Set Your Motivation, Mind, and Plan to Live Healthy with Daniel Fernando

3 February 2022
Set Your Motivation, Mind, and Plan to Live Healthy with Daniel Fernando
BY Awal Mula

Setiap orang memiliki tujuan dan target masing-masing dalam mencapai hidup sehat, mulai dari menurunkan berat badan hingga mengurangi resiko penyakit. Selain tujuan yang berbeda, kesulitan atau tantangan yang dihadapi setiap orang juga pasti berbeda. Memulai suatu kebiasaan baru memang bukanlah hal yang mudah, namun bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Ketika harus keluar dari zona nyaman, godaan pasti ada aja gak sih, Kawan Mula? Dan itulah yang kadang bikin ingin mundur di tengah jalan. Meet Kawan Mula, Daniel Fernando. Kawan Mula yang akrab dipanggil Daniel ini juga ternyata mengalami up and down dalam perjalanan hidup sehatnya loh. Mulai dari harus mengubah pola makan, mengubah pola tidur, hingga harus aktif bergerak pernah membuatnya hampir menyerah. Namun, dengan pola pikir “Kalau orang lain bisa, aku juga bisa” itulah yang akhirnya membuat Daniel tetap semangat dan terus maju menjalani pola hidup sehatnya. Kali ini, Daniel akan membagikan cerita dan tips untuk kamu yang mau mulai hidup sehat, nih. Simak ceritanya yuk!

 The Motivation 

Hal paling dasar dalam memulai hidup sehat adalah motivasi. In this case, Daniel memutuskan untuk memulai hidup sehat karena sempat mengalami beberapa gejala awal penyakit. Selain itu, Daniel juga ingin tetap produktif setelah pandemi berlalu, serta bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. 

Daniel: “Sebenernya it happened when I’m in college di tahun 2014, tapi di waktu itu aku sempet salah melakukan pola hidup sehat dan akhirnya karena keadaan pandemi di tahun lalu, aku kembali memutuskan buat hidup sehat karena pastinya selain menjaga daya tahan tubuh waktu masa-masa ini, sebelum menjalani diet aku sempat mengalami beberapa gejala awal penyakit seperti sering kelelahan, sesak nafas dan tekanan darah yang tinggi. Karena lihat hal tersebut akhirnya aku memutuskan buat menurunkan berat badan. Nah, motivasi awal aku sih sebenernya karena aku pengen setelah selesai pandemi– karena waktu itu nggak nyangka pandemi bakal selama ini— ada perubahan yang aku dapatkan dan juga bisa tetap produktif, tapi kalau sekarang sih sebenernya motivasi terpenting aku hidup sehat adalah supaya bisa hidup dengan menjadi inspirasi buat banyak orang, kalo gue bisa, lu juga sebenernya bisa kok. After all, we are all the same human.”

motivasi diet sehat

It Wasn’t Easy

Sempat berjuang dengan diri sendiri, Daniel pun terus berusaha mengubah kebiasaan-kebiasaan yang diperlukan untuk mendukung pola hidup sehat. Menyerah bisa jadi pilihan, namun Daniel tidak memilih itu dan terus berjuang menjalani pola hidup sehatnya.

Daniel: “SUSAH BANGET. To be honest di awal tahun 2020 waktu aku memulai diet, aku bener-bener fight with myself karena ada kebiasaan-kebiasaan yang dipaksa untuk diubah seperti pola makan yang diperbarui, pola tidur yang diubah, badan harus aktif bergerak. Di masa pertama kali itu rasanya sih pengen nyerah ya, tapi balik lagi, karena aku selalu ingat bahwa orang lain bisa kok, pasti lu juga bisa, apalagi 2014 aku sempet kurus juga, so I’m not giving up.”

konsisten diet sehat

Set Your Motivation, Mind, and Plan

Memulai perjalanan hidup sehat tidak bisa selalu disamakan dengan orang lain ya, Kawan Mula, karena setiap orang memiliki kebutuhan dan kondisi masing-masing. Cocok untuk dia, belum tentu cocok untuk kamu loh. Jadi, mulai dari hal kecil atau bahkan bisa berkonsultasi kepada ahlinya dulu ya. Nah, Daniel sendiri menjalani hidup sehatnya dengan melakukan defisit kalori dan diimbangi dengan olahraga. Ini dia tipsnya:

