Inilah Tips dan Cara Eksfoliasi Wajah di Rumah

11 November 2022
Inilah Tips dan Cara Eksfoliasi Wajah di Rumah
BY Awal Mula
ekfoliasi wajah

Eksfoliasi wajah adalah sebuah perawatan wajah yang sangat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Dengan begitu, wajah akan semakin cerah dan juga bersinar. Pada dasarnya, mempunyai wajah yang bersih dan cerah tentunya menjadi sebuah dambaan setiap orang. Maka dari itu, melakukan eksfoliasi wajah merupakan salah satu cara ampuh dalam membersihkan kotoran di wajah.

Biasanya, melakukan eksfoliasi wajah sering dilakukan pada salon atau klinik perawatan wajah. Akan tetapi, kamu bisa lakukan eksfoliasi wajah sendiri di rumah dengan mengikuti berbagai tips dan caranya di bawah ini.

Tips Saat Melakukan Eksfoliasi Wajah

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa melakukan eksfoliasi wajah tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebagai berikut.

1. Ketahui Produk Eksfoliasi yang cocok untuk Jenis Kulit

Sebelum melakukan eksfoliasi, maka perhatikan dulu jenis kulitmu. Apabila memiliki kulit berminyak, maka kamu bisa gunakan eksfoliator yang berbahan hydroxy acid.

Akan tetapi jika kulitmu kering, maka gunakan eksfoliator lembut dengan tekstur ringan agar kulitmu tidak mudah terkelupas. Sedangkan untuk kulit sensitif, gunakan eksfoliator dengan bahan dasar alami.

2. Ketahui Waktu yang Tepat untuk Melakukan Eksfoliasi

Tips selanjutnya adalah kamu bisa melakukan eksfoliasi ketika pagi atau malam hari. Akan tetapi, jika kamu memiliki kulit yang sensitif, ada baiknya lakukan eksfoliasi pada malam hari. Pengelupasan pada malam hari juga sangat bermanfaat untuk dapat memaksimalkan night cream yang sudah kamu pakai.

3. Jangan Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi

Pada dasarnya, melakukan eksfoliasi dapat dilakukan sebanyak 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Meskipun begitu, kamu juga dapat memberikan jeda sebanyak 2 hingga 3 hari agar kulit dapat melakukan pemulihan setelah eksfoliasi. Hal tersebut juga berguna untuk menghindari kulit dari inflamasi dan sensitif.

4. Selalu Perhatikan Kondisi Kulit

Kamu juga harus memperhatikan kondisi kulit saat itu sebelum melakukan eksfoliasi. Saat kulitmu sedang berjerawat atau mengalami luka, maka sebaiknya tidak melakukan eksfoliasi. Tunggulah sampai kondisi kulitmu membaik.

5. Lakukan Eksfoliasi Dengan Cara yang Tepat

Tips yang terakhir adalah lakukan eksfoliasi dengan cara yang tepat dan tidak boleh asal. Perhatikan proses yang harus dilakukan sebelum, sesudah, dan pada saat eksfoliasi. Dengan begitu, kulit wajah bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Cara Melakukan Eksfoliasi Wajah di Rumah

Setelah melihat berbagai tips di atas, maka selanjutnya adalah langkah-langkah dalam melakukan eksfoliasi di rumah sebagai berikut.

1. Bersihkan Wajah Sebelum melakukan Eksfoliasi

Tidak jauh berbeda dengan perawatan kecantikan lainnya, kamu harus membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum melakukan eksfoliasi. Hal tersebut sangat berguna untuk menghilangkan kotoran dan dapat menyerap kandungan dari bahan eskfoliasi. Bahkan, kamu bisa gunakan air hangat untuk membasuhnya.

2. Pilihlah Eksfoliator dengan Scrub Lembut

Selanjutnya adalah pilih eskfoliator dengan scrub lembut. Hal itu dikarenakan eksfoliator dengan scrub kasar dapat membuat kulit wajah terluka dan juga berisiko terkena iritasi. Maka dari itu, bahan ini tidak cukup efektif untuk dapat mengangkat sel kulit mati.

3. Lakukan Eksfoliasi Wajah dengan Lembut

Scrub yang terdapat dalam eksfoliator tentunya tidak terlepas dari berbagai bahan kimia. Maka dari itu, ambilah secukupnya saat akan mengoleskannya pada wajah. Kemudian, kamu dapat lakukan eksfoliasi dengan gerakan perlahan dan juga memutar.

Lalu, usaplah dengan lembut hingga scrub merata ke seluruh bagian wajah. Terakhir, bilas dengan menggunakan air hangat.

4. Pilihlah Handuk Yang Tepat Untuk Mengeringkan Wajah

Handuk atau juga kain yang dipakai untuk mengeringkan wajah setelah melakukan eksfoliasi juga tidak boleh asal. Pertama-tama, kamu harus memastikan bahwa handuk atau kain tersebut sudah bersih. Lalu, pastikan juga permukaannya lembut karena jika kasar bisa membuat kulit mengalami over exfoliating.

5. Aplikasikan Pelembab Setelah Melakukan Eksfoliasi

Tahapan selanjutnya setelah selesai eksfoliasi adalah menggunakan pelembab pada wajahmu. Pelembab ini memiliki fungsi untuk menutrisi kulit dan tentunya akan menjaga kulit tetap lembab. Hal itu dikarenakan beberapa eksfoliator dapat membuat kulit wajah menjadi kering.

6. Selain Pelembab, Gunakan Sunscreen Setelah melakukan Eksfoliasi

Untuk melakukan eksfoliasi pada dasarnya bisa dilakukan ketika pagi hari atau bahkan malam hari. Jika kamu melakukan ritual ini di pagi hari, ada baiknya kamu gunakan sunscreen juga setelahnya. Kamu dapat pasang sunscreen setelah menggunakan pelembab. Penggunaan sunscreen sangat berguna untuk mengatasi kulit kemerahan atau mencegah sunburn akibat eksfoliasi.

Demikian tips dan cara eksfoliasi wajah di rumah. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat. 

Artikel Lainnya: