Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Kenalan Lebih Jauh dengan Diet DEBM Yuk!

    September 29, 2021

    7.8 Min Read

    Kenalan Lebih Jauh dengan Diet DEBM Yuk!

     

    Ada gak sih diet yang kayaknya menyenangkan gak berat, tapi beneran bisa bikin turun berat badan? Well, beberapa orang pasti akan menyebutkan diet DEBM sebagai salah satu diet yang populer. Diet DEBM yang merupakan singkatan dari Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan ini pertama kali dipopulerkan oleh Robert Hendrik Liembono di tahun 2018. Robert sendiri adalah seseorang obesitas yang berhasil menurunkan berat dari 108 kg menjadi 75kg dengan diet yang dia rancang sendiri bermodalkan membaca di internet. 

    Diet DEBM sendiri mirip dengan diet ketogenik dan atkins yang hanya mengonsumsi protein dan lemak, serta menekan konsumsi karbohidrat. Terdengar menarik ya? Diet tapi tetap boleh mengonsumsi makanan enak tanpa harus menahan lapar. Diet ini juga tidak mengharuskan Kawan Mula untuk berolahraga dan minum obat-obatan untuk menurunkan berat badan. Namun, bukan berarti diet ini tidak ada aturannya lho! Cek peraturan yang harus Kawan Mula lakukan saat melakukan diet DEBM: 

     

    1. Wajib Sarapan

    Kawan Mula diharapkan memulai hari dengan sarapan yang tinggi protein seperti telur dan daging, serta lemak dan menghindari konsumsi karbohidrat. Sarapan sangat penting di dalam diet DEBM karena sarapan tinggi protein akan membuatmu merasa kenyang lebih lama dan menghindari kenaikan gula darah yang menyebabkan rasa lapar terus menerus. 

    2. Makan Siang dan Malam Wajib Ada Protein Hewani 

    Ada sedikit perbedaan antara makan siang dan makan malam. Saat makan siang, Kawan Mula diwajibkan untuk memakan protein hewani dan sayur hijau seperti kangkung, bayam, katuk, pakcoy, dan menghindari sayuran tinggi karbohidrat seperti jagung, kentang, bit, dan labu. Pasalnya, sayuran hijau megandung kalori dan karbohidrat lebih rendah daripada sayuran dengan pati.  Sedangkan untuk malam hari, hanya boleh mengonsumsi protein hewani. Pilih protein hewani yang cenderung “lean” seperti dada ayam atau daging kalkun akan membantu pembentukan dan perbaikan otot.

    3. Makan Malam Terakhir adalah Jam 6 Sore 

    Mungkin Kawan Mula akan berpikir kenapa sih harus berhenti makan setelah jam 6? Bukankah Diet DEBM seharusnya bisa makan sepuasnya? Nah, diet DEBM sendiri menyarankan untuk berhenti makan setelah jam 6 agar tubuh memiliki waktu lebih panjang untuk “beristirahat”. Mirip dengan konsep intermitten fasting yang memberikan jeda 12-16 jam untuk tubuh berpuasa sehingga kadar gula darah lebih stabil dan tingkat sensitivitas tubuh terhadap insulin juga meningkat.

    4. Konsumsi 3 Gelas Air Putih pada Jam 9 Pagi dan 3 Sore 

    Kawan Mula juga diharapkan untuk mengonsumsi air yang cukup saat menjalani diet DEBM. Pastinya konsumsi air putih sendiri sangat baik untuk tubuh, selain memberikan rasa kenyang dan menghindari Kawan Mula mengonsumsi minuman manis! Jadi wajib yah minum 3 gelas air putih pada jam 9 pagi dan 3 sore.

    5. Hindari Konsumsi Minuman Manis 

    Siapa yang suka boba? Nah, diet DEBM ini melarang banget Kawan Mula konsumsi minuman manis alias liquid calorie. Bayangkan konsumsi segelas boba bisa mencapai 300 kcal sedangkan makan dada ayam 200gr hanya 320 kcal. Mana yang membuat Kawan Mula merasa lebih kenyang? Pastinya dada ayam dong ya. Namun, kamu gak usah khawatir karena kamu bisa mengonsumsi teh, kopi, sparkling water--tentunya tanpa krimer, gula, maupun pemanis buatan.

