Begini Urutan Skincare Malam Hari yang Tepat Agar Wajah Glowing

5 September 2022
Begini Urutan Skincare Malam Hari yang Tepat Agar Wajah Glowing
BY Awal Mula

Hampir semua wanita mengaplikasikan skincare pada malam hari sebagai bentuk perawatan kulit wajah. namun, beberapa orang masih jarang yang mengaplikasikan skincare dengan benar atau salah urutan.

Nah, pengaplikasikan skincare yang tidak sesuai urutan bisa berdampak pada skincare yang tidak bekerja di kulit wajah. Berikut urutan skincare malam yang benar dan bisa Kamu ikuti dalam mengaplikasikan skincare di malam hari.

Urutan Skincare di Malam Hari

Pada malam hari, kulit berfokus pada perbaikan kerusakan kulit yang terjadi di siang hari dengan produk skincare khusus malam hari. Malam hari menjadi waktu yang tepat untuk mengaplikasikan skincare untuk memberikan efek menenangkan di kulit wajah dengan urutan:

1. Cleanser

Cleanser merupakan pembersih wajah yang menjadi urutan pertama sebelum mengaplikasikan skincare malam hari. Cleanser ini bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan sisa makeup yang masih menempel hingga bersih.

Baca Juga: Ciri-ciri Wajah Rusak Akibat Cream

Sertai dengan gerakan memutar untuk mengangkat seluruh kotoran dan pijat kulit wajah. Bila perlu lakukan pembersihan ganda untuk membuat kulit wajah benar-benar bersih dan siap menggunakan skincare yang lainnya.

Gunakanlah cleanser dengan pH rendah atau netral yang membantu Kamu menjaga kesehatan alami kulit Kamu. Hindari menggosok wajah terlalu keras saat membersihkannya karena dapat mengiritasi kulit wajah.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Toner dan Micellar Water

Keuntungan dari double cleansing adalah membantu dalam menghilangkan residu yang ditinggalkan oleh cleanser atau pembersih minyak yang sebelumnya digunakan.

2. Hydrating Mist atau Toner

Hydrating mist atau toner bermanfaat untuk menghidrasi kulit wajah di malam hari. Pilihlah toner dengan kandungan asam laktat, asam hyaluronat, dan gliserin yang benar-benar memberikan kelembaban pada kulit wajah.

Semprotkan mist pada wajah atau tepuk-teppukkan di kulit wajah bila menggunakan toner. Bisa juga mengaplikasikan toner dengan bantuan kapas yang diusapkan langsung ke kulit wajah.

Baca Juga: Tips Memilih Toner Wajah untuk Pria

Hindari penggunaan toner dengan kadar alkohol yang tinggi secara berlebihian karena dapat menyebabkan iritasi atau kerusakan pada pelindung lapisan kulit wajah. Pengaplikasikan toner bermanfaat untuk menghilangkan sisa makeup dan kotoran serta menyeimbangkan pH kulit wajah.

3. Serum dan Essence

Serum diaplikasikan setelah mengaplikasikan toner dan essence di lapisan kulit wajah. Serum memberikan nutrisi yang baik ke kulit wajah.

Kandungan serum yang sangat baik untuk kulit wajah adalah vitamin E yang sangat direkomendasikan untuk kulit kering dan antioksidan dari teh hijau untuk mengatasi kulit kusam. Untuk kulit wajah yang rentan berjerawat, gunakanlah retinol dan vitamin C.

Pilihlah serum yang memberikan manfaat yang dibutuhkan oleh kulit wajah baik yang berfokus pada penuaan, pelembab, pencerah, atau menghilangkan noda hitam. Serum dapat memberikan manfaat pada kulit wajah karena sangat terkonsentrasi. Formulanya ampuh menembus lapisan kulit hingga ke lapisan terdalam kulit wajah.

4. Masker wajah

Aplikasikanlah masker wajah yang dapat menghidrasi kulit wajah karena beberapa produk masker dapat menyumbat pori-pori wajah. Masker wajah yang menghidrasi memiliki kemampuan untuk memberikan kelembaban yang nyata dan sangat bagus untuk kulit kering.

Cobalah untuk mendinginkan sheet mask dalam kulkas sebelum menggunakannya dan nikmati manfaat anti-inflamasi tambahan. Masker terbuat dari bahan-bahan yang bermanfat untuk menghidrasi kulit dan ampuh menghilangkan sebum berlebih di kulit wajah.

5. Eye cream

Eye cream merupakan krim yang biasa diaplikasikan malam hari di bawah mata yang kaya nutrisi dan membantu dalam memperbaiki masalah yang berhubungan dengan penampilan seperti kelelahan dan garis-garis halus sekitar mata.

Carilah eye cream dengan kandungan peptida dan antioksidan dengan konsentrasi tinggi. Oleskan sedikit krim mata dan bersihkan keesokan paginya.

Mengoleskan krim mata semalaman dengan tangan bersih atau aplikator dapat mengurangi penuaan di kulit wajah dan kerusakan kulit wajah. Oleskan semalaman agar kandungannya bisa menembus area kulit mata dan menunda tanda-tanda penuaan.

6. Face Oil

Face oil sangat bagus diaplikasikan pada kulit wajah di malam hari untuk menghasilkan kilau wajah. Tepuk-tepuk beberapa tetes ke kulit dan tunggu hingga beberapa menit.

Bersihkan secara menyeluruh keeseokan paginya untuk menghilangkan residu dari produk yang lebih berat. Minyak dapat mengubah efektivitas tabir surya di siang hari sehingga pengaplikasian pada waktu malam hari menjadi waktu terbaik untuk produk ini.

7. Sleep mask

Sleep mask merupakan urutan terakhir skincare malam yang dirancang untuk melindungi kulit dan berperan besar dalam perbaikan sel kulit wajah. Sleep mask ini dapat menyegel semua produk lain dengan kandungan bahan pelembab yang cukup ringan untuk disimpan semalaman. Pengaplikasikan krim malam atau masker tidur memungkinkan produk bekerja dengan baik hingga menembus lapisan penghalang kulit wajah. Carilah sleep mask dengan formula yang lebih ringan.