Tips Memilih Toner Wajah Pria dan Kandungan yang Tepat!

23 May 2022
Tips Memilih Toner Wajah Pria dan Kandungan yang Tepat!
BY Awal Mula

Toner merupakan salah satu produk skincare yang biasa dipakai setelah mencuci muka. Produk ini digunakan untuk membantu mengembalikan pH wajah agar tetap seimbang. Di pasaran ada banyak jenis toner dengan ragam kandungan yang berbeda-beda. Jika kamu sedang bingung memilih toner wajah pria dengan tipe kulit berminyak dan berjerawat, maka kamu perlu simak tips memilih toner di artikel ini!

Cara Memilih Toner Wajah Pria yang Tepat

Jika kamu memiliki kulit berminyak dan berjerawat, maka kamu perlu mengambil langkah-langkah untuk mengurangi produksi minyak sekaligus membersihkan pori-pori. Berikut ini beberapa tips memilih toner wajah pria yang bisa kamu lakukan:

1. Pilih Toner Sesuai Jenis Kulit

Langkah pertama dalam memilih toner yang tepat adalah mengenali jenis kulit kamu. Jika kamu punya kulit berminyak dan berjerawat, maka carilah produk yang diformulasikan untuk kulit berminyak. Contohnya, toner dengan kandungan salicylic acid atau witch hazel.

2. Hindari Toner Yang Mengandung Alkohol

Ada banyak toner yang dijual di pasaran masih mengandung alkohol. Padahal kandungan tersebut dapat membuat kulit menjadi kering dan menyebabkan produksi minyak berlebih. Untuk mencegah hal itu, maka hindari toner yang mengandung alkohol di dalamnya. 

Kandungan Toner untuk Kulit Berjerawat dan berminyak

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, baik wanita atau pria. Jika kamu memiliki tipe kulit berminyak dan gampang berjerawat, maka kamu perlu mengetahui kandungan apa saja yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Berikut ini kandungan toner yang cocok untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat:

1. Salicylic acid

Asam salisilat (salicylic acid) merupakan asam beta-hidroksi (BHA), yang bisa larut dalam minyak atau lemak. Kandungan satu ini bisa menembus jauh ke dalam pori-pori, yang menghasilkan minyak atau sebum di kulit. 

Menurut Kim Chang, ahli kecantikan di Baylor College of Medicine, mengungkapkan bahwa salicylic acid dapat membantu mengurangi minyak berlebih di kulit dan menghilangkan jerawat. Selain itu, kandungan BHA ini juga bisa membantu proses pengelupasan kulit mati yang kering. Dengan begitu, pori-pori tersumbat dapat dicegah dan frekuensi jerawat bisa berkurang.

2. Tea Tree

Kandungan ini berperan sebagai bahan antiseptik dan memiliki efek anti-inflamasi. Selain itu, tea tree juga dapat digunakan sebagai agen anti-jerawat. Oleh karena itu, toner dengan kandungan ini cocok digunakan untuk jenis kulit berjerawat dan berminyak. 

Itulah tips memilih toner wajah pria dengan jenis kulit berminyak dan berjerawat. Jika kamu tertarik mencoba toner, kamu bisa menggunakan tea tree face wash toner. Produk tersebut dapat membantu menghidrasi kulit dan mengangkat kotoran di wajah. 

3. Witch hazel

Kandungan ini mengandung tanin hingga 10%, yang berasal dari daun dan kulit tanamannya. WItch hazel memiliki ​​sifat astringent dan bekerja dengan cara memecah kulit mati dan minyak di kulit wajah. 

Selain itu, wItch hazel juga dapat membersihkan pori-pori dan menjadikan kulit terasa segar. Berdasarkan penelitian, kandungan witch hazel menunjukkan manfaat anti-inflamasi sehingga bisa mengurangi peradangan dan minyak pada kulit berjerawat dan berminyak.

Ketika memilih toner yang mengandung witch hazel, kamu perlu berhati-hati. Beberapa produk perawatan kulit dengan bahan witch hazel juga mengandung alkohol dan/atau wewangian, yang keduanya dapat mengiritasi kulit sensitif. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih witch hazel murni tanpa zat tambahan seperti alkohol atau pewangi. 

4. Alpha-hydroxy acids (AHA)

Asam alfa-hidroksi merupakan kelompok asam yang bertindak sebagai pengelupasan kimia (chemical exfoliant). Kandungan ini ideal untuk kulit wajah yang rentan berjerawat dan berminyak karena proses eksfoliasi dapat membantu menghilangkan sel-sel mati yang dapat menyumbat pori-pori. Selain itu, AHA juga bisa menyeimbangkan kelembapan di kulit wajah agar tetap terhidrasi. 

Berdasarkan studi di tahun 2010 menunjukan bahwa jerawat dapat menurun sebanyak 64,2% pada peserta yang menggunakan kandungan AHA selama 60 hari.

Toner ini dilengkapi dengan kandungan ekstrak buah apel, centella asiatica, ekstrak bunga saffron, dan allantoin. Kandungan tersebut dapat berguna sebagai anti-inflamasi, yang dapat menenangkan kulit, mengurangi kemerahan, dan membantu perbaikan sel kulit pada wajah berjerawat dan berminyak. 
Selain menggunakan toner, kamu juga perlu rutin menggunakan produk skincare lainnya. Dengan begitu, kulit akan tampak sehat, lembab, dan terhidrasi.