Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Wajib Coba! Inilah 11 Ide Sarapan Sehat untuk Anak yang Praktis

    November 16, 2021

    8.1 Min Read

    Wajib Coba! Inilah 11 Ide Sarapan Sehat untuk Anak yang Praktis 

    Anak-anak sering melewatkan sarapan mereka karena terburu-buru masuk sekolah. Padahal berdasarkan penelitian kebiasaan ini dapat berdampak pada penurunan fokus dan pembelajaran anak saat sekolah. Selain itu, mereka yang melewatkan sarapan cenderung makan lebih banyak kalori sepanjang hari. Oleh karena itu, cobalah siapkan sarapan sehat untuk anak sebelum mereka beraktivitas atau sekolah di pagi hari. Yuk, simak pembahasan lengkap mengenai sarapan sehat dan menu sarapan yang bisa dicoba di artikel ini!

     

    Mengapa sarapan sehat sehat untuk anak itu penting?

    Sarapan adalah cara yang bagus untuk memberi energi atau bahan bakar yang dibutuhkan tubuh. Memilih sarapan sehat untuk anak dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan memori anak-anak saat belajar. Selain itu, anak-anak yang sarapan pagi lebih mungkin mendapatkan serat, kalsium, dan nutrisi penting lainnya. Mereka juga cenderung menjaga berat badan dan memiliki kadar kolesterol darah yang lebih rendah. Anak-anak yang tidak sarapan akan mengonsumsi lebih banyak kalori dan cenderung kelebihan berat badan. Selain itu, mereka juga akan merasa kelaparan sebelum jam makan siang. Kemudian hal ini membuat mereka makan berlebih saat makan siang.

    Selain itu, anak-anak yang melewatkan sarapan bisa merasa lelah, mudah tersinggung, dan gelisah. Hal ini disebabkan karena tubuh mereka tidak memiliki bahan bakar setelah tidur selama 8 sampai 12 jam. Oleh karena itu, suasana hati dan energi mereka bisa turun di pagi hari, apabila tidak makan di pagi hari. 

     

    Makanan apa yang sebaiknya diberikan untuk sarapan?

    Penting bagi anak-anak untuk sarapan setiap hari, namun apa yang mereka makan di pagi hari juga tidak kalah penting. Untuk itu, orang tua perlu memilih dan menyiapkan menu sarapan sehat yang mengandung biji-bijian, serat, dan protein.

    Menurut Kara Gann, Ahli Diet Klinis di Children's Health mengungkapkan bahwa pilihan sarapan sehat adalah makanan yang kaya karbohidrat seperti biji-bijian, buah-buahan, dan susu rendah lemak. Lalu, mengandung protein untuk membantu menjaga pasokan energi bertahan lebih lama dan memastikan otak memiliki daya yang cukup untuk bertahan hingga jam makan siang. 

     

    Berikut ini daftar makanan yang kaya karbohidrat dan protein

    Roti gandum utuh

    Tortilla jagung

    Buah segar atau beku

    Sereal gandum utuh (rendah gula)

    Selai kacang

    Telur atau putih telur

    Kacang polong

    Susu skim

    Yoghurt plain rendah lemak

    Yoghurt buah rendah gula

    Keju rendah lemak 

     

    Ide menu sarapan sehat untuk anak 

    Merencanakan sarapan sehat untuk anak dapat membantu mereka dalam memulai hari dengan lebih baik. Cobalah untuk memberikan sarapan seimbang yang mencakup beberapa kandungan protein, karbohidrat, dan serat. 

    Karbohidrat merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh. Sementara energi dari protein cenderung muncul setelah karbohidrat habis. Kemudian serat dapat membantu memberikan perasaan kenyang dan mencegah anak makan berlebihan. Berikut ini ide sarapan sederhana dan sehat untuk anak yang bisa Kawan Mula buat di rumah:

     

    • Overnight oats: Menu satu ini cukup mudah dibuat dan bisa disiapkan di malam sebelumnya. Untuk membuat overnight oats, cukup campurkan sekitar 1/4 cup (26 gram) rolled oat dan 1/2 cup (120 ml) susu jenis apa pun ke dalam toples kecil. Lalu taburi dengan kacang, biji chia, kelapa parut, dan buah kering atau segar. Kawan Mula tidak perlu memasaknya saat membuat menu ini, cukup tinggalkan toples di lemari es dan biarkan oatnya melunak semalaman. Saat pagi hari kamu bisa sajikan makanan ini untuk menu sarapan anak-anak.