Daniel: “Oke, kalau cara sih, sebenarnya tiap orang punya cara berbeda ya, tapi kalau dari aku sendiri aku lakuin calorie deficit dan pastinya berolahraga. Maksudnya calorie deficit disini adalah kamu mengurangi porsi makanmu dan mengatur makan tepat waktu, jadi misalnya biasanya kamu makan sekitar 5000 Kalori per hari, sementara tubuh kamu cukup butuh 2500 kalori per hari, pelan-pelan berusaha atur, misalnya bisa ganti nasi putih dengan nasi merah, ayam goreng dengan ayam rebus/ayam ca, perbanyak sayuran dan buah. Sekarang banyak banget platform yang menyediakan cara untuk kita tahu berapa jumlah kalori dalam setiap makanan yang kita makan. Dan pastinya imbangi juga dengan olahraga, kalau males mulai aja dari jalan santai atau misalnya lari kecil-kecil, percayalah tubuh kita itu nanti bakal terbiasa kok. Buat temen-temen yang baru mau mulai untuk mengatur pola hidup sehat, mulailah dari:

Set your motivation, sebuah perjalanan ngga akan terjadi kalo kita nggak tahu tujuannya apa, kalo kita cuma mau kurus tapi nggak tahu kenapa kita mau kurus, ada satu masa kamu bakal berhenti dan malah capek sendiri, stress sendiri dan akhirnya malah stuck di tengah jalan.

Set your mind. Inget yang kamu lakuin ini pastinya berdampak baik buat diri kamu, jangan sampai omongan orang yang nggak membangun jadi sebuah alasan kamu untuk nggak memulai. Your life depends on yourself.

Set your plan. Nah mulailah dengan mengatur rencana kamu untuk mencapai tujuan kamu apa, apakah ada hal yang harus diperbaiki dari pola makan kamu, apakah ada hal yang harus kamu lakukan dengan pola tidur, dan temukan cara terenakmu dalam mengatur pola hidup sehat. Do it with fun!”

diet planner

Set Your Priority and Time Management

Beraktivitas di rumah aja seharusnya bukan jadi alasan untuk malah jadi “mager” ya, Kawan Mula. Bila kita menyempatkan waktu dan mengatur prioritas serta jadwal dengan baik, pasti menjalani hidup sehat bisa tetap dilakukan kok. Kalau menurut Daniel “Kamu akan memprioritaskan sesuatu yang penting”

Daniel: Nah, selama kita lagi beraktivitas di rumah aja, justru sebenarnya nggak menjadi sebuah penghalang untuk kita stay fit loh, guys. Karena harusnya, kita punya fleksibilitas waktu yang lebih banyak, kita bisa buat makan sehat kita sendiri, kita bisa bangun lebih awal sebelum kerja untuk berolahraga atau setelah selesai jam kerja pun, kita nggak terjebak macet dan bisa langsung memulai olahraga. Set prioritas dan time management kita untuk memulai pola hidup sehat. You will make priority to something that you think important.

cara konsisten dengan diet

DO IT NOW and DO IT WITH FUN

Salah satu hal yang gak kalah penting adalah jangan menunda-nunda waktu untuk memulai kebiasaan sehat dan lakukan dengan senang plus enjoy prosesnya. Ingat! Jangan sampai menyiksa diri yaa. Ini dia pesan dari Daniel untuk kamu.

Daniel: “DO IT NOW and DO IT WITH FUN. Buat temen temen Kawan Mula yang mau mulai, nggak perlu menunda-nunda untuk memulai hidup sehat, karena kalau kita pake alesan ‘nanti dulu’ atau ‘tapi’, kita akan end up nggak menjalaninya. Dan pastinya kita harus lakukan dengan senang. Target dan tujuan memang perlu, tapi jangan sampai kita jadi menyiksa diri, sampai akhirnya kita malah pingsan atau malah kena sakit yang menjurus ke pencernaan bahkan ke mental. Slow but sure, we’ll reach the target kok. Jadi lakuin aja okey? Semangat!”

olahraga dan diet sehat

Nah, udah makin terinspirasi dan termotivasi untuk hidup sehat belum nih dari cerita Daniel? Untuk kamu yang mau memulai hidup sehat, lakukan sekarang dan nikmati segala prosesnya. Lakukan dengan caramu dan jangan sampai menyiksa diri yaa. Semangat Kawan Mula! Kamu bisa juga baca tips dan cerita inspiratif lainnya, serta mendapatkan produk sehat untuk mendukung hidup sehat kamu di awalmula.co.id!

daniel fernando