Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Ini 4 Daftar Makanan Rendah Lemak untuk Program Dietmu

    September 29, 2021

    6.8 Min Read

    Ini 4 Daftar Makanan Rendah Lemak untuk Program Dietmu

     

    Pandemi Covid-19 menyadarkan banyak orang untuk mulai mengubah gaya hidup mereka menjadi lebih sehat. Selain berolahraga, menjaga pola makan, ataupun menjalani diet tertentu juga menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjalani pola hidup sehat.

    Mengonsumsi makanan rendah lemak sering dijadikan salah satu cara dalam menjalani diet atau sekedar mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Sebab, banyak orang yang meyakini bahwa kelebihan mengonsumsi lemak menjadi pemicu terjadinya kegemukan atau bahkan memicu munculnya penyakit. Namun sebenarnya lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh kita. Fungsi utama lemak bagi tubuh adalah sebagai sumber energi dan untuk menyimpan energi terbanyak dalam tubuh. 

    Agar tetap mendapat sumber energi selama menjalani diet, kamu bisa mengonsumsi jenis makanan rendah lemak. Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan rendah lemak yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga berat badan dan juga mendukung diet sehatmu: 

    Efek kenyang lebih lama bisa kamu dapatkan

    1. Ubi

    Ubi jalar merupakan sayuran akar yang juga rendah lemak. Selain makanan rendah lemak, ubi jalar juga kaya vitamin A, vitamin C dan mengandung beberapa vitamin B. Warna oranye pada ubi jalar disebabkan kandungan beta-karoten yang tinggi, dan memiliki banyak manfaat bagi mata. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa diet tinggi beta-karoten dikaitkan dengan penurunan risiko kondisi mata seperti katarak.

    Selain itu ubi jalar juga kaya akan mineral, seperti potasium dan mangan. Satu ubi jalar berukuran sedang hanya mengandung 1,4 gram lemak. Siapa sangka umbi-umbian yang sering kita temui ini ternyata memiliki segudang manfaat?

    2. Jamur

    Makanan rendah lemak yang juga dapat kamu tambahkan dalam menu dietmu adalah jamur. Jamur merupakan salah satu sumber makanan lezat, bebas lemak dengan banyak manfaat kesehatan. Bahkan selain digunakan sebagai makanan, jamur juga sejak lama dimanfaatkan sebagai obat-obatan.

    Namun tentu harus diperhatikan karena beberapa jamur tidak dapat dikonsumsi dan justru berbahaya bagi kesehatan. Berikut adalah jenis jamur yang bisa dimakan:

    • Jamur white button

    • Crimini

    • Portabella

    • Shiitake

    • Tiram

    Nutrisi dalam jamur bervariasi tergantung jenis, namun semua jamur pada dasarnya mengandung kalium, serat dan berbagai vitamin B dan mineral. Selain sebagai makanan rendah lemak, jamu juga kaya antioksidan yang dilaporkan memiliki efek antiinflamasi yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa jamur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga menjaga kesehatan jantung.

    3. Kedelai

    Meskipun termasuk dalam sumber protein nabati, kedelai juga dapat menjadi sumber makanan yang baik jika sedang dalam program menurunkan berat badan atau membentuk otot tubuh. Dilansir dari Healthline, kedelai atau kacang kedelai mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan. Kandungan tersebut mampu mengurangi inflamasi di dalam tubuh yang dapat menjadi pemicu obesitas. Ketika tubuh bisa memulihkan diri dari inflamasi, maka tubuh akan mendukung penurunan berat badan alami dan sehat. Selain makanan rendah lemak, kedelai adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Kandungan protein pada kedelai yaitu 36–56% dari berat. Satu cangkir (172 gram) kedelai rebus mengandung sekitar 29 gram protein. Kedelai tersedia dalam bentuk tahu, tempe, edamame, tepung kedelai, susu kedelai, kecap, dan bahkan minyak kedelai. 

    Kedelai merupakan salah satu pilihan makanan tinggi protein rendah lemak yang cocok untuk para vegetarian. Misalnya tahu, olahan kedelai ini kaya protein dan mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Tahu relatif rendah lemak, 100 gram tahu hanya mengandung sekitar 4 gram lemak. Sama seperti tahu, tempa juga kaya akan manfaat karena mengandung prebiotik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. 

    Selama menjalankan diet, pastikan untuk menjaga pola makan harian yang sehat dan seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak.

    Baca juga: Tips Menjalankan Diet ala Kawan Mula

    4. Biji-Bijian

    Biji-bijian merupakan salah satu makanan rendah kalori yang sehat dan paling mengenyangkan. Karena terjaga kandungan serat dan aneka nutrisinya, makanan rendah kalori ini juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama menjalani diet sehat. Beberapa contoh biji-bijian yang dapat Kawan Mula konsumsi adalah jagung, biji labu, atau oat. Biji labu mengandung protein dan mineral didalamnya, seperti magnesium dan selenium. Biji labu merupakan sumber antioksidan, magnesium, seng, dan asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh. Biji labu juga merupakan sumber alami triptofan, dan asam amino yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. 

    Biji-bijian lain yang dapat menjadi alternatif menu makanan rendah lemak adalah Oat.   Makanan sehat ini kaya akan protein dan sangat mudah untuk diolah. Per 100 gram oat terdiri dari 17gram protein. Oat juga merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang mengandung serat sehat, magnesium, mangan, vitamin B1, dan beberapa nutrisi lainnya. Kamu juga bisa memilih olahan biji-bijian dalam bentuk cemilan sehat yang rendah kalori seperti popcorn yang terbuat dari jagung atau granola yang terbuat dari oat.

    Selain mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan rendah lemak, kamu bisa melengkapi diet sehatmu dengan rutin berolahraga. Pada orang dewasa, waktu berolahraga yang dianjurkan agar tubuh tetap bugar dan dapat membantu menurunkan berat badan adalah olahraga intensitas sedang selama 150 menit dalam seminggu. 

    Perlu diingat bahwa lemak juga tetap dibutuhkan tubuh sebagai sumber tenaga. Tetap jaga keseimbangan konsumsi makanan berlemak dengan makanan rendah lemak di atas, agar kesehatanmu tetap terjaga. Bagaimana Kawan Mula? Apakah kamu sudah tergugah untuk mulai menjalani diet  sehat dengan asupan makanan rendah lemak di atas? 

     

    Kamu juga bisa mendapatkan beberapa produk makanan rendah lemak dan berbagai produk makanan sehat lainnya untuk mendukung perjalanan sehatmu di website AwalMula!