Ini Dia Manfaat Teh Jati Cina dan Efek Sampingnya

20 September 2022
Ini Dia Manfaat Teh Jati Cina dan Efek Sampingnya
BY Awal Mula

Teh jati cina salah satu teh herbal yang dipercaya dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk Kamu yang merasa sulit buang air besar, teh jati cina ini menjadi teh herbal yang paling disarankan. Nah, sebelum mengkonsumsi teh jati cina, ada baiknya pahami apa saja manfaat, efek samping dan waktu terbaik dalam mengkonsumsi teh jati cina pada pembahasan berikut ini!

Teh Jati Cina

Teh jati cina ini merupakan tanaman yang berasal dari pohon jati cina yang dikenal sebagai tanaman senna dan banyak ditemukan pada negara-negara tropis termasuk Indonesia. Teh herbal ini memiliki rasa yang sedikit manis dan rasa pahit yang sangat dominan.

Baca Juga: Manfaat Teh Daun Kelor, Salah Satunya Bisa Menurunkan Gula Darah

Aroma yang dihasilkan tidak terlalu kuat bila dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Untuk meningkatkan cita rasa yang dihasilkan, banyak orang mencampurkan teh ini dengan madu atau teh hijau yang bisa ditemukan dimana saja.

Manfaat Teh Jati Cina

Teh jati cina dipercaya memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Imumnya, teh jati cina ini akan dijual di pasaran dalam bentuk bubuk dan kapsul. Berikut beberapa manfaat teh jati cina yang harus Kamu ketahui!

Baca Juga: Manfaat Teh Chamomile Untuk Kesehatan

1. Obat Wasir

Wasir merupakan permasalahan yang berkaitan dengan pencernaan dan komplikasi dari sembelit. Teh jati cina bermanfaat untuk mengatasi permasalahan wasir yang disesuaikan dengan jenis wasir dan kondisi keparahannya.

Ada baiknya jika penderita wasir dan ingin mengkonsumsi teh jati cina ini sebagai bahan pengobatan, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter terkait agar tidak menimbulkan efek samping pada tubuh.

2. Penurunan berat badan

Teh jati cina ini ternyata banyak juga dikonsumsi untuk kebutuhan penurunan berat badan karena efek teh jati cina yang berbeda-beda pada setiap orang. Teh jati cina sebagai salah satu teh herbal yang dianggap ampuh dalam menurunkan berat badan bagi sebagian orang.

Baca Juga: Turunkan Berat Badan Secara Alami, Coba Minum Teh Hitam!

Teh jati cina masuk dalam kategori obat pencahar yang sebenarnya tidak disarankan untuk dikonsumsi Sebagai obat untuk menurunkan berat badan tubuh. Untuk kesehatan tubuh, ingatlah untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

3. Obat pencahar

Teh jati cina merupakan teh herbal yang berperan sebagai obat pencahar yang bekerja untuk mengatasi sembelit. Kandungan dalam teh jati cina ini bermanfaat untuk melancarkan proses buang air besar.

Kandungan teh jati cina terdapat senyawa aktif yang terus bekerja dengan cara mengiritasi lapisan usus besar dan meningkatkan kontraksi usus sehingga memicu buang air besar secara normal.

4. Mengatasi konstipasi akut

Teh jati cina ini juga bermanfaat untuk mengatasi konstipasi akut karena mengandung Anthracenedione atau anthraquinone yang bekerja sebagai fungsi laksatif untuk mengobati konstipasi akut.

Efek Samping Teh Jati Cina

Selain memberikan banyak manfaat, teh jati cina ini juga memiliki efek samping bila dikonsumsi secara berlebihan. Efek samping yang disebabkan oleh teh jati cina ini cukup bervariasi dari ringan hingga kondisi yang cukup serius.

Beberapa efek samping akibat konsumsi teh jati cina secara berlebihan:

  • Fungsi normal usus besar rusak karena tergantung pada teh untuk fungsi penbuangan tinja
  • Nyeri bagian ulu hati
  • Diare parah
  • Kerja jantung terganggu akibat kehilangan banyak cairan dan elektrolit terutama kalium dan potasium
  • Gangguan asidosis, yakni kondisi ketika kadar asam di dalam tubuh sangat tinggi
  • Gangguan alkalosis, yakni kondisi ketika kadar basa di dalam tubuh sangat tinggi
  • Gangguan malabsorpsi, yakni kondisi penyerapan nutrisi tidak maksimal
  • Kehilangan banyak berat badan
  • Albuminuria yakni kondisi ketika urine mengandung protein dalam jumlah terlalu banyak
  • Kencing berdarah

Efek samping di atas bisa saja muncul akibat penggunaan teh jati cina dalam jangka panjang sehingga menyebabkan perasaan ingin buang air besar terus menerus yang menyebabkan tubuh kekurangan tenaga. Kamu harus segera memeriksakan kondisi bila beberapa efek samping di atas terjadi pasca konsumsi teh jati cina.

Waktu Terbaik Minum Teh Jati Cina

Kandungan daun jati cina dalam bentuk suplemen dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak 15-30 mg suplemen senna per harinya. Suplemen hanya boleh dikonsumsi maksimal 1 minggu untuk meminimalkan resiko efek samping.

Untuk teh jati cina, disarankan untuk konsumsi 1-2 gram senna kering dan seduh dengan air panas selama 10 menit. Tambahkan sedikit madu atau teh hijau untuk menambahkan rasa manis. Cukup konsumsi maksimal 1-2 cangkir sehari.

Ikuti dosis yang disarankan agar Kamu dapat merasakan manfaat teh jati cina sehingga dapat menghindari efek samping yang mungkin muncul dalam tubuh. Hati-hati konsumsi teh jati cina apabila Anda memiliki riwayat penyakit jantung, hati, dan ginjal. Konsultasikan terlebih dahulu sebelum konsumsi teh jati cina ya!