Rekomendasi Cemilan Diet yang Sehat dan Bernutrisi

30 April 2022
Rekomendasi Cemilan Diet yang Sehat dan Bernutrisi
BY Awal Mula

Saat dalam program diet, kontrol asupan makanan adalah hal yang sangat penting. Hampir semua program diet mengatur seberapa banyak dan jenis makanan apa saja yang dapat dikonsumsi. Dalam pengaturan program tersebut biasanya jarang ditemui adanya menu cemilan untuk diet. Ngemil, atau mengonsumsi kudapan ringan, kerap kali menjadi pantangan atau kegiatan yang sulit dilakukan saat sedang dalam program diet.

Namun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa keinginan untuk mengunyah makanan ringan saat sedang bekerja atau di sela-sela jam makan berat sangatlah susah untuk ditahan. Jika Kawan Mula sedang dalam program diet dan merasakan sulitnya menahan keinginan untuk ngemil, artikel ini cocok untuk kamu. Berikut ini 7 rekomendasi cemilan untuk diet namun tetap sehat dan bernutrisi.

Granola Bars

Granola bars adalah jenis makanan ringan yang terkenal sehat. Kudapan manis ini biasanya terdiri dari rolled oat, kacang-kacangan, biji-bijian, buah kering, dan pemanis seperti gula atau madu. Granola bars menyehatkan karena mengandung vitamin, zat besi, zinc, protein, karbohidrat dan serat.

Keunggulan dari granola bars sebagai kudapan adalah mudah dibawa kemana pun. Hal ini tentu dikarenakan granola bars yang tersedia di pasaran saat ini dijual dengan kemasan yang ringkas dan mampu bertahan lama. Tidak heran jika granola bars adalah kudapan sehat yang sering menjadi pilihan pegiat olahraga yang tidak ingin membawa barang begitu banyak.

Oatmeal Cookies

Oatmeal adalah hasil olahan dari tanaman Oat atau Haver. Bahan makanan yang satu ini sering dianggap sebagai primadona bagi pelaku diet karena dapat memberi efek kenyang yang lebih lama jika dibandingkan dengan nasi dalam porsi yang sama. Oatmeal sering kali dijadikan opsi sarapan dengan memasaknya menggunakan susu dan madu.

Namun, tidak hanya untuk makanan berat, ternyata oatmeal juga dapat menjadi opsi cemilan untuk diet, yaitu dengan menjadikannya cookies atau kue kering. Menambahkan oatmeal ke dalam adonan cookies tidak hanya menjadikannya lebih sehat dan mengenyangkan, namun juga memberi tekstur yang garing saat dikunyah. Kawan Mula juga dapat menambahkan kacang-kacangan atau rempah seperti kayu manis ke dalam adonan sebagai penambah rasa.

Baca juga: Jadi Asupan saat Diet, Ini Berbagai Manfaat Granola untuk Kesehatan

Dark Chocolate

Konsumsi banyak cokelat memang bikin gemuk karena komposisi cokelat sudah bercampur dengan susu dan gula. Jenis cokelat ini dikenal juga dengan istilah dairy chocolate. Sedangkan jenis cokelat sehat yang cocok untuk jadi cemilan diet adalah dark chocolate.

Menurut Healthline, kadar cokelat murni dalam jenis dairy chocolate hanya 10-50% saja, di mana sisanya adalah susu, gula, dan cocoa butter. Di sisi lain, dark chocolate 50-90%-nya terdiri dari cokelat murni dan sisanya adalah cocoa butter dan gula. Dengan komposisinya tersebut, dark chocolate tentu lebih sehat jika dibandingkan dengan dairy chocolate karena rendah gula dan susu.

Dark chocolate kaya akan zat kimia alami yang bernama flavanol. Dilansir dari Harvard School of Public Health, flavanol dalam dark chocolate dapat menurunkan tekanan darah sehingga dapat membantu melindungi jantung. Flavanol juga dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga rutin mengonsumsi dark chocolate dapat mengurangi resiko terkena diabetes.

Kacang-Kacangan 

Pernah kah Kawan Mula merasa tidak begitu lapar namun dorongan untuk mengunyah sesuatu begitu kuat? Perasaan ini yang biasanya menjadi jebakan untuk yang sedang menjalani program diet, hingga kemudian tergoda untuk mengonsumsi berbagai cemilan.

Kacang-kacangan adalah solusi untuk permasalah tersebut. Kawan Mula dapat mencampur berbagai jenis kacang-kacangan sebagai cemilan diet, atau dikonsumsi bersamaan dengan buah-buahan kering seperti kurma dan kismis.

Dikutip dari Healthline, mengonsumsi kacang dalam jumlah yang tidak berlebihan dapat membantu menurunkan berat badan. Meskipun kacang mengandung lemak, lemak yang terdapat dalam kacang adalah lemak sehat. Selain itu, kacang juga mengandung protein nabati, serat, dan zat besi. 

Kawan Mula mungkin merasa aneh membaca apel panggang sebagai cemilan diet. Di Indonesia, apel memang lebih sering dikonsumsi begitu saja atau dijadikan jus. Namun, memanggang apel menggunakan oven akan membuat tekstur apel lebih lembut sehingga akan terasa seperti dessert saat dimakan.

Dengan memanggang apel, vitamin dan serat yang terkandung di dalamnya tidak akan hilang. Apel panggang dapat dinikmati begitu saja, atau bisa juga dinikmati dengan sedikit taburan bubuk kayu manis sebagai penambah rasa dan aroma. Kawan Mula juga dapat mengudapnya bersama satu scoop es krim rendah kalori untuk memberi sensasi menyegarkan. 

Tidak perlu diragukan lagi, buah-buahan adalah sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin , antioksidan, dan serat. Menjadikannya sebagai smoothies adalah cara praktis dalam mengonsumsi buah dan menjadikannya cemilan diet. Smoothies dapat dijadikan bekal saat berolahraga atau dibawa ke kantor untuk dikonsumsi di sela-sela jam kerja.

Proses membuat smoothies adalah dengan menyimpan buah yang sudah dipotong kecil-kecil di dalam freezer dan kemudian menghaluskan potongan buah beku tersebut dengan alat penghancur seperti blender atau juicer bersamaan dengan susu atau yoghurt.  

Greek yoghurt adalah olahan susu yang sudah difermentasikan bersama dengan bakteri baik. Greek yoghurt lebih sehat dibandingkan yoghurt biasa karena melalui proses penyaringan untuk menghilangkan kandungan gula alami yang bernama laktosa. Dengan begitu, Greek yoghurt lebih rendah gula dan lebih kental teksturnya dibandingkan dengan yoghurt biasa. Medical News Today menyatakan bahwa greek yogurt memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat pertama ialah meningkatkan kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan Greek yoghurt kaya akan protein dan kalsium yang sangat penting untuk kesehatan tulang.  Manfaat lainnya dari konsumsi Greek yoghurt adalah menciptakan sensasi kenyang dan menjaga nafsu makan tetap stabil. Kandungan protein yang terdapat dalam yoghurt akan memberikan efek rasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu Greek yoghurt sangat cocok dijadikan cemilan diet.

Baca juga: Ini 4 Daftar Makanan Rendah Lemak untuk Program Dietmu