    • Pancake coklat: Makanan ini sangatlah mudah untuk dimasak di pagi hari. Siapkan adonan untuk membuat pancake, lalu tambahkan satu sendok bubuk protein coklat ke dalam adonan. Apabila adonan terlalu kental, tambahkan sedikit susu. Setelah itu adonan siap dibuat menjadi pancake. Untuk meningkatkan kandungan protein pada pancake, Kawan Mula bisa menambahkan chia seeds, pumpkin seeds, flax seeds, telur, atau greek yogurt.

    • Bubur sorgum dan pir: Sorgum merupakan gandum utuh bebas gluten dengan tekstur yang kenyal. Untuk membuat bubur sorgum, cukup campurkan sorgum matang dengan susu. Kemudian taburi dengan pir matang yang sudah diiris. Selain pir, kamu juga bisa menggantinya dengan jenis buah lain yang mungkin disukai anak-anak.

    • Sereal bar dengan buah dan susu: Jika Kawan Mula dalam keadaan darurat, ambilah sebatang sereal rendah gula, lalu sepotong buah yang disukai anak, dan susu.

    • Smoothie: Minuman satu ini dapat memberikan banyak nutrisi dalam satu gelas. Selain itu, kamu bisa mengombinasikan buah-buahan atau sayuran lainnya untuk bahan smoothie. Selain itu, smoothie juga mudah dibuat, cukup campurkan susu biasa atau yogurt dengan buah segar atau beku. Lalu tambahkan nutrisi dan sayuran seperti bayam.

    • Sereal dengan susu: Sereal dingin dengan susu sangat mudah disiapkan saat pagi hari. Pastikan untuk menyimpan susu di tempat yang mudah dijangkau di lemari es. Tuangkan sereal dengan susu.

    • Sandwich dengan isi keju panggang atau selai kacang: Anak-anak biasanya bisa mulai menggunakan peralatan dapur sekitar usia 6 tahun. Salah satu sarapan yang bisa dibuat sendiri oleh anak adalah roti. Cukup tambahkan selai kacang dan irisan pisang di atasnya. Jika anak alergi kacang, kamu bisa menggantinya dengan selai stroberi atau mentega dengan sedikit taburan kayu manis. Ketika anak-anak membuat sarapan roti sendiri pastikan untuk menggunakan pisau mentega yang tumpul atau perhatikan mereka ketika mengoleskan topping dan memotong pisang. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan keselamatan anak.

    • Yogurt Parfait: Lapisi yogurt tawar dengan buah dan sereal gandum utuh. Lalu masukkan ke dalam wadah plastik jika mereka akan memakannya saat diperjalanan menuju sekolah.

    • Telur rebus: Telur merupakan sumber protein dan  bahan sederhana yang dapat disimpan dengan baik di lemari es hingga satu minggu. Ketika akan memakan telur rebus, kamu tinggal mengambilnya di kulkas dan mengupas cangkangnya. Lalu, tambahkan dengan potongan buah dan roti panggang.

    • Tahu orak-arik dengan sayuran: Menu ini dapat menjadi pilihan yang bagus bagi siapa saja yang tidak bisa makan telur, namun ingin tetap mendapatkan asupan protein yang tinggi. Selain itu, membuatnya juga cukup mudah. Kawan Mula tinggal tumis bawang bombay cincang dengan minyak. Lalu, tambahkan tahu yang sudah dihaluskan bersamaan dengan bumbu dan sayuran pilihan yang disukai anak.

    • Muffin: Jika Kawan Mula memiliki waktu luang selama akhir pekan, coba buatlah muffin dalam jumlah besar dan simpan dalam wadah kedap udara di tempat yang mudah dijangkau.

     

    Nah itulah ide sarapan sehat untuk anak yang bisa Kawan Mula coba di rumah. Cukup mudah bukan? Jika kamu membutuhkan bahan-bahan dalam membuat sarapan, Kawan Mula bisa mendapatkannya di awalmula.co.id. Yuk pesan sekarang juga!