    6. Masak Boleh Pakai Minyak dan Garam

    Diet identik dengan makanan hambar, betul tidak? Berbeda dengan diet lain, diet DEBM masih memperbolehkan Kawan Mula untuk mengonsumsi garam dan minyak. Namun, diet DEBM sangat melarang penggunaan gula dan tepung ya!

    7. Mau Nyemil? Boleh! Asal ...

    Iya, di diet DEBM, Kawan Mula justru disarankan untuk nyemil dengan batas 750kcal perhari. Tentunya bukan cemilan tinggi karbohidrat dan kalori ya, melainkan makanan yang mampu meningkatkan metabolisme seperti telur, alpukat, keju, susu, biji-bijian, apel, strawberry, dan yogurt.

     

    Mudah kan? Diet DEBM memang terlihat simpel dan menyenangkan, tetapi ada hal-hal yang harus Kawan Mula ketahui mengenai diet DEBM ini karena diet ini gak untuk semua orang dan ada efek sampingnya lho! Cek di bawah ini ya … 

     

    Tidak Semua Orang Bisa Menjalani Diet DEBM

    Melihat konsumsi protein dan lemak yang tidak dibatasi, tentunya diet ini sebaiknya tidak dilakukan oleh mereka yang memiliki kondisi medis seperti gagal ginjal kronis, asam urat, jantung koroner, dan kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan konsumsi protein berlebih akan membuat kerja ginjal semakin berat, terlebih karena konsumsi protein dan lemak tidak dibatasi. Bagi penderita asam urat dan kolesterol tentunya harus memilih jenis lemak yang dikonsumsi karena lemak jenuh dan lemak trans akan lebih banyak merugikan daripada menguntungkan.

     

    Enak Sih Tapi Bukan Tanpa Efek Samping

    Jika Kawan Mula mengonsumsi sangat sedikit karbohidrat, bahkan hanya bisa mengonsumsi beberapa jenis sayur seperti brokoli, asparagus, dan bayam, maka Kawan Mula bisa mengalami efek samping seperti konstipasi, sakit kepala, dan kram otot terutama di minggu-minggu pertama saat tubuh beradaptasi dengan konsumsi karbohidrat dan gula yang sangat sedikit. Selain itu juga tidak jarang tubuh akan terasa lemas dan buang air terus menerus. Dampak jangka panjang juga bisa menyebabkan kolesterol naik, meningkatkan risiko kanker kolon, dan penyakit lainnya akibat konsumsi protein dan lemak berlebih. Pastikan Kawan Mula berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memulai diet DEBM ya! 

     

    Hal-hal yang Perlu Kawan Mula Perhatikan 

    Tentunya diet apa pun akan lebih baik jika dilakukan dengan tepat sasaran. Selain berkonsultasi dengan dokter gizi, ada baiknya Kawan mula juga melakukan aktivitas fisik lebih banyak dan rutin berolah raga saat melakukan diet DEBM. Pemilihan protein hewani juga sebaiknya menjadi perhatianmu. Pilihlah protein hewani berkualitas tinggi seperti ayam, sapi, kambing, babi, ikan air tawar, dan ikan laut. Hindari konsumsi daging olahan berlebih seperti sosis, kornet, ikan kalengan yang mengandung pengawet. Pastikan Kawan Mula menggunakan minyak berkualitas tinggi saat melakukan diet DEBM seperti mentega, minyak kelapa, dan minyak zaitun, serta menghindari konsumsi margarin atau santan yang tinggi lemak trans dan minyak kelapa sawit yang terhidrogenasi. Tentunya Kawan Mula juga sebaiknya mendiversifikasi metode memasak, gak melulu harus digoreng ya! 

     

    Jadi bagaimana, Kawan Mula, apakah ingin menjalani diet DEBM ini? Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan dapur dan memasak di Awal Mula karena cuma di Awal Mula kamu bisa menemukan bahan-bahan yang bebas gula untuk menunjang keberhasilan diet DEBM kamu seperti bumbu dapur, perasa bebas gula, hingga minyak goreng berkualitas tinggi.