Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Diet Rendah Kalori dengan Berbagai Pilihan Makanan

    July 30, 2021

    4.1 Min Read

    Diet Rendah Kalori dengan Berbagai Pilihan Makanan

    Ketika Kawan Mula berbicara tentang kalori dalam sebuah makanan, apa artinya? Kalori merupakan satuan energi. Ketika Kawan Mula mendengar sesuatu yang mengandung 100 kalori, itu adalah cara untuk menggambarkan berapa banyak energi yang dapat diperoleh tubuh dari makan atau minum. Manusia membutuhkan kalori sebagai sumber energi. Namun, kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Ini tergantung dari beberapa faktor, seperti usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisik yang dijalani sehari-hari.

    Umumnya, rata-rata kalori yang dibutuhkan untuk orang dewasa adalah 2.000 – 2.500 kalori. Apabila kalori yang masuk lebih dari jumlah tersebut, maka tubuh akan menyimpan kelebihannya sebagai lemak. Inilah yang membuat berat badan Kawan Mula jadi naik. Nah, apabila mengonsumsi kalori kurang dari 2.000 – 2.500 per hari apakah berat badan akan turun? Jawabannya tentu bisa. Hal ini dinamakan low – calorie diet atau diet rendah kalori. Biasanya mengonsumsi 1.000 – 1.500 kalori per hari untuk wanita dan 1.500 – 2.000 kalori per hari untuk pria. Yuk kita pelajari lebih lanjut mengenai makanan yang rendah kalori.

    Apa saja makanan yang bisa dijadikan referensi untuk diet rendah kalori?

    Karena diet rendah kalori membutuhkan pengurangan asupan kalori Kawan Mula secara keseluruhan, setiap kalori harus diperhitungkan dalam tujuan kesehatan Kawan Mula yang dapat dicapai dengan memilih makanan padat nutrisi. Makanan dengan banyak serat juga membantu Kawan Mula merasa kenyang. Berikut daftar makanan rendah kalori yang bias kamu coba!

    1. Buah – buahan dan sayuran

    Baik buah maupun sayur keduanya kaya akan vitamin dan mineral. Dengan hanya mengandung 100 kalori per takaran saji. Beberapa jenis buah dan sayuran rendah kalori yang dapat dikonsumsi, meliputi brokoli, wortel, tomat, semangka, stroberi, dan anggur.

    2. Protein Tanpa Lemak dan Susu Rendah Lemak

    Sumber protein tanpa lemak (seperti ayam panggang atau ikan dan produk susu rendah lemak) menghilangkan kalori ekstra dari lemak sambil tetap memberi Anda protein yang dibutuhkan tubuh Kawan Mula.

    3. Gandum Utuh & Rempah - Rempah

    Memilih biji-bijian daripada karbohidrat olahan memberikan lebih banyak nutrisi dan serat. Seperti halnya beras merah, oat, jagung, hingga flax seed atau biji rami. Bisa juga ditambahkan rempah – rempah untuk menambah rasa pada makanan tanpa menambahkan kalori.

    4. Jamur Tiram

    Jamur tiram dapat menjadi pilihan makanan saat diet karena mengandung banyak serat (kaya chitin) yang bisa membantu melancarkan pencernaan yang kemudian dapat membuat tubuh menjadi lebih cepat kenyang.

    5. Yogurt

    Karena yogurt mengandung probiotik, maka baik untuk kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Probiotik dalam yoghurt dapat melepaskan hormon penurun nafsu makan, sehingga membuat Kawan Mula merasa kenyang lebih lama. Yoghurt juga bias kamu jadikan sebagai salah satu pilihan snack rendah kalori yang enak dan pastinya sehat!

    Nah, itu dia beberapa pilihan jenis makanan rendah kalori yang dapat menjadi referensi bagi Kawan Mula ketika menjalani diet rendah kalori. Perlu diingat ya Kawan Mula, bahwa selain fokus pada jumlah kalorinya, Kawan Mula juga harus memastikan setiap makanan yang dimakan bisa memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi yang tepat.

    Beberapa produk makanan rendah kalori bisa didapatkan di awalmula.co.id yang akan mendukung program diet rendah kalori kamu loh Kawan Mula! Kamu juga bisa belanja berbagai camilan rendah kalori, jadi gak perlu khawatir lagi deh! Kamu tetap bisa nyemil dengan camilan sehat walaupun sedang menjalani program diet.