almond dapat menjadi alternatif camilan sehat diet untuk menunda lapar. Selain mudah dibawa, almond juga lebih praktis daripada kacang. Kamu cukup makan empat belas almond untuk mencegah rasa lapar. Jumlah empat belas almond tidak mencapai 100 kalori.

Popcorn

Ketika kamu menginginkan camilan besar dengan jumlah kalori yang rendah, maka popcorn dapat menjadi pilihan yang tepat. Pada beberapa merk microwave, 6 cup biji jagung dapat menghasilkan popcorn dengan 100 kalori. Selain itu, popcorn juga dianggap memiliki serat yang tinggi sehingga bisa membantu kamu kenyang lebih lama.

Apel Panggang

Apel dapat menjadi salah satu makanan ringan yang paling sehat. Selain itu, baked apple juga dapat memberikan serat dan vitamin yang sama dengan apel segar. Untuk menambah rasa tanpa menambah kalori, kamu bisa menaburkan kayu manis di atasnya. Bagaimana, tertarik mencoba apel panggang?

Blueberry Smoothie

Blueberry Smoothie dapat menawarkan cara yang nikmat untuk mendapatkan sumber antioksidan dan kalsium. Cukup campurkan 1/3 cup yogurt bebas lemak dengan 2/3 cup blueberry beku dan es. Selain enak dan sehat, blueberry smoothie juga sangat menyegarkan, apalagi ketika dinikmati di siang hari.

Edamame

Kedelai muda atau edamame dapat menjadi salah satu camilan sehat yang bisa ditemukan. Edamame memiliki 4 gram serat dan 8 gram protein yang bisa membantu tetap kenyang. Selain itu, juga bisa mendapatkan hampir 10% asupan zat besi harian. Edamame banyak tersedia dan dijual dalam kemasan siap saji yang bisa dijadikan camilan cepat dalam perjalanan.

Tiga Crackers dengan Keju

Memilih crackers gandum merupakan kunci dari camilan klasik ini. Crackers mengandung serat yang dapat membuat kamu merasa kenyang. Sedangkan keju memberikan sumber kalsium dan protein. Untuk mendapatkan camilan di bawah 100 kalori, maka potong satu keju rendah lemak lalu bagi menjadi tiga crackers.

Enam Stik Pretzel dari Gandum 

Bagi Kawan Mula yang tidak suka makan kacang, pretzel dapat menjadi pilihan untuk menjadi camilan sehat. Agar tetap berada di bawah 100 kalori, konsumsi maksimal enam batang pretzel gandum utuh. Selain bebas kolesterol, camilan ini juga rendah lemak dan gula, serta memiliki lebih dari 3 gram serat yang berguna untuk membantu mencegah rasa lapar.

Roti Pita Isi Keju

Selain mudah dibuat, camilan satu ini juga memberi kepuasaan saat memakannya. Ambil roti pita dari gandum dan isi dengan 1/2 ons keju ricotta part-skim . Selain memberi rasa kenyang, camilan satu ini juga mengandung serat dan protein yang membuat kenyang. Camilan ini hanya mengandung lemak jenuh kurang dari satu gram.

Frozen Mango Cubes

Camilan ini bisa dibeli dalam bentuk kemasan atau kamu membuatnya sendiri. Camilan ini menyerupai permen beku yang sehat karena mengandung serat dan beta karoten. Setiap 3/4 cup hanya memiliki 90 kalori dan memberikan sumber vitamin C harian sebanyak 60 persen.

Delapan Wortel Muda dengan Hummus

Wortel merupakan sumber vitamin A dan beta karoten yang sangat baik, sementara hummus menambah sumber protein. Makanan satu ini dapat menjadi camilan sehat yang enak dan kaya vitamin A.

Irisan Apel dengan Selai Kacang

Tidak hanya dipanggang, apel dicampur dengan selai kacang dapat menjadi camilan yang enak. Iris apel dan oleskan tipis selai kacang tawar pada setiap irisan. Supaya tidak melebih 10 kalori, jangan menambahkan selai kacang lebih dari dua sendok teh.

Yogurt dengan Biji Bunga Matahari

Aduk dan tambahkan satu sendok biji bunga matahari ke dalam setengah cangkir yogurt tawar bebas lemak. Biji bunga matahari dapat menambahkan tekstur pada yogurt. Selain itu, yogurt adalah sumber protein yang baik. Saat menambahkan biji bunga matahari, pastikan pilih yang tidak mengandung garam. Apalagi jika Kawan Mula cukup memperhatikan asupan natrium harian.

Setengah Kentang Panggang dengan Salsa

Kentang merupakan bahan makanan yang dapat diolah menjadi makanan apa saja. Salah satu cara mudah mengolah kentang menjadi camilan sehat, yaitu dengan dipanggang menggunakan microwave. Setengah dari kentang panggang dengan ukuran sedang mengandung 80 kalori. Saat memanggang kentang, usahakan tetap mempertahankan kulitnya karena kulit kentang mengandung nutrisi. Setela selesai dipanggang, oleskan satu sendok makan salsa di atasnya. Meski ditambah salsa, kandungan kalori kentang panggang ini masih di bawah 100 kalori.

Frozen Yogurt Sandwich

Carilah yoghurt yang tidak mengandung tambahan gula. Kemudian, mulailah membuat sandwich dengan mengoleskan dua sendok makan yogurt beku bebas lemak di antara dua biskuit. 

Frozen Banana Pop

Jika Kawan Mula mencari cara untuk menambahkan lebih banyak buah ke dalam diet, cobalah membuat es pisang beku. Caranya sangatlah mudah, cukup potong beberapa pisang, lalu kupas menjadi dua dan masukan stik es krim ke dalam pisang. Setelah itu, lapisi sebagian pisang dengan satu ons yogurt tawar rendah lemak. Kemudian, masukkan pops ke dalam lemari es (freezer). Setelah beku, pisang pop beku sudah siap disantap menjadi camilan rendah kalori, yaitu di bawah 80 kalori.

Satu Cup Anggur

Anggur mengandung banyak air yang dapat memberikan rasa kenyang dan terhidrasi. Selain itu, anggur juga mengandung sumber vitamin K dan mangan, serta serat yang sangat baik. Dalam satu cup anggur, mengandung 100 kalori. Anggur dapat menjadi pilihan camilan sehat dan praktis. Untuk memberikan sensasi makan yang lebih enak, coba bekukan buah anggur.

Sup Tomat

Sup tomat mengandung banyak nutrisi yang dapat menangkal penyakit, selain itu secangkir sup tomat hanya mengandung sedikitnya 74 kalori, bebas kolesterol, dan kurang dari 1 gram lemak jenuh. Di pasaran, banyak jenis tomat. Ketika membeli sup kalengan, carilah label yang bertuliskan 'rendah sodium' dan coba lihat jumlah kalorinya. Krim tomat biasanya mengandung tinggi lemak dan kalori.

 

Itulah rekomendasi camilan sehat rendah kalori yang cocok dimakan saat diet. Mencari camilan sehat di bawah 100 kalori? Yuk, pesan dan dapatkan di awalmula.co.id. Banyak pilihan camilan sehat yang bisa kamu pilih seperti granola bar, oatmeal cookies almond, dan lainnya.