Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • 5 Kriteria Makanan Sehat yang Baik Untuk Tubuhmu!

    May 5, 2021

    4.8 Min Read

    5 Kriteria Makanan Sehat yang Baik Untuk Tubuhmu!

    Salah satu cara menjalankan pola hidup sehat bisa dimulai dari hal sederhana, yaitu mengonsumsi makanan yang sehat. Tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu, bagaimana sebuah makanan bisa termasuk dalam kriteria yang makanan sehat atau tidak. Lalu, seperti apa sih kriteria dari makanan yang sehat itu? Berikut penjelasannya.

     

    1. Makanan Harus Memiliki Gizi Seimbang

     

    Apakah kriteria dari makanan yang sehat harus mahal harganya? Tentu tidak. Kriteria makanan yang sehat haruslah mengandung karbohidrat, lemak, serat, mineral, atau vitamin. Di sini, Kawan Mula harus menggaris bawahi bahwa setiap usia dan kondisi tubuh akan membutuhkan asupan gizi yang berbeda. Dilansir dari situs Who.int, pola pemenuhan kebutuhan gizi seimbang sangat tergantung dari faktor usia, jenis kelamin, pola hidup, dan berbagai aktivitas fisik yang dilakukan setiap harinya.

    Menurut survey dari National Health Service, pria dewasa memerlukan 2500 kalori per hari. Sedangkan, untuk wanita dewasa membutuhkan 2000 kalori per harinya. Contoh berbagai buah dan sayur yang memenuhi kriteria makanan sehat adalah pisang, apel, alpukat, oatmeal, brokoli, tomat, ikan salmon, telur, tuna, dll.

     

    2. Menu Makanan Harus Bervariasi

     

    Makan nasi saja tidak cukup, karena hanya memberikan karbohidrat. Karenanya, dibutuhkan makanan 4 sehat 5 sempurna lainnya yang mencakup nasi, sayur, lauk pauk, buah, dan susu. Kriteria makanan sehat ini sendiri masih berkaitan erat dengan pemilihan jenis asupan yang tepat.

     

    Baca Juga: Manfaat Oregano Bubuk Untuk Kesehatan

     

    Semakin besar variasi asupan, juga dianggap mampu meningkatkan kondisi kesehatan seseorang. Jadi, jangan hanya terpaku pada 1 atau 2 menu saja. Tapi, sebisa mungkin penuhi dengan menu 4 sehat 5 sempurna setiap hari agar kebutuhan nutrisi tubuh tercukupi dengan baik. Bila masih bingung harus memasak apa, Kawan Mula bisa membeli berbagai menu makanan sehat di website Awal Mula.

     

    3. Tidak Menggunakan Bahan Pengawet, Pemanis, & Pewarna Makanan

     

    Makanan yang sehat juga bisa dinilai dari cara penyajiannya. Biasanya, makanan yang diolah dalam kemasan, dapat mempengaruhi kualitasnya. Namun, bukan berarti semua makanan akan menjadi tidak baik. Karena itu, pentingnya untuk kita membaca tabel komposisi makanan untuk mengetahui apa saja bahan yang digunakan dan bagaimana cara pengolahannya. Salah satu dari kriteria makanan sehat adalah tidak mengandung bahan pengawet, pemanis ataupun pewarna makanan.

     

    Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 5 Jenis Brownies Yang Sehat

     

    Makanan yang mengandung zat pewarna buatan seperti tartrazin, eritrosin, indigotin, dan rhodamin B dapat membuat tubuh menjadi gatal-gatal, menyebabkan asma, hingga memicu pertumbuhan tumor. Begitu juga dengan bahan makanan yang mengandung pengawet dan pemanis yang dapat menyebabkan kanker hingga memicu serangan jantung.

     

    4. Rendah Gula, Lemak, & Garam

     

    Dilansir dari fact sheet WHO tentang healthy diet, setidaknya total lemak yang dikonsumsi tidak boleh melebihi angka 30% dari total energi. Begitu juga dengan asupan gula dan garam. Bahkan kadar gula harus kurang dari 10% atau 5%. Sedangkan, konsumsi garam setidaknya harus kurang dari 5 g per hari sebagai upaya mengurangi risiko terkena hipertensi. Kawan Mula bisa mencoba mengonsumsi kacang-kacangan, sayuran hijau, dan juga buah-buahan untuk bisa memenuhi kriteria makanan sehat harian.

     

    5. Makanan Harus Terjaga Kebersihannya

     

    Saat kita membeli makanan, terkadang kita tidak memperhatikan bagaimana orang lain membuatnya. Bahkan, terkadang kita sendiri mungkin juga sering lupa untuk mencuci tangan sebelum mulai memasak. Kebersihan makanan menjadi hal penting mendasar untuk mencegah masuknya kuman dan bakteri penyakit.

    Bila Kawan Mula ingin menghidangkan makanan sehat di rumah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih bahan makanan yang masih segar, sehingga kandungan nutrisinya tidak banyak terbuang. Kedua, cuci bahan masakan dan alat-alat memasak agar kualitas makanan tetap terjaga. Setelah itu, gunakan minyak yang mengandung lemak tidak jenuh seperti minyak zaitun murni, minyak kenari, ataupun minyak bunga matahari agar tidak meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Itulah beberapa kriteria makanan sehat yang sebaiknya diketahui. Dengan begitu, Kawan Mula bisa menyiapkan menu masakan sehat setiap hari untuk keluarga tercinta di rumah. BIla ingin mencari bumbu dapur yang terbuat dari bahan alami, Kawan Mula bisa mencarinya di sini.