Daftar 9 Sayuran yang Memiliki Serat Tinggi

16 November 2022
Daftar 9 Sayuran yang Memiliki Serat Tinggi
BY Awal Mula
sayuran tinggi serat

Sayuran yang berserat tinggi dapat membantu dalam memenuhi asupan nutrisi kamu sehari-hari. Perlu kamu ketahui bahwa makanan yang mengandung serat tinggi sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan salah satunya ada dalam sayuran.

Serat sendiri adalah salah satu jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu manfaat serat adalah dapat memperlancar sistem pencernaan dan membantu dalam menekan risiko gangguan metabolisme tubuh.

Jika kamu ingin tahu apa saja sayuran yang memiliki serat tinggi, simak ulasannya di bawah ini.

1. Brokoli

Jenis sayuran berserat tinggi pertama yang akan kita bahas adalah brokoli. Bisa dikatakan, brokoli bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang ingin menjalani hidup sehat atau sedang menurunkan berat badan. Di dalam brokoli terdapat serat sebesar 2,6 gram untuk setiap 100 gramnya. Jumlah tersebut sangat besar karena kalori yang diberikan hanya 35 saja.

Selain mengandung serat, brokoli juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, beberapa manfaat brokoli ini dapat meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, meningkatkan kesehatan jantung, peningkatan kesehatan pencernaan, dan masih banyak lagi.

2. Wortel

Wortel juga termasuk jenis sayuran yang mempunyai serat tinggi dan bahkan dapat memenuhi kebutuhan serat harian. Hampir semua orang juga sudah tahu bahwa manfaat wortel sangat baik untuk mata.

Di dalam wortel, terdapat serat sekitar 2,8 gram untuk setiap 100 gram. Tentunya jumlah tersebut cukup banyak disamping kalorinya juga amat rendah, yakni sekitar 41. Selain tinggi serat, wortel juga mengandung zat antioksidan beta-karoten. Perlu kamu ketahui bahwa Beta-karoten dapat berubah menjadi vitamin A ketika masuk ke dalam tubuh. Hal itu yang menjaga kesehatan mata kita.

3. Bayam

Hampir semua konsumen pasti kenal dengan sayuran satu ini. Di dalam 100 gram bayam, terkandung serat yang mencapai 2,4 gram. Kalori yang diberikan juga amat rendah pada berat yang sama, yakni 23. Pada dasarnya, bayam juga sumber dari lutein dan zeaxanthin, dua zat antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata.

4. Kubis

Selanjutnya ada Kubis yang juga termasuk sayuran dengan serat tinggi. Pada setiap 89 gram kubis, serat yang terkandung bisa mencapai 2 gram. Lalu untuk kalori yang ada di dalamnya sangat rendah, yakni 22 saja.

Kubis juga memiliki kandungan Vitamin C. Untuk kubis yang beratnya 89 gram, maka dapat memenuhi kebutuhan sebesar 85% Vitamin C dari angka rekomendasi harian.

5. Kembang Kol

Berikutnya ada kembang kol yang tentunya sudah diketahui oleh semua konsumen. Pada setiap 128 gram kembang kol, terdapat serat sebanyak 3 gram. Pada berat tersebut, kalori yang didapatkan berkisar 25. Bisa dikatakan, itu adalah jumlah yang rendah dan sangat cocok untuk program diet.

Kembang kol juga mengandung nutrisi yang disebut dengan kolin. Nutrisi kolin ini sangat penting untuk melakukan neurotransmitter. Dengan begitu, kesehatan sistem saraf bisa terjaga.

6. Buncis

Jenis sayuran lainnya yang memiliki serat tinggi adalah buncis. Dalam setiap 100 gram buncis, terkandung 1,2 gram serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain mengandung serat tinggi, buncis juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Contohnya menurunkan risiko kanker, meningkatkan penglihatan, dan bahkan membantu mencegah cacat lahir.

Di dalam buncis terdapat berbagai vitamin seperti Vitamin A, C, dan K, asam folat, serta serat. Selain itu, di dalam buncis juga terdapat sumber nutrisi lainnya seperti lutein, dan juga zeaxanthin yang sangat kuat.

7. Seledri

Seledri memiliki manfaat dalam memperlambat proses penuaan pada tubuh. Di dalam seledri juga memiliki kadar serat sebanyak 1,5 gram  untuk jumlahnya sekitar 100 gram. Sayuran ini juga memiliki serat yang tinggi dan rendah kalori.

Beberapa nutrisi yang ada di dalam seledri ini antara lain adalah Vitamin K, C, dan beberapa Vitamin B kompleks. Selain itu, terkandung juga beberapa mineral seperti kalium, mangan, magnesium, dan juga kalsium. Bahkan, di dalam daun seledri juga terdapat fitonutrien yang bertindak sebagai antioksidan pada tubuh.

8. Ubi jalar

Dalam 100 gram ubi jalar, terdapat serat yang mencapai 2,5 gram. Namun, dalam berat yang sama, kalori ubi jalar sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya, yakni mencapai 90 gram. Tidak jauh berbeda dengan wortel, ubi jalar juga mengandung beta karoten yang dapat berubah menjadi Vitamin A.

9. Kangkung

Kangkung termasuk ke dalam jenis sayuran yang populer di kalangan masyarakat. Selain enak dan ekonomis, kangkung juga memiliki serat yang tinggi. Selain serat, kangkung juga memiliki zat lainnya seperti protein, zat besi, dan juga kalsium.

Dalam 100 gram kangkung, terdapat serat yang mencapai 2 gram. Kamu bisa olah kangkung sesuai dengan keinginan.

Demikian daftar 9 sayuran yang memiliki serat tinggi. semoga informasi ini bisa memberikan manfaat. 

Artikel Terkait Lainnya: